MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

MyTEnS Insight Industri

Temukan bagaimana produk MyTEnS bantu dukung dan tingkatkan bisnis di banyak perusahaan.

https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/ACI-Membantu-Pemetaan-Potensi-dan-Kompetensi-Calon-Pemangku-Jabatan.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
ACI Membantu Pemetaan Potensi & Kompetensi Calon Pemangku Jabatan
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia merupakan kementerian dalam pemerintahan Indonesia yang membidangi urusan transportasi. Sebagai kementerian tentu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan seperti perumusan dan penetapan kebijakan, pengelolaan barang, pengawasan pelaksanaan tugas hingga kegiatan teknis yang berskala nasional. Ini tentu tidak mudah dan membutuhkan pemimpin dengan kompetensi tertentu untuk memastikan semua fungsi dan tugas dari kementerian berjalan seperti seharusnya. Selain menteri yang merupakan pemimpin dari kementerian, dikenal pula Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPT Madya) yang meliputi jabatan sekretaris jenderal, direktur jenderal, inspektur jenderal, kepada badan, staf ahli menteri, serta jabatan lain yang setara dengan eselon satu. Fungsi utama dari JPT Madya adalah memimpin dan memotivasi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik mungkin agar tercapai tujuan dari Kementerian. Pengisian atau seleksi JPT Madya dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan ASN tentu dengan mempertimbangkan kelayakan terkait syarat kompetensi, kepangkatanan, pendidikan, latihan, rekam jejak profesi, serta integritas dan persyaratan lain yang sudah ditentukan sebelumnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Proses seleksi ini biasanya melibatkan pihak lain untuk melakukan pengujian atau evaluasi. Seperti yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 2021. Kementerian perhubungan menggandeng ACI "Assessment Center Indonesia" untuk melakukan pemetaan potensi dan kompetensi dari calon pemangku JPT Madya. ACI atau Assessment Center Indonesia merupakan unit mandiri milik Telkom Indonesia yang sejak tahun 1990 sudah mengimplementasikan Assessment Center yang merupakan salah satu metode untuk mengevaluasi personel dengan atribut atau kemampuan yang relevan terhadap efektivitas organisasi. Assessment Center hingga sekarang masih dianggap sebagai metode yang paling presisi dan obyektif. Kompetensi yang Harus Dimiliki Calon Pemangku JPT MadyaDalam proses evaluasi seorang pegawai untuk menduduki jabatan tertentu, kompetensi dapat dikatakan sebagai tolak ukur utama. Kompetensi itu sendiri, dapat diartikan sebagai kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. Ketika akan melakukan evaluasi dengan metode Assessment Center, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk posisi tersebut atau menjadi kriteria keberhasilan. Hal ini penting karena kompetensi yang dibutuhkan untuk setiap jabatan berbeda karena disesuaikan dengan tugas dan fungsinya. Tugas dari ACI adalah melakukan evaluasi untuk memastikan setiap kandidat memiliki kompetensi tersebut atau tidak melalui serangkaian simulasi dan tes yang merupakan bagian dari Assessment Center. Cara ACI Membantu Proses Pemetaan dan Kompetensi JPT Madya Kementerian PerhubunganSetelah menganalisis kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang JPT Madya, ACI menyiapkan metode evaluasi yang paling sesuai untuk digunakan dalam pelaksanaan proses Assessment Center. Ada empat simulasi yang disiapkan oleh ACI yang harus dilalui oleh setiap calon JPT Madya, yaitu: LGD AssignedSimulasi ini merupakan simulasi berkelompok di mana setiap kelompok akan mendapatkan persoalan yang sama tetapi setiap anggota kelompok diberikan peran yang berbeda. Diharapkan dalam proses diskusi yang dilakukan setiap anggota kelompok akan melakukan sesuai dengan perannya serta mendapatkan solusi dari masalah yang diberikan. Tentu saja ada batasan waktu untuk simulasi ini. Subordinate InteractionDalam simulasi ini setiap orang akan mendapatkan masalah atau persoalan yang berbeda terkait bawahan dan diminta untuk memberikan solusi dalam batasan waktu yang sudah ditentukan. Simulasi ini bersifat pribadi atau satu peserta untuk setiap sesinya tanpa melibatkan peserta lainnya. Problem AnalysisSeperti namanya, dalam simulasi ini peserta akan diberikan persoalan dan diminta untuk mengkajinya kemudian memberikan rekomendasi terkait persoalan tersebut. Sama seperti simulasi sebelumnya, simulasi ini juga juga dilakukan dalam batas waktu dan tanpa melibatkan peserta lain. Behavior-Based InterviewKali ini para peserta akan diwawancara oleh assessor dalam batasan waktu. Wawancara ini dilakukan untuk mencari tahu lebih mendalam tentang para kandidat. Tujuannya tentu saja untuk melakukan profiling dari setiap peserta untuk menilai kecocokan kandidat dengan posisi yang dituju.Setelah melakukan Assessment Center, tugas ACI tidak selesai begitu saja. Sebagai penyedia layanan, ACI akan melakukan pemetaan dari hasil assessment dan personality traits yang sudah dilakukan. Untuk memberikan hasil yang lebih presisi dan obyektif setiap proses tidak hanya dilakukan oleh satu orang assessor melainkan beberapa assessor secara bersamaan. ACI juga akan memberikan umpan balik kepada setiap kandidat JPT Madya Kementerian Perhubungan. Umpan balik ini merupakan program pengembangan kompetensi yang dilakukan dengan cara menyampaikan dan mendiskusikan hasil dari assessment yang sudah dilakukan. Ini bertujuan agar kandidat dapat meningkatkan kompetensi mereka dan mendorong pertumbuhan pribadi secara optimal.Di akhir program, Kementerian Perhubungan mendapatkan laporan yang komprehensif berupa data lengkap hasil Assessment Center dari setiap kandidat dengan rekomendasi berdasarkan kompetensi yang sudah ditentukan. Laporan yang diberikan oleh ACI digunakan oleh Kementerian Perhubungan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih JPT Madya pada tahun 2021.
Dec 30, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Image-SD-Wan.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Solusi Bundling WAN dan Network untuk Perkuat Keamanan Nasabah
Industri perbankan berupaya mengoptimalkan network infrastruktur yang sudah terpasang, agar dapat digunakan di berbagai kondisi. Dalam melakukan monitoring, digunakan dashboard untuk memantau semua link yang digunakan, dengan kemampuan dashboard network monitoring, pemantauan terpusat dalam satu aplikasi dashboard, serta optimalisasi link utama dan backup link.Untuk kebutuhan tersebut, kehadiran SD WAN dalam mendukung kegiatan operasional perbankan yang mempunyai banyak kantor cabang. Saat ini, masih terdapat Bank yang memanfaatkan MPLS sebagai link utama. Namun, penggabungan MPLS dan Internet menggunakan SD WAN, dapat meningkatkan ketersediaan serta bandwith. Telkom pun menyediakan solusi bundling WAN dan network, yang mampu meningkatkan keamanan nasabah perbankan.Adaptasi Bundling WANDalam menghadirkan solusi tepat untuk memperkuat keamanan nasabah perbankan, Telkom menghadirkan bundling WAN dan perangkat jaringan, melalui VPN IP MPLS, layanan Metrolink, Internet backup dari operator lain, serta MNS SD-WAN.1. VPN IP MPLSLayanan VPN IP adalah layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP Multi Protocol Label Switching (MPLS). Layanan VPN IP sangat bermanfaat bagi perusahaan, termasuk sektor perbankan, yang membutuhkan solusi layanan komunikasi data berbasis MPLS any-to-any yang memungkinkan perusahaan pembuatan jaringan private IP dengan cakupan nasional untuk menghubungkan kantor-kantor cabang di berbagai kota.    2. MetrolinkLayanan Metrolink menghadirkan solusi jaringan data berkapasitas tinggi berbasis IP/Ethernet dengan fleksibilitas, kemudahan, dan efektivitas serta QoS sesuai standar Carrier Ethernet Metro Ethernet Forum Phase 2 (CE 2.0), dengan penyempurnaan berupa peningkatan kecepatan hingga 10 Gbps (Big Pipe), penambahan fitur MAC Address dan jumbo frame, serta layanan Point-to-Multipoint (P2MP).3. Internet Backup dari Operator LainLayanan Internet dedicated 1:1 mulai 1 Mbps hingga 1 Gbps ini mampu melakukan pembagian trafik domestik dan internasional dengan fleksibel. Pengguna pun akan memperoleh laporan bulanan penggunaan bandwidth. Di samping itu, layanan ini memiliki infrastruktur jaringan IP yang andal, dengan pemeliharaan non-stop 24 jam melalui prosedur eskalasi.4. MNS SD-WANTelkom memberikan solusi Managed Network Services (MNS) Software-Defined WAN dengan kemudahan berupa kontak tunggal untuk aktivasi serta manajemen dan assurance sistem IT pelanggan, dalam mengintegrasikan berbagai model network link untuk layanan data di lokasi data center serta stakeholder lain sesuai lingkup proyek.Siapa yang Membutuhkan SD-WAN?Dengan mengadopsi layanan SD WAN Telkom yang memiliki node akses di seluruh Indonesia, pelanggan akan menikmati:Layanan mulai 64 kbps hingga 1 Gbps dalam satu sirkitBerbagai tipe aplikasi dengan kualitas yang tinggiJaminan kerahasiaan data dan sekuritas jaringan, berdasarkan sertifikasi ISMS (ISO 27001) dan sertifikasi EANTCMonitoring, diagnosis, dan pengelolaan jaringan secara real-timeFitur VPN Instan yang memungkinkan sistem informasi internal perusahaan dapat diakses secara remote melalui media Internet dengan aman dan mudahProduk berkualitas tinggi dengan biaya kompetitif dan gratis koneksi VPN instanBundling WAN dengan network merupakan solusi yang sesuai bagi industri perbankan yang membutuhkan kesiapan semua perangkat maupun suku cadang terkait penyediaan WAN, pemeliharaan atau perawatan penuh suku cadang dang bantuan tenaga ahli, layanan relokasi jaringan dan perangkat apabila kantor cabang mengalami relokasi, preventive maintenance dengan laporan empat kali dalam setahun, serta monitoring dan laporan performansi disertai availability layanan sesuai SLA (99,95%). Selama masa berlangganan, tersedia juga jaminan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi dari Telkom.
