MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

MyTEnS Insight Industri

Temukan bagaimana produk MyTEnS bantu dukung dan tingkatkan bisnis di banyak perusahaan.

https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/img-sumber-daya-perusahaan.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Memahami Apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dan Manfaatnya
Dalam menjalankan sebuah perusahaan, ada banyak proses bisnis yang perlu diperhatikan, mulai dari keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, jasa, hingga pengadaan. Untuk membantu perusahaan agar mampu mengelola semua proses bisnis tersebut dengan sistem yang terintegrasi, diperlukan peran dari Enterprise Resource Planning (ERP). Jika Anda tertarik untuk mengenalnya lebih jauh, lihat apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dan manfaatnya bagi perusahaan. Apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)?Enterprise Resource Planning atau ERP adalah jenis software (software) yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari, mulai dari akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen risiko dan kepatuhan, hingga supply chain. Secara umum ERP juga menyediakan manajemen kinerja perusahaan, yaitu software yang mampu merencanakan, menganggarkan, memprediksi, dan melaporkan hasil keuangan suatu organisasi. Sistem ERP mengikat banyak proses bisnis dan merampingkan aliran data yang terjadi di dalamnya. Dengan mengumpulkan data transaksional dengan organisasi dari berbagai sumber, sistem ERP dapat menghilangkan risiko duplikasi data dan memberikan integritas data hanya dengan satu sumber. Sekarang, fungsi ERP sangat penting untuk mengelola ribuan bisnis dari semua ukuran dan berbagai industri. Bagi perusahaan, ERP dapat disamakan dengan listrik yang dapat menjaga lampu tetap menyala.   Manfaat ERP untuk perusahaanKeberadaan ERP dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa manfaat ERP yang dapat dirasakan oleh perusahaan:Meningkatkan produktivitas perusahaanERP mampu menyederhanakan dan mengotomatisasi proses bisnis inti perusahaan Anda sehingga semua orang di dalamnya dapat melakukan banyak hal meskipun hanya memiliki sedikit sumber daya. Dapatkan wawasan pentingKehadiran ERP dapat membuat komunikasi dalam sebuah perusahaan menjadi lebih efektif. Sehingga, Anda bisa mendapatkan jawaban dengan cepat dari pertanyaan bisnis yang muncul. Proses pelaporan yang cepatERP juga mampu membantu perusahaan Anda untuk mempercepat proses pelaporan bisnis dan keuangan. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil tindakan atau membuat keputusan sesuai dengan wawasan yang Anda dapatkan dan meningkatkan kinerja secara real time. Menurunkan risikoERP dapat memaksimalkan visibilitas dan kontrol bisnis, memastikan kepatuhan terhadap persyaratan peraturan yang ada. Hal ini dapat membantu perusahaan Anda untuk memprediksi dan mencegah risiko yang dapat membahayakan kelangsungan bisnis. Menyederhanakan teknologi informasiDengan menggunakan aplikasi ERP terintegrasi yang berbagi database, perusahaan Anda dapat menyederhanakan teknologi informasi (IT) dan membuat orang-orang di dalam perusahaan Anda dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah. Menciptakan peluang bisnis baruSistem erp memberikan kinerja operasi yang efisien beserta data yang dapat diakses secara real time. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan bereaksi terhadap peluang bisnis baru. Meningkatkan kontrol kualitasJika perusahaan Anda baru saja menyelesaikan proses pembuatan suatu produk, sistem ERP dapat memblokir produk dari penjualan hingga dokumen disetujui. Ini memungkinkan perusahaan Anda untuk meninjau produk secara rinci sehingga kontrol kualitas ditingkatkan. Itulah berbagai manfaat ERP bagi perusahaan yang tentunya dapat memberikan banyak keuntungan. Apakah Anda tertarik untuk memiliki sistem ERP di dalam perusahaan? klik disini untuk informasi lebih lanjut.
