MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

Pentingnya Omni channel Communication untuk Keberlangsungan Bisnis

Riset Bisnis
Sep 01, 2022
Pentingnya Omni channel Communication untuk Keberlangsungan Bisnis

Apa itu omni channel communication?

Omni channel communication merupakan strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti website, aplikasi smartphone, media sosial, hingga panggilan telepon, untuk meningkatkan customer experience.  

Omni channel communication dapat menjadi single point system yang berfungsi untuk mengoptimalkan interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya secara kolektif, terlepas dari channel komunikasi yang digunakan. 


Perbedaan antara komunikasi omni channel dan komunikasi multi channel

Istilah omni channel communication dan multichannel communication sering dianggap sama. Padahal, ada beberapa hal yang membedakan keduanya. 

Komunikasi omni channel melihat merek dari sudut pandang pelanggan. Setiap interaksi pelanggan akan selaras dengan pesan dan tujuan perusahaan, terlepas dari saluran komunikasi yang digunakan. 

Tidak hanya itu, omni-channel communication juga dapat mengumpulkan wawasan terkait data pelanggan melalui berbagai platform yang digunakan. Sehingga, perusahaan dapat memahami perilaku pembelian konsumen.

Di sisi lain, komunikasi multisaluran mengacu pada beberapa saluran komunikasi untuk melakukan percakapan dengan pelanggan. Pendekatan ini digunakan oleh sebagian besar bisnis modern untuk terlibat dengan pelanggan.

Meskipun komunikasi multisaluran dianggap sebagai cara yang baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan, saluran komunikasi yang digunakan sering terputus dan menyebabkan kebingungan pelanggan dan berpotensi mengakibatkan pengalaman pelanggan yang buruk.


Manfaat komunikasi omni channel untuk kelangsungan bisnis

Pelanggan modern mengharapkan layanan pelanggan 24/7 dan komunikasi pribadi yang dipersonalisasi. Jika perusahaan gagal memenuhi harapan pelanggan ini, jangan heran jika mereka mulai meninggalkan produk Anda. Kabar baiknya adalah bahwa komunikasi omni-channel dapat membantu Anda memenuhi harapan pelanggan ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa komunikasi omni-channel penting untuk kelangsungan bisnis:

  1. Pertahankan konsistensi sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan
    Dengan menerapkan komunikasi omni-channel, perusahaan dapat menjaga konsistensi dan meningkatkan customer experience bagi pelanggan. Selain itu, komunikasi omni-channel juga memudahkan perusahaan untuk mengetahui saluran komunikasi apa yang akan digunakan pelanggan untuk menghubungi Anda.  Omni channel communication dapat membantu Anda menemukan insight tentang apa yang diinginkan pelanggan melalui komunikasi langsung dengan konsumen. 

  2. Tingkatkan kecepatan respons terhadap pertanyaan dari pelanggan
    Ketika pelanggan memiliki pertanyaan atau keluhan tentang produk Anda, mereka ingin mendapatkan respons cepat. Jangan khawatir, omni channel communication dapat membantu bisnis perusahaan Anda dalam menjawab semua pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat.  

    Pasalnya, omni channel communication memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjawab pertanyaan dan keluhan dari konsumen, antara lain visual engagement tools, live chat dengan customer service rep (CSR), chatbot yang siap menjawab pertanyaan 24/7, hingga opsi self-service.  

  3. Meningkatkan pelayanan perusahaan kepada pelanggan
    Komunikasi omni channel dapat membantu perusahaan Anda  menyatukan beberapa saluran komunikasi menjadi data yang mudah dipahami. Tentunya hal ini dapat mengurangi kesulitan dan percakapan berulang dengan pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dapat menemukan solusi dengan cepat dan terukur untuk mengatasi keluhan yang dialami oleh pelanggan. 

  4. Memudahkan perusahaan untuk mendapatkan insight dari pelanggan
    Omni channel communication dapat membantu perusahaan Anda dalam menyatukan berbagai percakapan pelanggan ke dalam satu tempat. Sehingga, perusahaan dapat memahami  customer journey dalam menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hasilnya, perusahaan mendapatkan wawasan berharga untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. 

