Omni channel communication merupakan strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti website, aplikasi smartphone, media sosial, hingga panggilan telepon, untuk meningkatkan customer experience.
Omni channel communication dapat menjadi single point system yang berfungsi untuk mengoptimalkan interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya secara kolektif, terlepas dari channel komunikasi yang digunakan.
Istilah omni channel communication dan multichannel communication sering dianggap sama. Padahal, ada beberapa hal yang membedakan keduanya.
Komunikasi omni channel melihat merek dari sudut pandang pelanggan. Setiap interaksi pelanggan akan selaras dengan pesan dan tujuan perusahaan, terlepas dari saluran komunikasi yang digunakan.
Tidak hanya itu, omni-channel communication juga dapat mengumpulkan wawasan terkait data pelanggan melalui berbagai platform yang digunakan. Sehingga, perusahaan dapat memahami perilaku pembelian konsumen.
Di sisi lain, komunikasi multisaluran mengacu pada beberapa saluran komunikasi untuk melakukan percakapan dengan pelanggan. Pendekatan ini digunakan oleh sebagian besar bisnis modern untuk terlibat dengan pelanggan.
Meskipun komunikasi multisaluran dianggap sebagai cara yang baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan, saluran komunikasi yang digunakan sering terputus dan menyebabkan kebingungan pelanggan dan berpotensi mengakibatkan pengalaman pelanggan yang buruk.
Pelanggan modern mengharapkan layanan pelanggan 24/7 dan komunikasi pribadi yang dipersonalisasi. Jika perusahaan gagal memenuhi harapan pelanggan ini, jangan heran jika mereka mulai meninggalkan produk Anda. Kabar baiknya adalah bahwa komunikasi omni-channel dapat membantu Anda memenuhi harapan pelanggan ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa komunikasi omni-channel penting untuk kelangsungan bisnis:
Setelah memahami berbagai manfaat komunikasi omni-channel di atas, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya dalam bisnis?
Jelajahi solusi dari MyTEnS
MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA