MyTEnS - My Telkom Enterprise Solution
Cari

Manfaat Teknologi Omnichannel OCA Telkom untuk Instansi di Tanah Air

Success Story
Nov 29, 2022
Manfaat Teknologi Omnichannel OCA Telkom untuk Instansi di Tanah Air

Layanan teknologi komunikasi omnichannel karya OCA (Omni Communication Assistant) Telkom telah mendigitalisasi banyak instansi pemerintahan di Indonesia Seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Pangkalpinang, dan Magelang.

Semua layanan yang disediakan OCA Telkom ini adalah bentuk teknologi yang mampu menggabungkan semua channel komunikasi digital dalam satu tempat atau yang lebih dikenal juga dengan teknologi komunikasi omnichannel. 

Teknologi komunikasi Omnichannel dapat mempercepat kemampuan merespon/mengirim pesan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan instansi pemerintahan melalui channel chat yang sering mereka gunakan.

Instansi-instansi Pemerintah yang Sudah Adopsi Teknologi Omni Channel Telkom

Sejumlah instansi pemerintah telah mendigitalisasi komunikasinya dengan menggunakan layanan OCA dari Telkom, dan merasakan berbagai manfaat dalam mengoptimalkan layanan publik.

1. Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur

Perwakilan Bapenda Jawa Timur, Reza Iqra, membagikan pengalamannya bersama Omni Communication Assistant (OCA) sebagai layanan dari Telkom. Ia mengakui, OCA telah mempermudah pengiriman SMS E-TBPKP sebagai Tanda bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran kepada publik.

"Dengan support penuh dari tim teknis OCA, proses integrasi Bapenda Jawa Timur dan OCA memerlukan waktu yang tidak terlalu lama sehingga layanan SMS kami melalui OCA dapat segera digunakan," katanya.

Implementasi OCA telah membuahkan hasil berupa:

  • Percepatan proses pembayaran pajak secara online
  • Penurunan jumlah orang yang menunggak pajak
  • Kemudahan dalam penyebaran informasi seputar perpajakan
  • Kemudahan Bapenda Jawa Timur dalam monitoring keberhasilan pengiriman SMS E-TBPKP melalui dashboard OCA

2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus mempermudah layanan pengaduan mafia tanah di Indonesia. Kementerian ATR/BPN membangun saluran komunikasi dengan teknologi komunikasi omnichannel OCA.

  • Mempermudah masyarakat untuk mengirimkan aduan
  • Mempercepat respon dari kementerian ATR/BPN kepada masyarakat
  • Mendeteksi dan menyelesaikan masalah mafia tanah di Indonesia
  • Meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat
  • Data dari komunikasi yang lebih terpusat dan akurat

3. Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Pangkalpinang, Magelang

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pun memanfaatkan layanan OCA dari Telkom untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, sekaligus memberantas hoaks. Menggunakan OCA, Diskominfo dapat:

  • Mengirimkan pesan SMS untuk memberikan informasi yang terpercaya
  • Menyebarkan pesan secara instant dan massal kepada masyarakat luas
  • Membagikan pesan dengan identitas yang kredibel sehingga menghindari hoaks
  • Masyarakat sebagai pemohon menyampaikan aduan mengenai info hoaks ke nomor WhatsApp Diskominfo yang terverifikasi.
  • Pemohon mengikuti flow Chatbot dalam permohonan pengaduan info hoaks.

Dengan kemudahan dari omnichannel yang dihadirkan OCA, instansi-instansi pemerintah pun mampu menyederhanakan sistem komunikasi, mempercepat respon, dan memudahkan masyarakat untuk menghubungi instansi terkait. Diharapkan dengan digitalisasi yang dilakukan bersama OCA Telkom, instansi-instansi pemerintahan Indonesia dapat memberikan layanan publik yang lebih baik ke depannya.

Temukan Solusi Bisnis Anda Bersama MyTEnS

MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.