Jun 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Telkom-Indonesia-Untuk-Transformasi-Digital-Pertanian-dan-Peternakan-.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Telkom Indonesia Untuk Transformasi Digital Pertanian dan Peternakan
Hadirnya berbagai teknologi dan inovasi baru selain membuka lebar ruang kolaborasi juga menciptakan berbagai kemungkinan penerapan yang dulu tidak pernah terbayangkan. Salah satunya adalah penerapan teknologi dalam sektor pertanian dan peternakan yang memiliki potensi untuk menjadi sektor unggulan Indonesia. Sayangnya, di Indonesia masih belum banyak yang menyadari akan teknologi modern yang dapat mendorong produktivitas dan efisiensi bisnis di sektor pertanian dan peternakan. Jika dulu penerapan teknologi terbatas pada bagaimana menciptakan bibit unggul yang baik untuk tanaman maupun peternakan, memudahkan pekerjaan dengan teknologi pada sektor transportasi dengan menghadirkan traktor dan berbagai alat bantu lainnya, kini terdapat banyak penerapan teknologi yang dapat diterapkan di kedua sektor ini.Big Data dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) misalnya, menjadi dua dari beragam teknologi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan melalui pengolahan data yang sangat variatif, pengamatan, pengawasan sehingga dapat  memberikan solusi dengan akurasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.Solusi Menghadapi Tantangan Krisis Pangan di Masa DepanSaat ini hampir di seluruh dunia menghadapi masalah yang sama yaitu krisis pangan yang disebabkan oleh terus menurunnya hasil panen pertanian dan peternakan. Ini bukan merupakan masalah kecil. Jika dibiarkan berlarut maka hanya tinggal menunggu waktu hingga manusia berhadapan dengan ancaman kelaparan. Untuk menyiasatinya, tentu tidak cukup hanya menggunakan varietas unggul atau varietas dengan masa panen yang lebih cepat. Dibutuhkan solusi yang lebih menyeluruh. Penerapan teknologi yang tepat guna tidak hanya dapat menjadi solusi jangka panjang tetapi juga solusi terbaik untuk menghadapi krisis pangan. Beberapa teknologi tepat guna yang dapat meningkatkan hasil panen di sektor pertanian dan peternakan, diantaranya yaitu: Internet of Things (IoT)Istilah Internet of Things atau IoT merupakan konsep di mana perangkat atau benda dapat saling terhubung dengan perangkat lainnya karena adanya sensor dan koneksi internet. IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman sehingga interaksi antar perangkat terjadi tanpa campur tangan manusia dan tanpa dibatasi oleh jarak.Dalam sektor pertanian dan peternakan, teknologi ini menghadirkan banyak potensi baru. Di bidang peternakan, penerapan IoT mendigitalisasi proses pada kandang sistem closed house sehingga semua pengumpulan data dan pengaturan yang dibutuhkan seperti temperature, humidity, luminosity, CO2, NH3 dan windspeed dapat dilakukan secara real time. Indikator untuk menilai keberhasilan dari usaha peternakan ayam berdasarkan tingkat jumlah ayam yang hidup, berat panen ayam, umur panen, serta feed conversion ratio (FCR).Sedangkan dalam bidang pertanian, IoT memungkinkan petani untuk mengatasi tantangan perubahan iklim. Dengan menggunakan perangkat dan sensor maka petani dapat mengumpulkan data terkait kelembaban dan kondisi tanah secara real time sepanjang waktu, analisis data untuk mengetahui varietas tanaman terbaik di wilayah tersebut dan waktu yang tepat untuk mulai bercocok tanaman untuk menghindari gagal panen atau untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Komputasi Awan (Cloud)Tentu dibutuhkan ruang penyimpanan besar untuk menyimpan Big Data yang berkaitan dengan kondisi tanaman, hewan ternak, cuaca dan lingkungan yang akan diolah dan dianalisis. Hadirnya komputasi awan atau cloud memungkinkan pertanian dan peternakan untuk dapat menyimpan seluruh data tersebut tanpa memiliki hardware berukuran besar dan relatif lebih mahal. Selain itu cloud juga menawarkan fleksibilitas baik dari segi sumber daya maupun ekonomi.Smart Farming & Smart PoultrySeperti namanya, ini merupakan sistem pertanian dan peternakan berbasis teknologi yang dapat membantu untuk meningkatkan hasil panen secara kuantitas dan kualitas. Sektor pertanian dan peternakan dapat hadir dengan memadukan Big Data, komputasi awan dan Internet of Things (IoT) untuk melakukan monitoring, otomatisasi dan analisis prediktif.Dalam sektor pertanian, Smart Farming tidak terbatas dalam menganalisis kondisi tanah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Smart Farming dapat digunakan untuk membangun sistem pengairan dan penyiraman otomatis, mengatur suhu green house agar sesuai dengan kebutuhan tanaman, bahkan bagi pertanian skala besar Smart Farming juga dapat diterapkan dalam penyortiran hasil panen secara otomatisasi yang tentunya akan meningkatkan efisiensi waktu pengerjaan. Begitu juga dalam bidang peternakan. Smart Poultry hadir untuk menjadi solusi bagi hampir seluruh permasalahan yang mungkin dihadapi oleh peternak. Mulai dari monitoring kondisi setiap hewan ternak secara real time dan menyeluruh, serta otomatisasi kandang. Dashboard ManagementIoT dan Smart Farming tentu tidak lengkap tanpa dashboard management untuk melakukan monitoring tanaman, hewan ternak, cuaca dan lingkungan. Selain itu, report management juga dapat dibuat secara khusus sesuai dengan kebutuhan serta target untuk dapat membantu pengambilan keputusan.Pemanfaatan Teknologi di bidang Pertanian dan Peternakan IndonesiaSektor pertanian dan peternakan di Indonesia sudah mulai banyak yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas hasil panen.Sebagai salah satu perusahaan peternakan unggas terpadu di Indonesia,  PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk atau lebih dikenal dengan Sreeya menjadi pelopor inovasi Smart Farm untuk mendigitalisasikan proses bisnis dengan memberikan data real time budi daya yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil ternak.Telkom Indonesia turut mendukung Sreeya dalam membangun dan menerapkan sistem Smart Farming yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Sreeya. Telkom Indonesia juga menginisiasi terbentuknya join research di lokasi peternakan milik Sreeya untuk menggali informasi lebih dalam agar dapat memberikan solusi terbaik. Smart Farming & Poultry yang disediakan oleh Telkom Indonesia ini merupakan inovasi yang dapat diterapkan di sektor pertanian atau peternakan lainnya untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari segi kuantitas maupun kualitas, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis perusahaan.
Dec 30, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Telkom-Indonesia-Dukung-Digitalisasi-Smart-Poultry-Farming-Sreeya.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Telkom Indonesia Dukung Digitalisasi Smart Poultry Farming
Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara penghasil ayam terbesar di dunia yang berada pada urutan keenam dengan produksi mencapai 3.4 juta ton per Tahun. Namun di sisi lain, peternak ayam sangat rentan dengan berbagai kegagalan yang dapat berimbas pada bisnisnya, karena bisnis peternakan ayam rentan terhadap resiko kerugian yang sangat bergantung pada faktor internal (produktivitas, tingkat kematian ternak) maupun faktor eksternal (harga input dan harga output).Dengan implementasi Smart Poultry Farming diharapkan resiko kegagalan dapat diminimalisir dan penetrasi penggunaan teknologi dalam industri agribisnis di Indonesia semakin meningkat sehingga dapat memajukan sektor agribisnis di Indonesia. Smart Poultry Farming adalah wujud nyata dari revolusi Industri 4.0 pada sektor peternakan untuk masa depan bisnis peternakan di Indonesia yang lebih baik dan berdaya saing global.Tantangan yang Dihadapi oleh Sektor PeternakanPemerintah Indonesia memiliki mimpi besar untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen pangan dunia. Ini bukan mimpi yang mudah. Banyak tantangan yang harus diselesaikan terlebih dulu sejalan dengan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh para pelaku sektor peternakan, diantaranya:Permodalan dan InvestasiModal masih menjadi tantangan utama. Peternak mengeluhkan kesulitan untuk mendapatkan investor untuk mengembangkan sektor tersebut. Tantangan ini sudah mendapat perhatian pemerintah ditandai dengan semakin bertambahnya investasi untuk sektor tersebut baik dari dalam negeri maupun asing. Peternakan ModernPemerintah mulai memperkenalkan dan mengajak peternak untuk mengubah sistem peternakan tradisional menjadi lebih modern. Tidak hanya untuk menjawab tantangan resiko kerugian, peternakan modern juga dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas dari hasil panen. Peternakan modern memungkinkan para peternak untuk menggunakan teknologi yang tepat untuk dapat melakukan monitoring terhadap hewan ternak dan kondisi kandang. Lebih jauh, peternakan modern juga meringankan beban peternak dengan menawarkan otomatisasi yang pada akhirnya akan melipatgandakan produktivitas hasil ternak. Pemasaran Hasil PanenSetelah mencapai kualitas dan kuantitas hasil panen yang diinginkan, lalu bagaimana memasarkannya? Jika terlalu banyak produk di pasaran, maka akan mempengaruhi harga jual yang dapat merugikan pelaku usaha di sektor tersebut. Jika salah penanganan dalam proses distribusi, maka akan mempengaruhi kondisi hasil panen saat sampai di tangan konsumen.Tantangan Menghadirkan Inovasi yang Dilakukan oleh Telkom IndonesiaMelihat berbagai tantangan yang dihadapi oleh sektor peternakan dan dengan adanya pemahaman bahwa teknologi merupakan masa depan, Telkom tentunya terus melakukan inovasi untuk menghadirkan teknologi yang tepat guna untuk membantu menghadapi tantangan yang ada, sehingga dapat mewujudkan salah satu rencana jangka panjang pemerintah Indonesia, yaitu menjadikan Indonesia sebagai produsen pangan dunia. Telkom Indonesia tidak hanya BUMN yang fokus pada bidang telekomunikasi, tetapi kini juga telah bertransformasi menjadi digital telco terdepan di Indonesia. Telkom juga telah membuktikan bahwa beragam inovasi teknologi yang dimiliki dapat dimanfaatkan sebagai solusi digitalitasasi di sektor peternakan. Salah satunya, yaitu dengan melakukan sinergi untuk mendukung pengembangan inovasi Smart Poultry Farming yang mendigitalisasi proses bisnis di PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk atau Sreeya.PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor peternakan sejak tahun 1985. Awalnya, perusahaan ini fokus pada peternakan ayam, penyediaan ayam potong dan makanan beku berbahan dasar ayam. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini terus berkembang hingga menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerapkan halal blockchain pada prosedur pemotongan ayam. Dengan berbagai tantangan yang ada, PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk melakukan digitalisasi pada setiap lini usaha yang difokuskan pada pengembangan teknologi baru mulai dari hulu hingga ke hilir.Dalam hal ini, Telkom Indonesia hadir dengan solusi Smart Poultry Farming dimana seluruh bagian dari peternakan akan diintegrasikan mulai dari proses pengelolaan hewan ternak hingga hasil panen dengan fokus utama untuk meningkatkan produktivitas pada fasilitas farm dan rumah potong. Inovasi yang dilakukan oleh Telkom Indonesia menawarkan empat keuntungan utama bagi PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk, yaitu:Pengelolaan PeternakanSmart Farming Poultry yang dibangun oleh Telkom Indonesia dengan menggunakan berbagai teknologi dan layanan mengubah pengelolaan peternakan. Dari peternakan tradisional menjadi peternakan modern di mana seluruh kegiatan operasional di-monitoring secara real time. Dengan dashboard management, PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk dapat melakukan pengawasan terhadap hewan ternak dan kondisi kandang sepanjang waktu. Sensor-sensor yang diletakkan pada kandang dan berbagai lokasi lainnya akan memberikan informasi jika terdeteksi hal-hal yang bersifat urgent, sehingga tindakan preventif dapat dilakukan lebih cepat untuk menghindari kerugian dalam jumlah besar. Data-data tersebut juga akan disimpan di cloud sehingga dapat diolah dan dianalisis sesuai dengan kebutuhan dan target di masa depan. Sistem OtomatisasiSelain menggunakan sensor untuk memantau kondisi hewan dan kandang, kerjasama antara Telkom Indonesia dan PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk juga meliputi sistem otomatisasi, seperti Fan Controlling & Automation yang diletakkan di kandang. Dengan memanfaatkan teknologi IoT atau Internet of Things, Telkom Indonesia meletakkan sensor-sensor di beberapa titik penting untuk memantau suhu, kelembaban, penerangan, karbon monoksida, amonia serta kecepatan angin. Data dari berbagai sensor tersebut akan diintegrasikan dan disimpan di cloud untuk diolah dan dianalisis. Adanya otomatisasi ini, membuat kondisi kandang menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat dengan mudah dimonitor. Kualitas dan Kuantitas Hasil TernakPengelolaan peternakan modern dan sistem otomatisasi pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ternak. Kualitas hewan ternak meningkat karena sepanjang waktu kondisi hewan ternak dan kandang serta lingkungan sekitar dalam pantauan yang memungkinkan dilakukan penyesuaian jika dibutuhkan. Tidak hanya kualitas, kuantitas dari hasil ternak juga akan ikut meningkat.Dengan berbagai inovasi teknologi dan layanan, Telkom Indonesia memiliki komitmen untuk terus berupaya mendukung dan mendorong pengembangan sektor peternakan yang lebih inovatif dan adaptif terhadap kemajuan teknologi.