Sep 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Healthcare-.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Peran Penting Teknologi dalam Industri Kesehatan
Manfaat kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatanMulai dari kemudahan mengakses riwayat kesehatan pasien, mengurangi risiko kesalahan prosedur medis, hingga meningkatkan pelayanan medis bagi pasien. Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari kehadiran teknologi di bidang kesehatan:Permudah akses riwayat pasienPengumpulan data pasien adalah salah satu aspek terpenting dalam industri perawatan kesehatan. Data medis memiliki peran penting bagi dokter untuk menganalisis kondisi dan penyakit pasien untuk merekomendasikan perawatan dan perawatan lain yang sesuai. Di masa lalu, data riwayat pasien ditulis di atas kertas secara manual. Namun, dengan munculnya digitalisasi, informasi mengenai riwayat medis pasien dapat dimasukkan ke dalam sistem digital berbasis cloud. Ini telah memberikan kenyamanan luar biasa bagi dokter, pasien, dan penyedia layanan kesehatan. Sekarang, mereka dapat mengakses data riwayat pasien dari mana saja dan kapan saja. Mengurangi risiko kesalahan prosedur medisKesalahan dalam prosedur medis bisa berakibat fatal bagi pasien. Faktanya, menurut Starfield dan American Institute of Medicine (IOM), kesalahan medis di rumah sakit dan institusi kesehatan adalah penyebab kematian terbesar ketiga di Amerika Serikat. Hampir 98 ribu kematian terjadi setiap tahun sebagai akibat dari kesalahan medis. Kabar baiknya adalah bahwa teknologi telah memfasilitasi pengembangan sistem yang dapat mengurangi kejadian kesalahan medis dan menyelamatkan lebih banyak nyawa. Dengan hadirnya teknologi, dokter dapat melakukan perawatan medis sesuai dengan informasi spesifik milik pasien. Informasi ini juga disaring secara rasional dan disajikan kepada dokter secara tepat waktu sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik. Meningkatkan kesehatan bagi pasienPenggunaan teknologi dalam industri perawatan kesehatan dapat meningkatkan keterlibatan pasien untuk membantu pasien membuat rencana kesehatan yang tepat sasaran dan dapat dipersonalisasi. Selain itu, dokter dapat melacak kesehatan pasien secara efektif sehingga proses perawatan dapat berjalan sesuai rencana. Tentunya hal ini sangat bermanfaat terutama bagi pasien lanjut usia yang tinggal sendirian di rumahnya. Sebab, mereka seringkali tidak tahu harus berbuat apa atau mungkin lupa minum obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Dengan demikian, teknologi dalam industri kesehatan dapat menerima perawatan terbaik dan pengalaman layanan kesehatan secara maksimal.  Mengurangi biaya pengobatanSelanjutnya, manfaat dari hadirnya teknologi di bidang kesehatan adalah mengurangi biaya pengobatan. Harus dipahami, kesalahan medis di rumah sakit atau klinik dapat menelan biaya yang cukup tinggi untuk pasien atau penyedia layanan kesehatan. Kehadiran teknologi diharapkan dapat mengurangi kesalahan medis, terutama dalam hal diagnosis dan juga resep obat. Kemudahan konsultasiTerkadang, pasien yang tinggal jauh dari rumah sakit merasa sulit untuk berkonsultasi dengan dokter. Tentu hal ini bermasalah, apalagi jika penyakit yang diderita pasien cukup parah dan perlu segera ditangani oleh dokter. Namun, kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatan adalah jawaban yang tepat untuk masalah ini. Teknologi di bidang kesehatan telah melahirkan layanan telemedicine, di mana pasien dapat langsung berkomunikasi dengan dokter hanya dengan koneksi internet. Layanan ini memungkinkan pasien untuk mengirim pesan singkat, suara, atau bahkan bertemu langsung dengan dokter melalui fitur video call. Berbagai manfaat kehadiran teknologi dalam industri kesehatan di atas tentu tidak boleh diremehkan. Sebab, tidak hanya pasien yang akan diuntungkan, penyedia layanan kesehatan juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.Jika Anda tertarik untuk mendigitalkan bisnis perawatan kesehatan, klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 
Sep 01, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Peran-Internet.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Sejauh Mana Peran Internet untuk Bisnis Perusahaan?