Insight Terkait

Success Story

Peran Teknologi Komunikasi Omnichannel OCA dalam Pelayanan Publik

Masyarakat semakin mudah dalam mengakses layanan publik. Salah satunya karena teknologi komunikasi omnichannel besutan Telkom. Teknologi yang usung Omni Communication Assistant (OCA) mampu meningkatkan kapabilitas komunikasi berbagai lembaga dan instansi pemerintah. OCA merupakan Communication Platform as a Service (CPaaS) untuk mengirimkan pesan melalui WhatsApp, email, SMS, dan IVR dengan OCA Blast. Menggunakan OCA Interaction kita bisa membuka semua channel komunikasi seperti WhatsApp, Email, SMS, Facebook Messanger, Telegram, Instagram dan Twitter dalam satu channel. OCA, Teknologi Cerdas Telkom untuk Optimalkan Layanan Komunikasi PublikTeknologi komunikasi omnichannel ini dapat digunakan dalam berbagai layanan publik.. Dengan kehadirannya, citra lembaga pemerintah dapat bertransformasi menjadi lebih humanis. Berikut berbagai contoh implementasi teknologi komunikasi omni channel yang ditawarkan OCA untuk berbagai instansi publik:1. Layanan Omnichannel untuk PerpajakanSelama ini ada banyak masalah yang dirasakan oleh wajib pajak saat ingin membayarkan kewajiban. Mulai dari penumpukan antrian yang berakibat pada ketidakjelasan proses pembukuan oleh pegawai loket pajak sampai lama dan panjangnya proses pembayaran pajak. Masalah tidak berhenti sampai di sini. Hal ini juga menyebabkan dampak yang lebih luas bagi masyarakat yaitu banyak yang tidak menyadari tanggal jatuh tempo dan tata cara serta jumlah pajak yang harus dibayarkan. Semua masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan teknologi OCA. Pemerintah atau instansi pajak dapat melakukan otomatisasi pengingat pembayaran pajak bagi wajib pajak dengan cara:Mengambil data jumlah yang perlu dibayarMengirimkan pesan terjadwal, antara lain melalui SMS, WhatsApp, dan emailSebagai hasilnya, pembayaran pajak oleh wajib pajak pun menjadi tepat waktu, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan pajak daerah.2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus mempermudah layanan pengaduan mafia tanah di Indonesia. Kementerian ATR/BPN membangun saluran komunikasi dengan teknologi komunikasi omnichannel OCA.Mempermudah masyarakat untuk mengirimkan aduanMempercepat respon dari kementerian ATR/BPN kepada masyarakatMendeteksi dan menyelesaikan masalah mafia tanah di IndonesiaMeningkatkan kualitas pelayanan masyarakatData dari komunikasi yang lebih terpusat dan akurat3. Layanan Omnichannel untuk Aduan Keluhan MasyarakatKarena permasalahan sosial yang banyak terjadi di lingkungan masyarakat mengakibatkan pihak perempuan dan anak sering  menjadi korban. Oleh karena itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) sebagai lembaga pemerintahan perlindungan korban memiliki concern utama untuk memudahkan korban menyuarakan aduannya melalui beberapa saluran komunikasi. Sehingga, dengan adanya teknologi komunikasi CRM ini segala bentuk laporan yang masuk ke KPPPA dapat diterima, terorganisir, dan tertangani secara efektif dan responsif. KPPPA menerima pengaduan kekerasan kepada perempuan dan anak di masyarakat melalui WhatsApp menggunakan OCA Interaction dengan alur berikut ini:Masyarakat sebagai pengadu menyampaikan aduan mengenai info kekerasanke nomor WhatsApp KPPPAyang terverifikasi.Pengadu Mengikuti flow Chatbot dalam permohonan pengaduan info kekerasan pada perempuan dan anak.Petugas akan memeriksa validitas informasi yang disampaikan.Pemohon diminta memberikan konfirmasi data diri sebagai bukti laporan.Pengaduan selesai, informasi diterima untuk diproses oleh KPPPA.Selain itu, KPPPA juga dapat mengirim pesan yang terpercaya melalui OCA Blast kepada publik melalui nomor WhatsApp yang terverifikasi. Selanjutnya, masyarakat bisa menggunakan broadcast tersebut sebagai acuan informasi.Terbukti, teknologi komunikasi Omni Communication Assistant (OCA) dari Telkom telah berkontribusi secara langsung dalam peningkatan pelayanan publik dari berbagai lembaga dan instansi pemerintah. Di masa depan bukan tidak mungkin seluruh instansi pemerintahan mendigitalisasi pelayanan publik dengan teknologi komunikasi omnichannel dari OCA Telkom.
Nov 29, 2022