Jun 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Pijar-Sekolah,-Api-Semangat-Baru-dalam-Dunia-Pendidikan.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Pijar Sekolah, Api Semangat Baru dalam Dunia Pendidikan
Pendidikan merupakan hak dasar seorang manusia dan harus dipenuhi oleh negara. Tidak ada seorang pun yang membantah pernyataan ini. Negara setuju dan menghadirkan program wajib belajar bagi seluruh penduduk. Selain itu, pendidikan juga merupakan salah satu instrumen utama untuk mengurangi bahkan mengakhiri kemiskinan ekstrem. Pendidikan juga salah satu faktor agar negara dapat bergerak maju. Sayangnya, serupa dengan industri lain, pendidikan juga menghadapi berbagai tantangan yang sangat kompleks. Selain masalah kurikulum yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan karena belum ditemukannya kurikulum yang tepat untuk diimplementasikan, industri pendidikan juga dihadapkan pada tantangan dalam bidang pengelolaan data. Industri pendidikan salah satu industri yang memiliki data dalam jumlah besar. Mulai dari data siswa, data pelajaran, data penilaian, dan berbagai data lainnya. Tentu saja tidak mudah mengelola semua data ini. Selain dibutuhkan tenaga dan waktu yang cukup banyak juga dibutuhkan keterampilan serta kompetensi dari para pelakunya. Ini tentu menambah beban para pelaku industri ini terutama para guru dan pengajar. Fokus mereka akan terpecah yang disadari atau tidak akan berdampak pada proses belajar mengajar. Telkom Indonesia menyadari kalau tantangan ini dapat diselesaikan dengan penerapan teknologi tepat guna. Berbekal komitmen untuk mengambil bagian dari kemajuan Indonesia, Telkom Indonesia menghadirkan solusi yaitu sistem Pengelolaan Sekolah yaitu Pijar Sekolah. Modernisasi Pengelolaan Sekolah dengan Solusi DigitalPerkembangan teknologi yang masif menghadirkan begitu banyak potensi untuk dimanfaatkan dalam berbagai sektor dan bidang dalam kehidupan manusia. Salah satunya tentu saja industri pendidikan yang merupakan salah satu industri penting dewasa ini. Pijar Sekolah merupakan aplikasi yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia untuk membantu sekolah dalam melakukan pengelolaan manajemen sistem informasi sekolah secara digital dan terintegrasi. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan data yang dimiliki oleh sekolah dapat dikelola secara digital dan terpusat sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien yang pada akhirnya tidak hanya menguntungkan sekolah dan para guru tetapi juga konsumen utama dari industri ini yaitu para murid. Manfaat lain yang akan didapat oleh sekolah jika menggunakan Pijar Sekolah adalah: Data Dikelola Secara Digital dan TerintegrasiSalah satu tantangan utama yang dihadapi oleh sekolah adalah banyaknya data yang harus dikelola. Proses pengelolaan ini meliputi pencatatan, pengarsipan dan berbagai tahapan lain yang memakan waktu serta membutuhkan kompetensi tertentu. Dengan menggunakan Pijar Sekolah maka hal ini dapat dilakukan dengan lebih efisien. Melalui Modul Sistem Informasi Management (SIM) Sekolah dapat dengan mudah mengelola seluruh data yang dimiliki mulai dari data sekolah, guru, murid, nilai serta data penting lainnya. Semua data ini nantinya akan tersimpan secara digital dan terpusat sehingga dapat diakses oleh siapa saja jika dibutuhkan. Proses Belajar Mengajar yang FleksibelPandemi mengubah banyak hal dalam hidup. Salah satunya adalah hadirnya proses belajar mengajar secara daring menggantikan proses belajar mengajar secara tatap muka. Tetapi peralihan ini tidak akan berjalan mulus jika sekolah masih menggunakan pengelolaan secara manual. Jika sekolah menggunakan Pijar Sekolah maka peralihan ini akan lebih mulus. Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah Modul Pembelajaran Digital yang dapat diakses dari mana saja oleh para guru dan murid. Jika sebelumnya para guru harus menggunakan aplikasi lain untuk mengajar atau memberikan tugas, sekarang hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi. Ini tentu memudahkan dan meningkatkan efisiensi. Lebih Akurat Mengukur Kompetensi MuridPijar Sekolah selain mengelola data secara digital dan menyediakan modul yang dapat diakses dari mana saja, aplikasi ini juga memungkinkan para murid untuk melatih kompetensinya dengan mengerjakan latihan soal di Modul ujian. Selain itu, Pijar Sekolah juga memudahkan pelaksanaan ujian. Ditambah dengan penilaian yang langsung terintegrasi dengan data lainnya membuat para guru dapat mengukur kompetensi siswa dengan lebih mudah dan lebih akurat dari sebelumnya. Pijar Sekolah, Solusi Digital Terbaik Dari sekian banyak tantangan yang dihadapi oleh industri pendidikan, mengubah sistem yang selama ini dari manual menjadi digital adalah hal yang harus segera dilakukan. Menjadi digital berarti sekolah sudah menyelesaikan setengah dari tantangan yang dihadapi selama ini. Lantas, mengapa harus Pijar Sekolah? Selain karena ini merupakan aplikasi dari Telkom Indonesia yang memiliki sumber daya manusia terbaik di bidangnya, sekolah harus menggunakan aplikasi ini karena:Didukung Teknologi TerbaikTelkom Indonesia terus memegang teguh komitmen untuk menjadi bagian dari kemajuan Indonesia sehingga aplikasi Pijar Sekolah ini didukung oleh berbagai teknologi terbaik yang ada di Telkom Indonesia. Selain itu aplikasi ini juga didukung oleh sumber daya manusia terbaik yang tidak berhenti melakukan pengembangan dari teknologi yang sudah ada.Bisa Digunakan Kapan SajaMenyadari kalau aplikasi ini akan digunakan oleh orang dengan berbagai background dan pemahaman yang berbeda terhadap teknologi maka Pijar Sekolah dihadirkan untuk dapat digunakan oleh siapa saja. Tentu ini kabar baik karena berarti baik murid sekolah dasar sampai orang tua dengan pemahaman teknologi rendah dapat menggunakan aplikasi ini. Dilengkapi dengan Modul MenarikPijar Sekolah dilengkapi dengan berbagai modul yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sekolah secara modern. Modul-modul ini dihadirkan dengan menarik tetapi masih mudah untuk digunakan sehingga tidak memberatkan para penggunakan.Dengan berbagai fitur menarik, Pijar Sekolah diharapkan dapat menjadi solusi untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri pendidikan yang pada akhirnya akan meningkatkan sumber daya manusia yang dihasilkan. Hanya dengan pendidikan negara ini dapat bersaing dengan negara lainnya. 
Dec 30, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Vaksin-Covid-19.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Sistem Distribusi Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia dari Telkom
Virus Covid-19 dengan cepat menjelma menjadi pandemi yang berdampak pada seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagai upaya pengendalian dan memutus rantai penyebaran virus tersebut, pemerintah terus mendistribusikan vaksin Covid-19 ke seluruh provinsi di Indonesia. Untuk kelancaran proses pendistribusian, Telkom membangun sebuah sistem manajemen yang disebut Sistem Manajemen Distribusi Vaksin atau SMDV untuk digunakan oleh Biofarma, BUMN farmasi. Kehadiran SMDV menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pendistribusian vaksin ini terutama dalam aspek monitoring. Ada lebih dari 400 juta dosis vaksin yang harus didistribusikan ke 17 ribu fasilitas kesehatan yang berada di 514 kabupaten. Adanya SMDV memungkinkan kualitas dan efikasi vaksin tetap terjaga dan memenuhi standar selama proses pendistribusian. Layanan SMDV untuk Optimalkan Distribusi Vaksin Covid-19Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menjalankan distribusi vaksin Covid-19 hingga ke seluruh penjuru Tanah Air, SMDV menghadirkan berbagai layanan, mulai dari Track and Trace (TNT), Internet of Things (IoT), dashboard, command center, cloud infrastructure, hingga managed service.1. Track and Trace (TNT)Layanan Track and Trace (TNT) fokus pada manajemen rantai pasok atau Supply Chain Management (SCM). Sistem ini mampu melacak setiap botol vaksin yang di produksi, mencatat permintaan pengiriman hingga status kedatangan vaksin di tujuan. Tidak hanya itu, sistem ini juga dapat mengidentifikasi keaslian dari vaksin yang di distribusikan. 2. Internet of Things (IoT)Internet of Things (IoT) merupakan solusi pengawasan yang akan memastikan pengiriman dan penyimpanan vaksin dilakukan dengan tepat. Pada proses pengiriman, pengawasan ini dilakukan pada truk dan motor yang digunakan untuk mendistribusikan vaksin. Selain itu, pengawasan juga dilakukan pada tempat penyimpanan melalui perangkat yang ditempatkan dalam mesin pendingin yang khusus menyimpan vaksin. 3. DashboardDashboard dihadirkan untuk memfasilitasi proses monitoring secara end-to-end bagi distribusi vaksin dan diharapkan mampu menjadi dasar bagi pengambilan keputusan dan perbaikan proses distribusi vaksin di kemudian hari.4. Command CenterPeran utama dari Command Center adalah menjalankan fungsi monitoring atau pengawasan proses distribusi vaksin sehingga kualitas vaksin tetap terjadi selama proses pengiriman atau pendistribusian berlangsung.    5. Cloud InfrastructureInfrastruktur komputasi awan atau cloud ini memiliki peran utama sebagai pendukung pengembangan sistem manajemen distribusi vaksin Covid-19. 6. Managed ServiceSMDV juga menghadirkan solusi berupa managed service untuk pengelolaan dalam memastikan perusahaan farmasi dapat terus beroperasi dalam mendistribusikan vaksin Covid-19, dengan menggunakan Track and Trace, IoT, Dashboard serta infrastruktur lain yang tergabung dalam SMDV. Pengembangan Layanan SMDV untuk Distribusi VaksinLayanan yang sudah ada seperti Track and Trace (TNT) tentu harus diintegrasikan dengan sistem lainnya baik sistem internal maupun eksternal dari perusahaan farmasi dalam hal ini Biofarma, BUMN farmasi yang bertugas untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia. Dalam perjalanannya, sistem Track and Trace akan terus dikembangkan untuk distribusi vaksin ke lebih banyak wilayah seperti wilayah terluar di Indonesia serta wilayah lain jika dibutuhkan. SMDV merupakan inovasi teknologi dalam sistem pendistribusian vaksin Covid-19 yang pertama di dunia dan sudah terbukti keberhasilannya. Di masa mendatang, sistem ini sangat berpotensi untuk dikembangkan agar dapat digunakan sebagai sistem distribusi produk farmasi lainnya. 