Menggali manfaat Internet menjadi salah satu hal yang mampu mendukung keberhasilan suatu bisnis. Terlebih jika perusahaan menjalankan usaha di era serba digital seperti saat ini. Koneksi Internet pun menjadi suatu hal yang krusial. Melalui peran Internet pulalah suatu perusahaan dapat menemukan para kandidat terbaik untuk mengisi sumber daya manusia, memperoleh hasil analisis produk dan pasar, menjaring calon pelanggan, mengirim maupun menerima dokumen, maupun mengumpulkan serta menyebarkan informasi.Manfaat Internet yang Penting bagi PerusahaanBerikut ini lima manfaat Internet yang krusial dalam membangun, menjalankan, serta mengembangkan suatu perusahaan.1. Mempermudah rekrutmen sumber daya manusiaSaat ini, Anda bisa dengan mudah mengiklankan lowongan kerja untuk mencari kandidat terbaik bagi berbagai posisi jabatan pada perusahaan. Anda bisa mem-posting lowongan tersebut pada situs pencari kerja, website perusahaan, hingga akun media sosial resmi perusahaan. Beberapa proses rekrutmen pun sudah bisa dilakukan secara online, misalnya untuk tahap wawancara. Tentunya peran Internet di sini membawa kemudahan dan efisiensi biaya.2. Membantu analisis produk dan pasarInternet menjadi kunci dalam memulai bisnis. Salah satunya untuk menemukan referensi dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semudah membalikkan telapak tangan, Anda bisa menggali berbagai informasi melalui situs resmi kompetitor, portal berita, hingga blog. Selain itu, Anda pun dapat mulai melakukan analisis pasar, mulai dari skala terkecil seperti melakukan survey atau polling online.3. Membangun jaringan pelangganMencari pelanggan tidak harus dilakukan secara hard-selling. Anda juga dapat menggunakan teknik soft-selling, misalnya dengan membuat blog maupun forum online yang memungkinkan publik untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman. Melalui wadah ini, perusahaan dapat mulai mengidentifikasi pilihan pelanggan dan menentukan strategi pemasaran misalnya. Selain itu, karena sifatnya online, forum maupun blog ini bisa diakses tanpa batasan jarak dan waktu.4. Mendukung pertukaran dokumenEntah itu saling berkirim dokumen di level internal perusahaan maupun eksternal yang melibatkan klien maupun pelanggan, Anda bisa melakukannya secara mudah dengan email maupun memanfaatkan komputasi awan atau cloud. Tandatangan pun bisa dibubuhkan secara digital dengan mudah. Peran Internet semacam ini memungkinkan Anda menjalankan perusahaan tanpa harus duduk di meja kantor seharian.5. Mengumpulkan dan menyebarkan informasiTentu saja, peran Internet lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Dengan berselancar di dunia maya, Anda jadi tahu isu terkini yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Selain itu, keberadaan media sosial juga ikut andil dalam mengumpulkan pandangan serta pengalaman masyarakat tentang perusahaan maupun produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa merencanakan strategi marketing untuk menyebarkan informasi, juga melalui Internet.Apapun lini bisnis yang Anda jalankan saat ini, peran Internet harus menjadi bagian di dalamnya, demi mengembangkan perusahaan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Jul 26, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/omnichannel.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Pentingnya Omni channel Communication untuk Keberlangsungan Bisnis