  5. Meningkatkan retensi pelanggan
    Menurut sebuah studi yang dirilis di situs Digital Commerce 360, perusahaan yang memiliki komunikasi omni-channel dapat mengalami peningkatan retensi pelanggan hingga 89% dan pendapatan tahunan sebesar 9,5% dari tahun ke tahun. Retensi pelanggan adalah pemeliharaan hubungan bisnis antara perusahaan Anda dan pelanggan dalam jangka panjang. 

Setelah memahami berbagai manfaat komunikasi omni-channel di atas, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya dalam bisnis?

Jelajahi solusi dari MyTEnS

MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.

Insight Terkait

Cerita Sukses

Manfaat Teknologi Omnichannel OCA Telkom untuk Instansi di Tanah Air

Layanan teknologi komunikasi omnichannel karya OCA (Omni Communication Assistant) Telkom telah mendigitalisasi banyak instansi pemerintahan di Indonesia Seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Pangkalpinang, dan Magelang.Semua layanan yang disediakan OCA Telkom ini adalah bentuk teknologi yang mampu menggabungkan semua channel komunikasi digital dalam satu tempat atau yang lebih dikenal juga dengan teknologi komunikasi omni channel. Teknologi komunikasi omni channel dapat mempercepat kemampuan merespon/mengirim pesan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk terhubung dengan instansi pemerintahan melalui channel chat yang sering mereka gunakan.Instansi-instansi Pemerintah yang Sudah Adopsi Teknologi Omni Channel TelkomSejumlah instansi pemerintah telah mendigitalisasi komunikasinya dengan menggunakan layanan OCA dari Telkom, dan merasakan berbagai manfaat dalam mengoptimalkan layanan publik.1. Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa TimurPerwakilan Bapenda Jawa Timur, Reza Iqra, membagikan pengalamannya bersama Omni Communication Assistant (OCA) sebagai layanan dari Telkom. Ia mengakui, OCA telah mempermudah pengiriman SMS E-TBPKP sebagai Tanda bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran kepada publik."Dengan support penuh dari tim teknis OCA, proses integrasi Bapenda Jawa Timur dan OCA memerlukan waktu yang tidak terlalu lama sehingga layanan SMS kami melalui OCA dapat segera digunakan," katanya.Implementasi OCA telah membuahkan hasil berupa:Percepatan proses pembayaran pajak secara onlinePenurunan jumlah orang yang menunggak pajakKemudahan dalam penyebaran informasi seputar perpajakanKemudahan Bapenda Jawa Timur dalam monitoring keberhasilan pengiriman SMS E-TBPKP melalui dashboard OCA2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus mempermudah layanan pengaduan mafia tanah di Indonesia. Kementerian ATR/BPN membangun saluran komunikasi dengan teknologi komunikasi omnichannel OCA.Mempermudah masyarakat untuk mengirimkan aduanMempercepat respon dari kementerian ATR/BPN kepada masyarakatMendeteksi dan menyelesaikan masalah mafia tanah di IndonesiaMeningkatkan kualitas pelayanan masyarakatData dari komunikasi yang lebih terpusat dan akurat3. Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Pangkalpinang, MagelangDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pun memanfaatkan layanan OCA dari Telkom untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, sekaligus memberantas hoaks. Menggunakan OCA, Diskominfo dapat:Mengirimkan pesan SMS untuk memberikan informasi yang terpercayaMenyebarkan pesan secara instant dan massal kepada masyarakat luasMembagikan pesan dengan identitas yang kredibel sehingga menghindari hoaksMasyarakat sebagai pemohon menyampaikan aduan mengenai info hoaks ke nomor WhatsApp Diskominfo yang terverifikasi.Pemohon mengikuti flow Chatbot dalam permohonan pengaduan info hoaks.Dengan kemudahan dari omni channel yang dihadirkan OCA, instansi-instansi pemerintah pun mampu menyederhanakan sistem komunikasi, mempercepat respon, dan memudahkan masyarakat untuk menghubungi instansi terkait. Diharapkan dengan digitalisasi yang dilakukan bersama OCA Telkom, instansi-instansi pemerintahan Indonesia dapat memberikan layanan publik yang lebih baik ke depannya.
Nov 29, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.