Nov 29, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Modernisasi-Pengelolaan-Sekolah-dengan-Pijar-Sekolah.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Modernisasi Pengelolaan Sekolah dengan Pijar Sekolah
Sekolah tidak hanya sekadar tentang proses belajar mengajar. Sejatinya sekolah merupakan perusahaan. Dibutuhkan pengelolaan yang profesional untuk memastikan sekolah dapat berjalan dengan lancar dan berhasil menghadapi berbagai tantangan yang ada. Sayangnya, masih belum banyak yang menyadari hal ini. Sampai saat ini, banyak sekolah yang masih belum dikelola secara profesional. Semua diserahkan hanya pada kepala sekolah dan para guru. Ini tentu menimbulkan banyak masalah seperti pengelolaan data yang masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan data itu jika ingin digunakan. Selain itu ini juga membebani para guru karena selain mengajar juga harus mengerjakan masalah pengelolaan data ini. Tidak hanya itu, masalah pengelolaan data ini juga menimbulkan masalah baru dan beberapa diantaranya adalahnya sistem penilaian yang dinilai tidak transparan dengan tingkat akurasi cukup rendah. Permasalahan akurasi ini muncul karena dengan pengelolaan data secara manual dan kesulitan mencari data lama sehingga para guru tidak dapat mengukur kompetensi para siswa dengan baik. Ini juga menyebabkan orang tua merasa kesulitan untuk melakukan pengawasan terhadap nilai anak-anak mereka. Para orang tua hanya tahu apa yang diinformasikan oleh para guru saja. Hal ini juga dihadapi oleh sekolah-sekolah negeri di kota Semarang. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi di mana industri pendidikan merupakan salah satu industri yang paling terdampak karena proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka sedangkan pandemi membuat hal itu tidak dapat dilakukan. Pijar Sekolah, Api Semangat Modernisasi Pengelolaan SekolahSebanyak 324 Sekolah Dasar dan 45 Sekolah Menengah Pertama di kota Semarang bekerja sama dengan Telkom Indonesia dan mulai menggunakan aplikasi Pijar Sekolah untuk mulai melakukan pengelolaan sekolah secara digital. Kota Semarang memilih Pijar Indonesia tentu saja karena aplikasi milik salah satu BUMN terkemuka ini merupakan aplikasi terbaik yang menawarkan banyak manfaat yang akan meningkatkan kualitas sekolah. Langkah Awal Menuju DigitalisasiAplikasi ini menawarkan sekolah untuk melakukan pengelolaan data secara manual. Ini tentu sebuah loncatan besar mengingat selama ini seluruh data dikerjakan secara manual. Setiap awal tahun ajaran, sekolah tenggelam dalam berbagai data terkait para siswa, baik siswa baru maupun siswa lama. Ini tentu saja membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikannya. Pengelolaan secara manual juga memperbesar kemungkinan terjadi kesalahan yang dilakukan oleh manusia (human error). Dengan pengelolaan secara digital maka sekolah dapat melakukan efisiensi waktu. Selain waktu pengerjaan juga waktu untuk mencari data saat dibutuhkan karena seluruh data sudah terintegrasi. Selain itu, Pijar Sekolah dilengkapi dengan System Information Management (SIM) yang memungkinkan sekolah untuk melakukan pengelolaan data dengan cara digital secara aman. Modul yang Lengkap dan Mudah DigunakanPijar Sekolah tidak hanya hadir untuk menyelesaikan permasalah pengelolaan data di sekolah. Aplikasi ini dihadirkan Telkom Indonesia untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Itu berarti selain sekolah maka para siswa yang merupakan konsumen dari sekolah juga harus diperhatikan. Berbekal pemikiran ini, Pijar Sekolah dilengkapi dengan berbagai yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa. Jika System Information Management fokus pada kebutuhan sekolah, maka Modul Pembelajaran Digital dan Modul Ujian dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para siswa. Dunia yang terus berkembang dan pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu menyebabkan sekolah harus mencari cara agar dapat tetap melakukan proses belajar-mengajar yang pada akhirnya menghadirkan proses belajar-mengajar yang dilakukan secara daring (online). Modul Pembelajaran Digital akan mempermudah para guru dan siswa untuk melakukan proses belajar-mengajar dari mana saja, tidak terbatas pada ruang kelas semata. Selain itu, modul ini juga memungkinkan siswa untuk melakukan eksplorasi yang lebih mendalam terhadap materi pembelajaran yang mereka sukai tanpa harus menunggu jadwal proses belajar-mengajar. Sedangkan Modul Ujian memungkinkan para siswa untuk mengerjakan banyak latihan soal secara mandiri. Modul ini juga mempermudah pelaksanaan ujian. Lebih jauh lagi, modul ini dapat diintegrasikan dengan penilaian sehingga hasil ujian dapat langsung diketahui dengan cepat dan akurat. Pijar Sekolah, Solusi yang Dibutuhkan oleh Sekolah di IndonesiaApakah hanya tentang pengelolaan data saja yang menjadi masalah industri pendidikan Indonesia? Tentu saja tidak. Sekolah juga menghadapi tantangan komunikasi terutama dengan para orang tua siswa. Hal ini sudah menjadi tantangan sejak bertahun-tahun lalu. Orang tua siswa selalu berpendapat kalau selama ini sekolah tidak cukup transparan kepada mereka. Banyak orang tua yang mempertanyakan penilaian yang diberikan oleh guru kepada anak-anak mereka. Mempertanyakan bagaimana cara para guru melakukan pengukuran kompetensi dan seakurat apa hasil pengukuran yang dilakukan oleh para guru. Tidak hanya itu, para orang tua juga sering kali merasa bingung karena tidak mendapatkan informasi yang cukup terkait perkembangan anak-anak mereka di sekolah. Pijar Sekolah dapat menjawab permasalahan itu. Ya, Pijar Sekolah merupakan aplikasi yang tidak hanya menjawab kebutuhan sekolah tetapi juga kebutuhan para siswa dan orang tua. Hal ini karena Telkom Indonesia sebagai pengembang dari aplikasi ini menyadari kalau sekolah, siswa dan orang tua adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan untuk membangun sebuah sekolah dengan kualitas yang diunggulkan. Selain dilengkapi dengan System Information Management dan berbagai modul menarik dan dapat digunakan di mana saja, Pijar Sekolah juga dilengkapi dengan dashboard monitoring Siswa yang dapat diakses oleh para orang tua. Melalui dashboard ini berbagai pertanyaan yang selama ini menghantui orang tua dapat terjawab. Aplikasi ini juga akan meningkatkan tingkat akurasi pengukuran kompetensi siswa karena para guru dapat dengan mudah mengakses data sebelumnya dan membandingkan dengan data dari hasil terbaru. Hal yang dulu akan membutuhkan waktu sangat lama untuk dikerjakan, dengan aplikasi Pijar Sekolah dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan hasil yang jauh lebih akurat dari sebelumnya. Kehadiran Pijar Sekolah diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh sekolah di Indonesia seperti yang sudah dibuktikan oleh banyak sekolah negeri di kota Semarang. Hasil akhir dari penggunaan aplikasi ini tentu saja meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. Telkom Indonesia percaya dengan pendidikan yang unggul, Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lain tidak hanya di kawasan Asia Tenggara tetapi juga secara global. 