Apa itu omni channel communication?Omni channel communication merupakan strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti website, aplikasi smartphone, media sosial, hingga panggilan telepon, untuk meningkatkan customer experience.  Omni channel communication dapat menjadi single point system yang berfungsi untuk mengoptimalkan interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya secara kolektif, terlepas dari channel komunikasi yang digunakan. Perbedaan antara komunikasi omni channel dan komunikasi multi channelIstilah omni channel communication dan multichannel communication sering dianggap sama. Padahal, ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Komunikasi omni channel melihat merek dari sudut pandang pelanggan. Setiap interaksi pelanggan akan selaras dengan pesan dan tujuan perusahaan, terlepas dari saluran komunikasi yang digunakan. Tidak hanya itu, omni-channel communication juga dapat mengumpulkan wawasan terkait data pelanggan melalui berbagai platform yang digunakan. Sehingga, perusahaan dapat memahami perilaku pembelian konsumen.Di sisi lain, komunikasi multisaluran mengacu pada beberapa saluran komunikasi untuk melakukan percakapan dengan pelanggan. Pendekatan ini digunakan oleh sebagian besar bisnis modern untuk terlibat dengan pelanggan.Meskipun komunikasi multisaluran dianggap sebagai cara yang baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan, saluran komunikasi yang digunakan sering terputus dan menyebabkan kebingungan pelanggan dan berpotensi mengakibatkan pengalaman pelanggan yang buruk.Manfaat komunikasi omni channel untuk kelangsungan bisnisPelanggan modern mengharapkan layanan pelanggan 24/7 dan komunikasi pribadi yang dipersonalisasi. Jika perusahaan gagal memenuhi harapan pelanggan ini, jangan heran jika mereka mulai meninggalkan produk Anda. Kabar baiknya adalah bahwa komunikasi omni-channel dapat membantu Anda memenuhi harapan pelanggan ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa komunikasi omni-channel penting untuk kelangsungan bisnis:Pertahankan konsistensi sekaligus meningkatkan pengalaman pelangganDengan menerapkan komunikasi omni-channel, perusahaan dapat menjaga konsistensi dan meningkatkan customer experience bagi pelanggan. Selain itu, komunikasi omni-channel juga memudahkan perusahaan untuk mengetahui saluran komunikasi apa yang akan digunakan pelanggan untuk menghubungi Anda.  Omni channel communication dapat membantu Anda menemukan insight tentang apa yang diinginkan pelanggan melalui komunikasi langsung dengan konsumen. Tingkatkan kecepatan respons terhadap pertanyaan dari pelangganKetika pelanggan memiliki pertanyaan atau keluhan tentang produk Anda, mereka ingin mendapatkan respons cepat. Jangan khawatir, omni channel communication dapat membantu bisnis perusahaan Anda dalam menjawab semua pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat.  Pasalnya, omni channel communication memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjawab pertanyaan dan keluhan dari konsumen, antara lain visual engagement tools, live chat dengan customer service rep (CSR), chatbot yang siap menjawab pertanyaan 24/7, hingga opsi self-service.  Meningkatkan pelayanan perusahaan kepada pelangganKomunikasi omni channel dapat membantu perusahaan Anda  menyatukan beberapa saluran komunikasi menjadi data yang mudah dipahami. Tentunya hal ini dapat mengurangi kesulitan dan percakapan berulang dengan pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dapat menemukan solusi dengan cepat dan terukur untuk mengatasi keluhan yang dialami oleh pelanggan. Memudahkan perusahaan untuk mendapatkan insight dari pelangganOmni channel communication dapat membantu perusahaan Anda dalam menyatukan berbagai percakapan pelanggan ke dalam satu tempat. Sehingga, perusahaan dapat memahami  customer journey dalam menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hasilnya, perusahaan mendapatkan wawasan berharga untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Meningkatkan retensi pelangganMenurut sebuah studi yang dirilis di situs Digital Commerce 360, perusahaan yang memiliki komunikasi omni-channel dapat mengalami peningkatan retensi pelanggan hingga 89% dan pendapatan tahunan sebesar 9,5% dari tahun ke tahun. Retensi pelanggan adalah pemeliharaan hubungan bisnis antara perusahaan Anda dan pelanggan dalam jangka panjang. Setelah memahami berbagai manfaat komunikasi omni-channel di atas, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya dalam bisnis?