Success Story

Manfaat Teknologi Omnichannel OCA Telkom untuk Instansi di Tanah Air

Layanan teknologi komunikasi omnichannel karya OCA (Omni Communication Assistant) Telkom telah mendigitalisasi banyak instansi pemerintahan di Indonesia Seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Pangkalpinang, dan Magelang.Semua layanan yang disediakan OCA Telkom ini adalah bentuk teknologi yang mampu menggabungkan semua channel komunikasi digital dalam satu tempat atau yang lebih dikenal juga dengan teknologi komunikasi omnichannel. Teknologi komunikasi Omnichannel dapat mempercepat kemampuan merespon/mengirim pesan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan instansi pemerintahan melalui channel chat yang sering mereka gunakan.Instansi-instansi Pemerintah yang Sudah Adopsi Teknologi Omni Channel TelkomSejumlah instansi pemerintah telah mendigitalisasi komunikasinya dengan menggunakan layanan OCA dari Telkom, dan merasakan berbagai manfaat dalam mengoptimalkan layanan publik.1. Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa TimurPerwakilan Bapenda Jawa Timur, Reza Iqra, membagikan pengalamannya bersama Omni Communication Assistant (OCA) sebagai layanan dari Telkom. Ia mengakui, OCA telah mempermudah pengiriman SMS E-TBPKP sebagai Tanda bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran kepada publik."Dengan support penuh dari tim teknis OCA, proses integrasi Bapenda Jawa Timur dan OCA memerlukan waktu yang tidak terlalu lama sehingga layanan SMS kami melalui OCA dapat segera digunakan," katanya.Implementasi OCA telah membuahkan hasil berupa:Percepatan proses pembayaran pajak secara onlinePenurunan jumlah orang yang menunggak pajakKemudahan dalam penyebaran informasi seputar perpajakanKemudahan Bapenda Jawa Timur dalam monitoring keberhasilan pengiriman SMS E-TBPKP melalui dashboard OCA2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus mempermudah layanan pengaduan mafia tanah di Indonesia. Kementerian ATR/BPN membangun saluran komunikasi dengan teknologi komunikasi omnichannel OCA.Mempermudah masyarakat untuk mengirimkan aduanMempercepat respon dari kementerian ATR/BPN kepada masyarakatMendeteksi dan menyelesaikan masalah mafia tanah di IndonesiaMeningkatkan kualitas pelayanan masyarakatData dari komunikasi yang lebih terpusat dan akurat3. Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Pangkalpinang, MagelangDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pun memanfaatkan layanan OCA dari Telkom untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, sekaligus memberantas hoaks. Menggunakan OCA, Diskominfo dapat:Mengirimkan pesan SMS untuk memberikan informasi yang terpercayaMenyebarkan pesan secara instant dan massal kepada masyarakat luasMembagikan pesan dengan identitas yang kredibel sehingga menghindari hoaksMasyarakat sebagai pemohon menyampaikan aduan mengenai info hoaks ke nomor WhatsApp Diskominfo yang terverifikasi.Pemohon mengikuti flow Chatbot dalam permohonan pengaduan info hoaks.Dengan kemudahan dari omnichannel yang dihadirkan OCA, instansi-instansi pemerintah pun mampu menyederhanakan sistem komunikasi, mempercepat respon, dan memudahkan masyarakat untuk menghubungi instansi terkait. Diharapkan dengan digitalisasi yang dilakukan bersama OCA Telkom, instansi-instansi pemerintahan Indonesia dapat memberikan layanan publik yang lebih baik ke depannya.
Nov 29, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti Kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2022 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.