Dec 30, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/SMART-WATER-METER.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Smart Water Meter Inovasi Bagi Produsen dan Konsumen Air di Indonesia
Seiring waktu dan perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat juga ikut berubah. Salah satu contohnya, dulu telekomunikasi hanya terbatas pada jaringan telepon tetapi sekarang kebutuhan telekomunikasi termasuk internet yang cepat dan mudah diakses. Dalam bidang teknologi saat ini, Internet of Things atau IoT sedang menjadi fokus utama. Internet of Things atau yang lebih dikenal dengan nama IoT mengacu pada teknologi yang memungkinkan perangkat saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan internet. Sederhananya, Internet of Things memungkinkan benda apa saja, bahkan benda sehari-hari dapat terintegrasi ke internet sehingga dapat dikendalikan dari mana dan kapan saja. Teknologi ini memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi. Perkembangan teknologi juga menyebabkan biaya mengintegrasikan benda ke internet menjadi semakin terjangkau. Ini menyebabkan semakin banyak industri yang tertarik untuk menggunakan dan memanfaatkan IoT untuk melakukan transformasi digital atau menghadirkan solusi untuk pelanggan. Telkom Indonesia tentu saja segera mengambil bagian dengan menawarkan banyak layanan yang memanfaatkan teknologi Internet of Things. Salah satunya adalah layanan Smart Water Meter. Berkenalan dengan Smart Water MeterSalah satu masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan pengelolaan air adalah pengukuran penggunaan air oleh konsumen. Saat ini proses untuk pengukuran air masih dilakukan secara konvensional dimana pembacaan dilakukan sekali dalam setiap bulannya. Hal ini menjadi masalah karena masih pengukuran konvensional ini masih sangat bergantung pada sumber daya manusia dalam hal ini petugas yang melakukan pengukuran. Selain itu, pengukuran konvensional juga memiliki kendala non-teknis lain yaitu seringnya tidak dapat dilakukan karena meter air terhalang, pagar rumah dikunci, dan alasan lainnya. Tentu ini mempersulit perusahaan untuk mendapatkan data yang valid. Alasan lain mengapa ini menjadi permasalahan utama adalah disebabkan perhitungan konvensional yang hanya dilakukan pengecekan sekali dalam setiap bulannya sering membuat konsumen terkejut dengan nilai tagihan yang terlalu tinggi. Ini akan membuat konsumen melakukan komplain kepada perusahaan. Jika konsumen yang melakukan komplain dalam jumlah banyak tentu akan mempengaruhi citra perusahaan dan menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan konsumen kepada masyarakat. Layanan Smart Water Meter dari Telkom Indonesia merupakan solusi terbaik untuk menghadapi permasalahan ini. Smart Water Meter merupakan layanan yang menggabungkan teknologi Internet of Things dan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia yang memungkinkan untuk melakukan pengawasan meter air secara real time dengan nilai akurasi yang lebih tinggi daripada teknologi konvensional. Tidak hanya melakukan pemasangan, Smart Water Meter dari Telkom Indonesia juga menyediakan dashboard untuk mempermudah dilakukannya proses monitoring. Selain itu, Telkom Indonesia juga memastikan terjadinya sharing knowledge untuk kemajuan bersama. Layanan ini juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi aplikasi ponsel sehingga tidak hanya perusahaan yang dapat memantau penggunaan atau tagihan air melainkan konsumen juga dapat melakukannya dengan cara yang terbilang cukup mudah yaitu cukup dengan melalui aplikasi ponsel. Teknologi yang Digunakan dalam Smart Water MeterSmart Water Meter adalah meter air yang sudah menerapkan teknologi IoT. Layanan ini berjalan dengan mengumpulkan data konsumsi air yang digunakan oleh pelanggan secara real time. Data tersebut akan dikirim dengan menggunakan jaringan LoRaWAN yang nantikan akan sampai ke Antares IoT Platform yang sudah terintegrasi dengan dashboard yang ada digunakan oleh perusahaan. Melalui dashboard ini perusahaan dapat melakukan pengawasan. Proses ini dapat berjalan dengan lancar karena melibatkan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. Teknologi tersebut adalah: Internet of Things (IoT)Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Internet of Things merupakan teknologi yang memungkinkan perangkat untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan koneksi internet. Hal ini memungkinkan terjadi dengan menambahkan sensor, ship atau modul yang dapat terhubung dengan internet untuk menjadi jalur mengirimkan informasi yang dibutuhkan. Telkom Indonesia menggunakan modul komunikasi Cyble yang dirancang untuk memenuhi persyaratan semua utilitas pengelolaan air. Modul komunikasi ini yang akan mengumpulkan data konsumsi penggunaan air dan mengirimkannya ke jaringan LoRaWAN yang pada akhirnya akan dapat diakses melalui dashboard monitoring di perusahaan. LoRaWANLoRaWAN merupakan singkatan dari Long Range Wide Area Network yang merupakan sistem komunikasi nirkabel jarak jauh untuk perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). Teknologi ini biasa digunakan untuk berbagai aplikasi IoT seperti Smart City. Hal ini karena LoRa mendukung sensor dari setiap perangkat untuk berinteraksi secara langsung. Telkom Indonesia memilih teknologi ini karena memiliki beberapa keunggulan seperti hemat daya, komunikasi dua arah, keamanan end-to-end serta layanan penentuan lokasi. Saat ini LoRaWan milik Telkom Indonesia sudah tersebar ke seluruh tanah air dengan gateway yang terpasang lebih dari 592 titik dari Sabang hingga Merauke.Antares IoT PlatformTeknologi ini masih berkaitan dengan LoRaWAN. Antares IoT Platform merupakan platform yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia dengan sertifikasi internasional dari OneM2M yang berarti platform ini dapat mengakomodasi protokol internasional dan standar teknis guna memastikan interoperabilitas serta konektivitas tanpa batas untuk setiap perangkat yang akan diintegrasikan dengan perangkat IoT. Antares IoT platform memiliki beberapa fitur mulai dari device management hingga data storage. Dengan berbagai fitur ini, Antares dapat dikatakan sebagai zero infrastructure management di mana pengguna tidak perlu mengurus server karena API sudah disediakan oleh Antares. Kelebihan lain dari teknologi adalah pusat data yang berada di dalam negeri tetapi dengan standar internasional dan mandiri terhadap network dan konektivitas. Dashboard MonitoringUntuk memudahkan pengolahan data dan proses pengawasan maka layanan ini dilengkapi dengan dashboard monitoring. Di sini seluruh data akan disajikan secara real time. Tidak hanya itu ketika terjadi anomali, misalnya penggunaan debit air di luar kewajaran, dashboard akan memberikan peringatan sehingga perusahaan dapat bergerak cepat untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak jadi kebocoran atau penyebab lainnya.Keuntungan Smart Water Meter untuk Perusahaan Pengelola Air dan KonsumennyaMenurut data sebelum COVID, 10% konsumen tidak membayar tagihan mereka dan jumlah ini meningkat secara signifikan karena pandemi. Ketidakmampuan perusahaan pengelola air untuk mengumpulkan pembayaran tepat waktu menyebabkan situasi dimana 10% dari pendapatan tahunan ini diakumulasikan sebagai “hutang yang tidak tertagih” di neraca keuangan.Studi lain menunjukkan bahwa hanya 1 dari 5 kunjungan yang berhasil mendapatkan data konsumsi air. Dikarenakan hal ini dan ketidak efisienan yang lainnya, maka pengeluaran untuk penjualan dan operasional naik rata-rata 15% setiap tahun.Dengan menggunakan Smart Water Meter, perusahaan pengelola air dapat mengumpulkan data mengenai penggunaan air oleh konsumen secara real-time dan tidak membutuhkan pencatat secara manual oleh petugas meteran. Selain itu tentu sama Smart Water Meter menawarkan beberapa keuntungan lain. Di antaranya:Meningkatkan Efisiensi PerusahaanTeknologi ini memungkinkan perusahaan pengelolaan air untuk mendapatkan semua data terkait penggunaan air oleh konsumen secara online. Ini tentu akan meningkatkan efisiensi perusahaan karena dapat mengurangi biaya operasional terkait pengawasan dan pencatatan secara konvensional.Membangun Citra yang Lebih BaikMenggunakan Smart Water Meter tidak hanya perusahaan mendapatkan data terkait penggunaan air oleh konsumen tetapi lebih daripada itu. Perusahaan dapat mengetahui kebiasaan dan kebutuhan konsumen secara lebih baik. Ini dapat menjadi salah satu cara untuk membangun citra perusahaan dengan menawarkan layanan yang dipersonalisasi atau dengan paket pembayaran yang fleksibel sesuai dengan kebiasaan pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Walau terkesan sepele tetapi ini dapat membangun citra perusahaan dan membuat konsumen semakin loyal. Mengurangi Non-Revenue Water (NRW) Sistem pencatatan konvensional menyebabkan tidak terdeteksinya kehilangan air yang disebabkan oleh kebocoran, gangguan dan pencurian. Dengan menggunakan Smart Water Meter, hal ini dapat dihindari. Perusahaan akan mendapatkan data secara real time termasuk data mengenai tekanan dan aliran air sehingga jika terjadi kebocoran atau gangguan lainnya perusahaan dapat secepat mungkin melakukan penanganan.Infrastruktur Jaringan Telkom Indonesia Menjangkau Seluruh NegeriTelkom Indonesia tidak hanya memiliki teknologi terbaik tetapi juga memiliki jaringan infrastruktur yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini memungkinkan penggunaan Smart Water Meter di mana saja bahkan hingga ke pelosok negeri. Selain itu, perusahaan pengelola air juga tidak perlu menyediakan infrastruktur tower untuk LoRaWAN karena Telkom Indonesia sudah memiliki 592 titik gateway yang menjangkau seluruh Indonesia. Pendampingan dan Layanan Maintenance on Call 24/7Tidak hanya memastikan seluruh perangkat terpasang dan dapat bekerja dengan baik, Telkom Indonesia juga melakukan pendampingan implementasi untuk layanan Smart Water Meter ini sehingga perusahaan pengelola air dapat memaksimalkan seluruh potensi dan manfaat yang dimiliki oleh teknologi ini. Untuk melengkapinya, Telkom Indonesia juga menyediakan layanan corrective maintenance call 24/7 yang berarti perusahaan dapat langsung menghubungi jika terjadi kendala atau gangguan pada sistem Smart Water Meter.Salah satu perusahaan yang sudah merasakan manfaat dari penggunaan Smart Water Meter adalah PDAM Tirtawening Kota Bandung. Setelah penggunaan Smart Water Meter dengan sensor pressure, PDAM Tirtawening dapat mengatur tekanan pada pipa pendistribusian air dengan lebih baik sehingga komplain terkait kekuatan dan debit air dari konsumen menurun secara drastis. Selain itu, manfaat lain yang dirasakan oleh perusahaan yang telah melakukan implementasi Smart Water Meter, seperti PDAM Tirta Asasta Kota Depok, PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, serta PDAM Kota Padang, proses pengukuran penggunaan air yang dilakukan secara otomatis dan real-time juga mendapat reaksi positif dari para konsumen. Smart Water Meter merupakan salah satu bukti dari komitmen Telkom Indonesia untuk terus memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Telkom Indonesia tidak akan berhenti untuk berinovasi agar setiap layanan dan produk yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan juga tuntutan masyarakat Indonesia. Telkom Indonesia juga berjanji untuk menjadi mitra transformasi digital terbaik untuk seluruh perusahaan yang ada di negeri ini. 