Sep 01, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/IoT-image.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Mengenal Internet of Things dan Berbagai Manfaatnya bagi Perusahaan
Di zaman yang serba modern ini, internet adalah hal penting yang perlu dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Salah satu hal dari internet yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk menjaga keberlangsungan bisnis adalah Internet of Things (IoT). Untuk membantu Anda memahami apa itu Internet of Things, simak definisi beserta manfaatnya berikut. Apa itu Internet of Things?Internet of Things (IoT) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jaringan objek fisik (things) yang disematkan dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya dengan  tujuan menghubungkan serta bertukar data dengan perangkat dan sistem lainnya melalui koneksi internet. Perangkat yang dimaksud dapat berupa benda-benda rumah tangga, hingga alat industri canggih. Saat ini, sudah ada 7 miliar perangkat IoT di seluruh dunia. Pada tahun 2025 mendatang, para ahli menprediksikan bahwa jumlah perangkat IoT akan meningkat sampai 22 miliar. Manfaat Internet of Things untuk perusahaanKemampuan Internet of Things dalam menghubungkan objek fisik dengan internet telah membawa sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan. Apa saja?Meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi tenaga kerja manusiaBerkat Internet of Things, tugas sehari-hari karyawan di kantor dapat dilakukan secara otomatis sehingga sumber daya manusia dapat dialihkan ke tugas yang lebih kompleks dan membutuhkan keterampilan khusus, terutama tugas yang membutuhkan pemikiran out-of-the-box. Dengan demikian, jumlah pekerja dapat dikurangi dan menghasilkan pengurangan biaya operasi bisnis. Manajemen operasi yang efisienManfaat Internet of Things selanjutnya adalah meningkatkan efisiensi manajemen operasi perusahaan. Pasalnya, Internet of Things memungkinkan perusahaan untuk mengontrol beberapa area bisnis secara otomatis, misalnya manajemen inventaris, pelacakan pengiriman, hingga manajamen bahan bakar dan suku cadang. Penggunaan sumber daya dan aset yang lebih baik serta maksimalPenjadwalan dan pemantauan otomatis yang diterapkan dengan bantuan sensor memungkinkan perusahaan untuk menjaga efektivitas dari penggunaan sumber daya alam, peningkatan manajemen daya (power management), hingga konsumsi air. Misalnya, detektor gerakan dapat menghemat uang dalam tagihan listrik dan air sehingga membantu perusahaan untuk lebih produktif dan ramah lingkungan. Meningkatkan keselamatan kerjaProses pemeliharaan sumber daya dan aset kantor yang terjadwal dengan bantuan Internet of Things mampu memastikan keselamatan operasional dan kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Pada gilirannya, kondisi kerja yang aman ini dapat membuat investor, mitra, dan personel tertarik terhadap perusahaan Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan reputasi dan membuat perusahaan Anda semakin dipercaya. Mengurangi kesalahan manusiaSalah satu manfaat Internet of Things yang paling penting adalah mengurangi risiko human error atau kesalahan manusia di dalam berbagai aktivitas operasi bisnis. Menjaga keamanan perusahaanDengan adanya CCTV (kamera pengintai), sensor gerak, dan perangkat pemantauan lainnya, keamanan perusahaan akan terjaga. Berbagai teknologi yang dihadirkan oleh Internet of Things ini juga bisa mencegah tindakan pencurian dan bahkan membentengi perusahaan Anda dari spionase. Meningkatkan customer experience dan menjaga retensi pelangganMelalui Internet of Things, perusahaan dapat melakukan pengumpulan data spesifik dari pengguna dengan perangkat pintar. Tentunya, ini dapat membantu perusahaan Anda dalam memahami harapan serta perilaku pelanggan secara lebih baik. Tidak hanya itu, Internet of Things juga bisa meningkatkan customer experience dengan cara memfasilitasi tindak lanjut setelah penjualan, seperti pelacakan otomatis dan mengingatkan pelanggan tentang pemeliharaan dari produk yang mereka beli. Berbagai hal di atas menjadi bukti bahwa Internet of Things adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh perusahaan dalam mengembangkan dan mengelola bisnis. 