Dec 30, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Assessment-Center-Indonesia.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Assessment Center Indonesia, Kontribusi Telkom untuk Indonesia
Metode Assessment Center adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi personel dengan atribut atau kemampuan yang relevan terhadap efektivitas organisasi. Dalam prosesnya, Assessment Center menggunakan teknik simulasi yang disiapkan dan dilakukan oleh profesional terlatih dimana hasilnya akan diolah melalui proses integrasi statistik. Ini merupakan metode yang umum digunakan di berbagai belahan dunia seperti Eropa, Amerika dan Australia. Di Indonesia sendiri, metode Assessment Center diperkenalkan oleh Telkom Indonesia pada tahun 1990. Assessment Center yang digunakan oleh Telkom Indonesia untuk kebutuhan internal dengan cepat menjadi benchmark bagi perusahaan lain yang ada di Indonesia seperti Astra Motor, Pos Indonesia dan lainnya. Sebelum Telkom Indonesia memperkenalkan Assessment Center, perusahaan mengandalkan rekam jejak, pencapaian kinerja dan tes psikometri untuk memprediksi kinerja karyawan dan manajer. Tetapi informasi itu saja ternyata tidak cukup sehingga semakin banyak yang mengadopsi dan menggunakan Assessment Center yang hasilnya jauh lebih dapat diandalkan. Setelah perjalan yang cukup panjang, di akhir tahun 2013, unit Assessment Center Telkom ditetapkan menjadi unit mandiri yang diberi nama "Assessment Center Indonesia" atau ACI. Sebagai unit mandiri, ACI dituntut untuk berkontribusi lebih dalam menyiapkan sumber daya manusia terbaik Indonesia. Tidak hanya berfokus pada mendukung program Assessment Center secara internal tetapi juga melakukan ekspansi layanan ke perusahaan dan organisasi lain di luar Telkom Indonesia. Tentu, ini merupakan wujud kontribusi Telkom Indonesia bagi tanah air.Pendekatan Yang Digunakan Untuk Menjamin Keberhasilan Assessment Center oleh ACISampai titik dimana ACI diakui sebagai unit mandiri yang digunakan oleh lebih dari seratus perusahaan dan organisasi tentu bukan perjalanan yang mudah. Sejak tahun 1990, Telkom Indonesia secara konsisten sudah menggunakan Assessment Center untuk mengevaluasi kompetensi manajerial di lingkungan internal juga eksternal. Metode ini dipilih karena merupakan metode yang paling obyektif dan menjamin transparansi proses evaluasi kemampuan karyawan. Tidak hanya itu, Telkom Indonesia juga terus melakukan perbaikan serta pengembangan yang berkelanjutan dalam rangka menjaga validasi hasil dari metode tersebut.  Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan adalah dengan bergabungnya beberapa sumber daya manusia Assessment Center Telkom Indonesia yang terlibat sebagai pengurus PASSTI atau Perkumpulan Assessment Center Indonesia yang fokus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai metode Assessment Center yang belum terlalu familiar di masyarakat umum. Buah dari hal itu adalah semakin banyak yang mengakui dan menggunakan ACI dalam mengevaluasi beberapa kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pegawai atau manajer. Dalam memastikan proses penilaian kompetensi berhasil dilakukan, ada lima langkah yang dilakukan oleh ACI, yaitu: Multi Assessor Profesional yang bertindak untuk menilai dan mengevaluasi dalam setiap tahapan disebut assessor. Dalam setiap proses Assessment Center yang dilakukan oleh ACI terdapat beberapa orang assessor yang akan melakukan penilaian dan evaluasi di waktu yang sama. Ini dilakukan untuk memastikan data yang didapatkan obyektif.Multi SimulationACI sudah menyiapkan beberapa simulasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan di Indonesia. Dapat setiap proses Assessment Center, ACI akan melakukan evaluasi perilaku tidak hanya berdasarkan masukan satu simulasi teknik penilaian melainkan beberapa simulasi teknis penilaian yang tentu saja jelas meningkatkan angka keberhasilan dari Assessment Center yang dilakukan. Berdasarkan KriteriaHasil dari evaluasi perilaku assessee atau peserta dari Assessment Center akan diperbandingkan dengan kriteria tertentu yang sudah disiapkan oleh para profesional terlatih di ACI. Data yang DiintegrasikanSetiap data yang didapat selama proses Assessment Center berdasarkan masukan perilaku dari berbagai simulasi yang sudah disiapkan dan akan diintegrasikan sehingga mendapatkan hasil dengan tingkat validitas yang tinggi. Peratingan secara KonsensusProses penilaian atau evaluasi tidak hanya dilakukan oleh satu assessment melainkan beberapa sehingga untuk hasil yang objektif dan valid maka nilai akhir dari setiap assessee merupakan kesepakatan antar assessor dan mengacu pada kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.Perbedaan utama Assessment Center dengan metode lainnya adalah evaluasi dilakukan melalui simulasi. Dalam hal ini, simulasi merupakan serangkaian tugas atau tantangan yang sengaja diciptakan untuk menghasilkan perilaku yang relevan dengan kompetensi yang ingin diidentifikasi. Simulasi yang dilakukan dirancang secara khusus untuk menyerupai kondisi kerja sehari-hari yang bertujuan untuk bertujuan untuk mengukur kompetensi yang dibutuhkan agar pegawai dapat menjalankan peran dan tugasnya.Beberapa simulasi yang menjadi bagian dari evaluasi Assessment Center adalah:Bekerja Dalam GrupIni merupakan salah satu kompetensi penting yang wajib dimiliki oleh pegawai pada sebuah perusahaan. Kompetensi ini penting karena untuk mencapai tujuan utama dari perusahaan diperlukan kerjasama yang baik antar setiap individu. Selain itu bekerja dalam grup juga memiliki banyak hal positif seperti menyebabkan proses bekerja menjadi lebih efektif, kolaborasi dapat memunculkan banyak ide baru, dan meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Untuk mengevaluasi kompetensi ini, assessee diharuskan mengikuti simulasi di mana mereka dibagi menjadi grup-grup kecil beranggotakan empat hingga enam orang dan diharuskan menyelesaikan masalah tertentu. Selama proses simulasi ini assessor akan mengevaluasi setiap perilaku tidak hanya fokus pada hasil akhir dari penyelesaian masalah yang diberikan. Interaksi dalam Bekerja. Simulasi untuk menilai interaksi dalam bekerja ini biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap jabatan. Jika Assessment Center dilakukan untuk menilai kompetensi yang berfokus pada marketing maka simulasi yang disiapkan tentu saja berkaitan dengan interaksi dengan pelanggan. Tidak hanya itu, interaksi dalam bekerja juga berkaitan dengan interaksi dengan bawahan dan interaksi dengan rekan sejawat. Keterampilan dalam hal ini biasanya akan memperjelas karakter seorang pegawai yang berkaitan dengan kompetensi. Bekerja Secara Mandiri.Assessment Center juga memiliki simulasi untuk menilai kompetensi atau kemampuan seorang pegawai dalam hal bekerja secara mandiri. Tentu ini sesuatu yang penting terlebih di masa sekarang yang banyak perusahaan mulai mengadopsi sistem kerja hybrid atau menggabungkan work from office dan work from home. Dengan kompetensi bekerja mandiri yang baik maka performa seorang pegawai baik selama bekerja di kantor atau di lokasi lain maka tidak akan ada bedanya. Apakah simulasi yang menjadi bagian dari Assessment Center terbatas hanya pada tiga simulasi yang sudah disebutkan di atas? Tentu saja tidak. Sebagai sebuah proses evaluasi, Assessment Center dari ACI memiliki banyak simulasi yang disesuaikan dengan kebutuhan akan kompetensi yang ingin dievaluasi. ACI sangat paham kalau setiap peran atau jabatan membutuhkan kompetensi yang berbeda sehingga membutuhkan proses evaluasi yang berbeda pula. ACI, Buah dari Perjalanan Selama 29 TahunPengalaman merupakan guru terbaik tetapi bermodalkan pengalaman saja tidak cukup terutama dalam Assessment Center. Sejak tahun 1990 hingga sekarang, ACI sudah melakukan proses Assessment Center untuk lebih dari 50.000 orang dari berbagai industri seperti akomodasi, informasi dan telekomunikasi, jasa keuangan, asuransi, kontruksi, transportasi, serta industri lainnya. Tidak hanya industri, ACI juga melakukan proses evaluasi kompetensi untuk organisasi atau instansi pemerintah seperti Komisi Pemberantas Korupsi, Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian BUMN, dan masih banyak instansi lain yang mempercayai ACI untuk melakukan evaluasi kompetensi. Kementerian Perhubungan merupakan satu dari sekian banyak instansi perusahaan yang menggunakanan layanan Assessment Center dari ACI. Pada tahun 2021, ACI terlibat dalam pemetaan potensi dan kompetensi calon pemangku jabatan pimpinan tinggi madya di Kementerian Perhubungan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ACI tidak hanya mengadakan Assessment Center tetapi juga menganalisis kompetensi apa yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mengisi pimpinan tinggi madya. Dari hasil tersebut baru ACI merancang Assessment Center yang sesuai yang meliputi kegiatan pra-Assessment Center, Assessment Center, penetapan hasil, pemetaan nine box talent, personality assessment, feedback assessment serta penyusunan laporan akhir. Hasilnya sangat memuaskan Kementerian Perhubungan selaku klien. Banyak yang bertanya mengapa ACI dipercaya oleh begitu banyak pihak? Tentu jawabannya tidak hanya sebatas karena ACI memiliki pengalaman yang lebih banyak. ACI menjadi pilihan karena dalam melakukan Assessment Center, ACI selalu dilandasi etika bekerja dengan menjunjung tinggi accuracy dan selalu berupaya untuk menajamkan hasil, coopetitive atau membentuk ekosistem yang kondusif, serta intensify yaitu berupaya untuk menanamkan kompetensi diri dengan menjunjung tinggi integritas sebagai nilai utama. ACI akan terus melangkah dengan komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan hasilnya melalui perbaikan yang sistematis, peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan asesor yang dalam hal ini merupakan aset utama melalui program pelatihan dan pengembangan serta membangun knowledge management system agar dapat menghadirkan kepuasan maksimal bagi pengguna layanan Assessment Center ini.
Nov 29, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Vaksin-covid-19.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
SMDV, Sistem Distribusi Vaksin yang Jangkau Seluruh Penjuru Indonesia
Pandemi akibat Covid-19 telah mencatatkan jutaan kasus, termasuk ratusan ribu korban jiwa, hingga akhir 2021. Untuk memulihkan kondisi bangsa, pemerintah berupaya mengembalikan kondisi kesehatan masyarakat serta memperbaiki perekonomian, melalui program vaksinasi. Upaya ini hanya akan berhasil apabila distribusi vaksin Covid-19 dilakukan secepatnya, dengan kualitas pengiriman yang terjadi.PT BioFarma (Persero) sebagai holding farmasi Tanah Air, mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menjalankan distribusi vaksin Covid-19. Saat itu, yang menjadi tantangan adalah mencari cara untuk mengirimkan lebih dari 400 juta dosis vaksin ke 514 kabupaten yang tersebar di 34 provinsi. Ada sebanyak 17.000 faskes yang berada di berbagai wilayah geografis, untuk melayani belasan ribu pulau di Indonesia. Chief Transformation & Digital Officer Bio Farma Soleh Ayubi mengatakan bahwa solusi Sistem Manajemen Distribusi Vaksin atau yang dikenal SMDV dapat digunakan untuk menjawab segala tantangan tersebut. SMDV, Solusi Distribusi Vaksin untuk Jangkau Seluruh Pelosok Tanah AirTelkom memberikan dukungan kepada BioFarma melalui solusi berupa Sistem Manajemen Distribusi Vaksin Covid-19 (SMDV). Solusi ini hadir untuk membantu Bio Farma dalam menjalankan supervisi terhadap distribusi vaksin dari pusat produksi menuju berbagai lokasi di seluruh penjuru Indonesia.Solusi tersebut mencakup aspek finansial maupun non-finansial, yaitu melalui:Identifikasi Fisik dan Digital:SMDV memberikan perlindungan dengan nilai setara Rp1,7 triliun bagi BioFarma dari potensi tindak kecurangan melalui identifikasi fisik dan digital terhadap distribusi vaksin Covid-19.Autentikasi:Terdapat sistem Track and Trace (TNT) dengan kode QR spesifik serta pelacakan berkelanjutan yang mendukung Bio Farma dalam mencegah pemalsuan. Solusi ini terbukti menghadirkan manfaat dengan nilai sekitar Rp5,1 triliun.Jaminan Kualitas:Sistem TNT mampu mendongkrak tingkat kualitas (acceptable quality level/AQL) dari 90% menjadi 95%. Nilainya mencapai sekitar Rp4,26 triliun.Sistem Dukungan Pengambilan Keputusan:Telkom melalui SMDV memberikan dukungan 24 jam non-stop untuk mengantisipasi gangguan, maupun menyediakan pemulihan secepat mungkin. Terdapat sistem Dashboard yang mampu menganalisis dan membantu pengambilan keputusan para pemangku kepentingan, yaitu BioFarma, Telkom, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, serta pemerintah daerah.SMDV Cegah Potensi Kerugian Triliunan RupiahMelalui SMDV, Bio Farma berhasil mendistribusikan vaksin Covid-19 ke setiap wilayah Indonesia, serta ikut mensukseskan program pemerintah untuk mengakhiri pandemi. Melalui SMDV, Bio Farma pun dapat menghindari potensi kerugian kurang lebih senilai Rp 11 triliun dari distribusi vaksin.BioFarma pun menerima penghargaan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) dari Kementerian Perindustrian pada Desember 2021, untuk kategori Manajemen Rantai Pasok.
Nov 29, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Smart-Water-Meter-dari-Telkom-Indonesia-Solusi-Bagi-Perusahan-Pengelolaan-Air.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Meningkatkan Layanan Pengelolaan Air dengan Smart Water Meter
Air merupakan salah satu kebutuhan vital kehidupan yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Keberadaan perusahaan pengelolaan air merupakan sebuah keharusan karena saat ini air yang tersedia tidak dapat digunakan secara langsung disebabkan oleh berbagai alasan seperti terkontaminasi mineral berbahaya atau tercemar oleh kondisi lingkungan serta berbagai alasan lainnya. Di Indonesia, air bersih dikelola oleh perusahaan milik negara yang pada pelaksanaannya dipecah ke dalam perusahaan milik daerah yang menaungi kawasan-kawan lebih kecil seperti kota, kabupaten atau provinsi.Salah satunya adalah PT. Tirta Asasta yang merupakan perusahaan pengelola air untuk kota Depok. Seperti arti namanya, air kesejahteraan, kehadiran PT Tirta Asasta ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Depok melalui penyediaan air bersih sebagai salah satu kebutuhan hidup utama. Sayangnya, serupa dengan beberapa perusahaan pengelolaan air di Indonesia, PT Tirta Asasta juga dihadapkan para beberapa permasalahan yang cukup kompleks. Permasalahan tersebut di antaranya kebocoran pipa, non-revenue water, serta perhitungan dan pencatatan penggunaan air oleh konsumen yang masih dilakukan secara konvensional dan membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah besar dengan angka kegagalan yang cukup tinggi. Kebocoran pipa merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Air dialirkan dengan menggunakan pipi panjang dari pusat pengelolaan sebelum digunakan oleh konsumen. Tentu tidak mudah untuk melakukan perawatan terhadap pipa-pipa tersebut. Dan lebih tidak mudah lagi untuk melakukan pendeteksian terhadap kebocoran apabila tidak didukung oleh teknologi yang tepat guna. Biasanya kebocoran pipa baru diketahui setelah terjadi dalam jumlah besar. Untuk menangani kebocoran ini, PT Tirta Asasta harus menghentikan penyaluran air ke area yang diduga terjadi kebocoran. Penghentian aliran air ini dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama. Selain merugikan konsumen, hal seperti ini juga akan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar untuk PT Tirta Asasta. Tidak hanya itu, kebocoran pipa juga memunculkan masalah lainnya yaitu non-revenue water atau air yang tidak membawa keuntungan. Kebocoran membuat air terbuang percuma karena tidak sampai ke tangan konsumen. Kerugian lain yang dapat disebabkan oleh kebocoran ini adalah menyebabkan melonjaknya tagihan konsumen sehingga menyebabkan komplain yang akan merusak citra perusahaan PT Tirta Asasta selaku perusahaan pengelolaan air.Pengukuran yang masih dilakukan secara konvensional di mana seorang petugas akan mendatangi konsumen satu kali setiap bulan untuk melakukan pencatatan juga permasalahan yang harus segera ditemukan solusinya. Proses pencatatan ini tidak selalu berlangsung dengan mulus karena berbagai kendala di lapangan seperti kondisi rumah yang terkunci, pagar yang terlalu tinggi, posisi meter yang tidak mudah dijangkau atau tertutupi oleh tanaman dan lain hal. Kendala dalam pencatatan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar dan terus menerus.Seperti yang sudah disebutkan ini merupakan masalah yang cukup kompleks dengan urgensi untuk ditangani secepat mungkin atau PT Tirta Asasta akan terus menerus mengalami kerugian yang menghambat perusahaan untuk berkembang dan melakukan pembenahan layanan. Salah satu solusi yang digunakan PT Tirta Asasta untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah Smart Water Meter dari Telkom Indonesia. Perkembangan Teknologi Menghadirkan Smart Water Meter Sebagai SolusJIka dikerucutkan, permasalahan yang dihadapi oleh PT Tirta Asasta disebabkan oleh pengawasan yang hanya dapat dilakukan secara terbatas. PT Tirta Asasta tidak dapat melakukan pengawasan secara dekat, menyeluruh dan real-time. Ketidakmampuan ini merupakan sumber permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya. Jika hal ini dapat diselesaikan maka akan menjadi solusi bagi permasalahan utama yang dihadapi oleh PT Tirta Asasta kota Depok. Seperti di bidang lain, teknologi merupakan solusi terbaik yang dimiliki oleh PT Tirta Asasta. Perkembangan teknologi menghadirkan Smart Water Meter. Sama seperti teknologian lain yang memiliki kata "smart" di depannya, Smart Water Meter juga berarti water meter yang  dilengkapi dengan berbagai teknologi seperti Internet of Things yang membuat perangkat Smart Water Meter dapat melakukan pengawasan secara otomatis dan real-time. Jika pengawasan dilakukan secara otomatis dan sepanjang waktu maka PT Tirta Asasta akan mendapatkan data secara real-time. Tidak hanya data terkait penggunaan air oleh konsumen, PT TIrta Asasta juga akan mendapatkan data yang berhubungan dengan tekanan air dan sebagainya. Dengan adanya informasi ini, PT Tirta Asasta dapat mendeteksi kebocoran pada pipa sejak dini sehingga dapat melakukan penanganan secara cepat dan tepat. Tetapi tidak hanya itu alasan mengapa PT Tirta Asasta memilih untuk menggunakan Smart Water Meter. Teknologi ini menawarkan banyak keuntungan, beberapa yang utama di antaranya:Efisiensi dan Penghematan Hanya dengan menggunakan Smart Water Meter maka PT Tirta Asasta dapat melakukan efisiensi dan penghematan. PT Tirta Asasta dapat melakukan penghematan dari segi biaya karena sekarang semua dilakukan secara otomatis sehingga tidak lagi diperlukan sumber daya manusia dalam jumlah besar untuk melakukan pencatatan secara manual. Smart Water Meter juga secara signifikan mengurangi angka konsumen yang tidak melakukan pembayaran karena kegagalan dalam proses pencatatan meter air disebabkan berbagai kendala di lapangan. Otomatisasi juga menyebabkan penghematan waktu dan energi. Andal dengan Akurasi TinggiSmart Water Meter dapat diandalkan karena dilengkapi dengan dashboard management yang dapat digunakan perusahaan untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh data yang masuk secara real-time. Data yang didapat juga memiliki akurasi lebih tinggi daripada metode konvensional yang digunakan sebelumnya. Dengan data yang dihasilkan oleh Smart Water Meter, dengan menggunakan pengolahan data yang tepat maka perusahaan pengelolaan air dapat mengambil keputusan yang lebih baik dari sebelumnya juga menghadirkan layanan yang lebih sesuai dan tepat bagi konsumen. Kustomisasi dan personalisasiTeknologi yang digunakan dalam Smart Water Meter memungkinkan PT Tirta Asasta untuk melakukan kustomisasi atau penyesuaian baik saat pemasangan maupun di masa depan. Dengan kemampuan penyesuaian ini perusahaan dapat menggunakan Smart Water Meter sesuai dengan kebutuhan tanpa harus menyia-nyiakan sumber daya. Di kemudian hari, jika dibutuhkan maka perusahaan dapat melakukan peningkatan baik pelayanan maupun ukuran ruang penyimpanan seperti cloud dan semacamnya. Tidak hanya itu, dengan berbagai jenis data yang dapat dikumpulkan oleh Smart Water Meter, PT Tirta Asasta dapat melihat kebiasaan dari konsumen yang dapat diolah menjadi penawaran yang berbeda kepada setiap konsumen disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka. Penawaran yang dikustomisasi seperti ini akan meningkatkan loyalitas dari konsumen karena memberikan kesan setiap konsumen itu penting bagi PT Tirta Asasta.Telkom Indonesia Menggunakan Teknologi Terbaik Untuk Smart Water MeterSmart Water Meter dari Telkom Indonesia menjadi pilihan terbaik bagi PT Tirta Asasta karena layanan ini dihadirkan oleh Telkom Indonesia dengan menggunakan berbagai teknologi terbaik yang dimiliki. Beberapa teknologi yang digunakan untuk menghadirkan layanan ini adalah: Internet of Things (IoT)Smart Water Meter secara sederhana berarti perangkat water meter yang dapat berkomunikasi dan berbagi data dengan menggunakan jaringan. Yang membuat hal ini mungkin terjadi adalah teknologi yang disebut Internet of Things atau IoT. Telkom Indonesia menggunakan modul komunikasi Cyble yang dirancang untuk memenuhi persyaratan semua utilitas pengelolaan air. Modul komunikasi ini yang akan mengumpulkan data konsumsi penggunaan air dan mengirimkannya ke jaringan LoRaWAN yang pada akhirnya akan dapat diakses melalui dashboard monitoring di perusahaan. LoRaWANIni merupakan singkatan dari Long Range Wide Area Network yang merupakan sistem komunikasi nirkabel jarak jauh untuk perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). Saat ini LoRaWan milik Telkom Indonesia sudah tersebar ke seluruh tanah air dengan gateway yang terpasang lebih dari 592 titik dari Sabang hingga Merauke.Antares IoT PlatformTeknologi ini masih berkaitan dengan LoRaWAN. Antares IoT Platform merupakan platform yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia dengan sertifikasi internasional dari OneM2M yang berarti platform ini dapat mengakomodasi protokol internasional dan standar teknis guna memastikan interoperabilitas serta konektivitas tanpa batas untuk setiap perangkat yang akan diintegrasikan dengan perangkat IoT. Dashboard MonitoringSmart Water meter dari Telkom Indonesia dilengkapi dengan dashboard yang dapat digunakan oleh PT Tirta Asasta untuk melakukan pengawasan dan pengolahan data. Selain itu Telkom Indonesia juga menyediakan layanan Contact Center yang dapat dihubungi oleh perusahaan pengelolaan air yang menggunakan layanan Smart Water Meter jika terjadi kendala atau kerusakan. Layanan ini akan menyelesaikan kendala, gangguan dan kerusakan yang terjadi secepat mungkin agar perusahaan tidak perlu menghentikan penyaluran air bersih ke masyarakat. Tidak hanya itu, Telkom Indonesia sebagai BUMN di bidang telekomunikasi dan teknologi terus berinovasi dan memaksimalkan berbagai teknologi terkini untuk menghadirkan produk dan layanan. Begitu pula dengan Smart Water Meter yang akan terus mengalami inovasi dan perubahan seiring perkembangan teknologi. Hal ini dilakukan agar Indonesia terus bergerak menjadi negara maju dengan pemanfaatan teknologi. 
Mar 06, 2023
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/OCA-image.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Manfaat Teknologi Omnichannel OCA Telkom untuk Instansi di Tanah Air
Layanan teknologi komunikasi omnichannel karya OCA (Omni Communication Assistant) Telkom telah mendigitalisasi banyak instansi pemerintahan di Indonesia Seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Pangkalpinang, dan Magelang.Semua layanan yang disediakan OCA Telkom ini adalah bentuk teknologi yang mampu menggabungkan semua channel komunikasi digital dalam satu tempat atau yang lebih dikenal juga dengan teknologi komunikasi omni channel. Teknologi komunikasi omni channel dapat mempercepat kemampuan merespon/mengirim pesan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan instansi pemerintahan melalui channel chat yang sering mereka gunakan.Instansi-instansi Pemerintah yang Sudah Adopsi Teknologi Omni Channel TelkomSejumlah instansi pemerintah telah mendigitalisasi komunikasinya dengan menggunakan layanan OCA dari Telkom, dan merasakan berbagai manfaat dalam mengoptimalkan layanan publik.1. Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa TimurPerwakilan Bapenda Jawa Timur, Reza Iqra, membagikan pengalamannya bersama Omni Communication Assistant (OCA) sebagai layanan dari Telkom. Ia mengakui, OCA telah mempermudah pengiriman SMS E-TBPKP sebagai Tanda bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran kepada publik."Dengan support penuh dari tim teknis OCA, proses integrasi Bapenda Jawa Timur dan OCA memerlukan waktu yang tidak terlalu lama sehingga layanan SMS kami melalui OCA dapat segera digunakan," katanya.Implementasi OCA telah membuahkan hasil berupa:Percepatan proses pembayaran pajak secara onlinePenurunan jumlah orang yang menunggak pajakKemudahan dalam penyebaran informasi seputar perpajakanKemudahan Bapenda Jawa Timur dalam monitoring keberhasilan pengiriman SMS E-TBPKP melalui dashboard OCA2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus mempermudah layanan pengaduan mafia tanah di Indonesia. Kementerian ATR/BPN membangun saluran komunikasi dengan teknologi komunikasi omnichannel OCA.Mempermudah masyarakat untuk mengirimkan aduanMempercepat respon dari kementerian ATR/BPN kepada masyarakatMendeteksi dan menyelesaikan masalah mafia tanah di IndonesiaMeningkatkan kualitas pelayanan masyarakatData dari komunikasi yang lebih terpusat dan akurat3. Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Pangkalpinang, MagelangDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pun memanfaatkan layanan OCA dari Telkom untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, sekaligus memberantas hoaks. Menggunakan OCA, Diskominfo dapat:Mengirimkan pesan SMS untuk memberikan informasi yang terpercayaMenyebarkan pesan secara instant dan massal kepada masyarakat luasMembagikan pesan dengan identitas yang kredibel sehingga menghindari hoaksMasyarakat sebagai pemohon menyampaikan aduan mengenai info hoaks ke nomor WhatsApp Diskominfo yang terverifikasi.Pemohon mengikuti flow Chatbot dalam permohonan pengaduan info hoaks.Dengan kemudahan dari omni channel yang dihadirkan OCA, instansi-instansi pemerintah pun mampu menyederhanakan sistem komunikasi, mempercepat respon, dan memudahkan masyarakat untuk menghubungi instansi terkait. Diharapkan dengan digitalisasi yang dilakukan bersama OCA Telkom, instansi-instansi pemerintahan Indonesia dapat memberikan layanan publik yang lebih baik ke depannya.
Nov 29, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Omnichannel_.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Peran Teknologi Komunikasi Omnichannel OCA dalam Pelayanan Publik
Masyarakat semakin mudah dalam mengakses layanan publik. Salah satunya karena teknologi komunikasi omni channel besutan Telkom. Teknologi yang usung Omni Communication Assistant (OCA) mampu meningkatkan kapabilitas komunikasi berbagai lembaga dan instansi pemerintah. OCA merupakan Communication Platform as a Service (CPaaS) untuk mengirimkan pesan melalui WhatsApp, email, SMS, dan IVR dengan OCA Blast. Menggunakan OCA Interaction kita bisa membuka semua channel komunikasi seperti WhatsApp, Email, SMS, Facebook Messanger, Telegram, Instagram dan Twitter dalam satu platform. OCA, Teknologi Cerdas Telkom untuk Optimalkan Layanan Komunikasi PublikTeknologi komunikasi omni channel ini dapat digunakan dalam berbagai layanan publik. Dengan kehadirannya, citra lembaga pemerintah dapat bertransformasi menjadi lebih humanis. Berikut berbagai contoh implementasi teknologi komunikasi omni channel yang ditawarkan OCA untuk berbagai instansi publik:1. Layanan Omni Channel untuk PerpajakanSelama ini ada banyak masalah yang dirasakan oleh wajib pajak saat ingin membayarkan kewajiban. Mulai dari penumpukan antrian yang berakibat pada ketidakjelasan proses pembukuan oleh pegawai loket pajak sampai lama dan panjangnya proses pembayaran pajak. Masalah tidak berhenti sampai di sini. Hal ini juga menyebabkan dampak yang lebih luas bagi masyarakat yaitu banyak yang tidak menyadari tanggal jatuh tempo dan tata cara serta jumlah pajak yang harus dibayarkan. Semua masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan teknologi OCA. Pemerintah atau instansi pajak dapat melakukan otomatisasi pengingat pembayaran pajak bagi wajib pajak dengan cara:Mengambil data jumlah yang perlu dibayarMengirimkan pesan terjadwal, antara lain melalui SMS, WhatsApp, dan emailSebagai hasilnya, pembayaran pajak oleh wajib pajak pun menjadi tepat waktu, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan pajak daerah.2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus mempermudah layanan pengaduan mafia tanah di Indonesia. Kementerian ATR/BPN membangun saluran komunikasi dengan teknologi komunikasi omni channel OCA.Mempermudah masyarakat untuk mengirimkan aduanMempercepat respon dari kementerian ATR/BPN kepada masyarakatMendeteksi dan menyelesaikan masalah mafia tanah di IndonesiaMeningkatkan kualitas pelayanan masyarakatData dari komunikasi yang lebih terpusat dan akurat3. Layanan Omni Channel untuk Aduan Keluhan MasyarakatKarena permasalahan sosial yang banyak terjadi di lingkungan masyarakat mengakibatkan pihak perempuan dan anak sering  menjadi korban. Oleh karena itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) sebagai lembaga pemerintahan perlindungan korban memiliki concern utama untuk memudahkan korban menyuarakan aduannya melalui beberapa saluran komunikasi. Sehingga, dengan adanya teknologi komunikasi CRM ini segala bentuk laporan yang masuk ke KPPPA dapat diterima, terorganisir, dan tertangani secara efektif dan responsif. KPPPA menerima pengaduan kekerasan kepada perempuan dan anak di masyarakat melalui WhatsApp menggunakan OCA Interaction dengan alur berikut ini:Masyarakat sebagai pengadu menyampaikan aduan mengenai info kekerasan ke nomor WhatsApp KPPPA yang terverifikasi.Pengadu Mengikuti flow chatbot dalam permohonan pengaduan info kekerasan pada perempuan dan anak.Petugas akan memeriksa validitas informasi yang disampaikan.Pemohon diminta memberikan konfirmasi data diri sebagai bukti laporan.Pengaduan selesai, informasi diterima untuk diproses oleh KPPPA.Selain itu, KPPPA juga dapat mengirim pesan yang terpercaya melalui OCA Blast kepada publik melalui nomor WhatsApp yang terverifikasi. Selanjutnya, masyarakat bisa menggunakan broadcast tersebut sebagai acuan informasi.Terbukti, teknologi komunikasi Omni Communication Assistant (OCA) dari Telkom telah berkontribusi secara langsung dalam peningkatan pelayanan publik dari berbagai lembaga dan instansi pemerintah. Di masa depan bukan tidak mungkin seluruh instansi pemerintahan mendigitalisasi pelayanan publik dengan teknologi komunikasi omni channel dari OCA Telkom.
Nov 29, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Image-big-data.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Apa itu Big Data & Pengaruhnya terhadap Pengembangan Bisnis
"Data adalah sumber daya paling berharga di dunia" adalah fakta yang sering disebut saat ini. Menurut The Economist, sebagian besar penggunaan data ditujukan untuk memperkuat peluang bisnis dan membantu proses pengambilan keputusan yang penting. Peter Drucker & E.Edward Deming, tokoh penting dalam bisnis dan ekonomi menyatakan pentingnya data digital pada frasa, "Anda tidak dapat mengontrol apa yang tidak dapat Anda ukur". Sederhananya, mengukur big data berarti mengetahui dan memahami lebih banyak tentang bisnis Anda. Ini berarti Anda dapat menemukan banyak hal untuk ditingkatkan dan menggunakannya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan untuk kinerja bisnis yang lebih baik.Lalu, apa itu big data?Big Data adalah istilah dari volume data yang besar, kompleks, dan berkembang pesat, yang terus ada selama bisnis berjalan, baik terstruktur atau tidak. Secara definisi, big data dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:Volume, jumlah data yang disimpanVelocity, kecepatan di mana aliran data harus diproses dan dianalisisVariety, berbagai sumber dan bentuk data yang dikumpulkan, seperti angka, teks, video, gambar atau audioKetiga bagian big data ini digunakan untuk mendapatkan wawasan dan membuat prediksi, sehingga akan lebih baik jika proses pengambilan keputusan mempertimbangkan setiap detail atributnya. Fungsi & Manfaat Big Data untuk Bisnis Data tersebar di mana-mana. Di ponsel, aplikasi, game, kendaraan, situs web, dan banyak lagi. Sebagian besar objek di era teknologi mampu mentransmisikan data atau informasi dalam jumlah besar, dan informasi ini sangat berharga untuk bisnis. Berikut penjelasan singkat mengenai fungsi dan manfaat big data bagi bisnis: Membantu mengidentifikasi penyebab masalah kompleksDalam menjalankan bisnis, kita sering ditantang oleh berbagai permasalahan yang kompleks. Big Data membantu kita menemukan dan menganalisis penyebab masalah yang terjadi. Penggunaan big data dapat meminimalisir terjadinya perbedaan data, karena hasil analisis masalah ditampilkan secara real-time. Pengambilan Keputusan cepatUntuk mengambil keputusan yang tepat dan cepat, tentunya kita harus memiliki bukti pendukung berupa data. Kombinasi big data dengan IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence) akan sangat mendukung proses penyimpanan data dan informasi penting untuk memecahkan suatu masalah dan mengembangkan produk. Tidak hanya berguna untuk proses pemecahan masalah, bisnis juga dapat memanfaatkan Big Data untuk mendeteksi kemungkinan krisis atau kerusakan pada produk yang kita kembangkan atau strategi yang kita jalankan, sehingga mempercepat penanganan masalah dan mengoptimalkan proses bisnis.Efisiensi biaya dan efektivitas waktuSetiap hari proses bisnis berjalan, data terus mengalir. Dalam sehari, mungkin ada ribuan atau bahkan jutaan data yang muncul. Bayangkan jika bisnis Anda tidak memanfaatkan sistem Big Data, berapa banyak waktu dan biaya yang akan Anda habiskan untuk memprosesnya? Oleh karena itu, penyimpanan data dengan sistem Big Data sangat mendukung efisiensi biaya dan efektivitas waktu. Anda dapat mengelola data lebih cepat, sehingga pengembangan produk/layanan dapat berjalan dengan lancar.Apakah bisnis Anda sudah menggunakan platform Big Data? Klik di sini untuk mempelajari lebih detail bagaimana platform big data kami dapat menguntungkan bisnis Anda.
Aug 31, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.