Sep 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Peran-internet.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Peran Internet bagi Bisnis Perusahaan
Menggali manfaat Internet menjadi salah satu hal yang mampu mendukung keberhasilan suatu bisnis. Terlebih jika perusahaan menjalankan usaha di era serba digital seperti saat ini. Koneksi Internet pun menjadi suatu hal yang krusial. Melalui peran Internet pulalah suatu perusahaan dapat menemukan para kandidat terbaik untuk mengisi sumber daya manusia, memperoleh hasil analisis produk dan pasar, menjaring calon pelanggan, mengirim maupun menerima dokumen, maupun mengumpulkan serta menyebarkan informasi.Manfaat Internet yang Penting bagi PerusahaanBerikut ini lima manfaat Internet yang krusial dalam membangun, menjalankan, serta mengembangkan suatu perusahaan.Mempermudah rekrutmen sumber daya manusiaSaat ini, Anda bisa dengan mudah mengiklankan lowongan kerja untuk mencari kandidat terbaik bagi berbagai posisi jabatan pada perusahaan. Anda bisa memposting lowongan tersebut pada situs pencari kerja, website perusahaan, hingga akun media sosial resmi perusahaan. Beberapa proses rekrutmen pun sudah bisa dilakukan secara online, misalnya untuk tahap wawancara. Tentunya peran Internet di sini membawa kemudahan dan efisiensi biaya.Membantu analisis produk dan pasarInternet menjadi kunci dalam memulai bisnis. Salah satunya untuk menemukan referensi dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semudah membalikkan telapak tangan, Anda bisa menggali berbagai informasi melalui situs resmi kompetitor, portal berita, hingga blog. Selain itu, Anda pun dapat mulai melakukan analisis pasar, mulai dari skala terkecil seperti melakukan survey atau polling online.Membangun jaringan pelangganMencari pelanggan tidak harus dilakukan secara hard-selling. Anda juga dapat menggunakan teknik soft-selling, misalnya dengan membuat blog maupun forum online yang memungkinkan publik untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman. Melalui wadah ini, perusahaan dapat mulai mengidentifikasi pilihan pelanggan dan menentukan strategi pemasaran misalnya. Selain itu, karena sifatnya online, forum maupun blog ini bisa diakses tanpa batasan jarak dan waktu.Mendukung pertukaran dokumenEntah itu saling berkirim dokumen di level internal perusahaan maupun eksternal yang melibatkan klien maupun pelanggan, Anda bisa melakukannya secara mudah dengan email maupun memanfaatkan komputasi awan atau cloud. Tandatangan pun bisa dibubuhkan secara digital dengan mudah. Peran Internet semacam ini memungkinkan Anda menjalankan perusahaan tanpa harus duduk di meja kantor seharian.Mengumpulkan dan menyebarkan informasiTentu saja, peran Internet lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Dengan berselancar di dunia maya, Anda jadi tahu isu terkini yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Selain itu, keberadaan media sosial juga ikut andil dalam mengumpulkan pandangan serta pengalaman masyarakat tentang perusahaan maupun produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa merencanakan strategi marketing untuk menyebarkan informasi, juga melalui Internet.Apa pun lini bisnis yang Anda jalankan saat ini, peran Internet harus menjadi bagian di dalamnya, demi mengembangkan perusahaan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Jul 26, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Infrastructure-as-a-Service-dan-Manfaatnya-Bagi-Perusahaan.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Infrastructure as a Service dan Manfaatnya Bagi Perusahaan
Infrastruktur sebagai layanan atau Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan layanan komputasi cloud yang menawarkan komputasi untuk penyimpanan (storage) dan jaringan sesuai permintaan. Biasanya IaaS dibayar sesuai dengan pemakaian oleh pengguna. Layanan ini sangat cocok digunakan oleh perusahaan baik yang berukuran kecil, menengah, maupun besar. Dengan memigrasikan infrastruktur organisasi perusahaan ke IaaS, perusahaan akan terbantu untuk mengurangi biaya mengelola pusat data on-premises dan biaya untuk hardware serta mendapatkan insight terkait perusahaan secara real-time. Saat ini banyak perusahaan yang mulai tertarik menggunakan IaaS. Salah satu alasannya adalah karena perusahaan tidak perlu berhadapan dengan kerumitan untuk pembelian dan pengelolaan server fisik juga infrastruktur dari pusat data (data center). Menggunakan IaaS berarti perusahaan akan mendapatkan kemudahan karena setiap sumber daya ditawarkan sebagai komponen terpisah dan perusahaan hanya akan membayar sesuai dengan yang dibutuhkan. Selama ini perusahaan harus mengeluarkan banyak uang untuk membangun infrastruktur mandiri yang sering kali tidak digunakan secara maksimal. Kebanyakan perusahaan berpikir lebih baik membangun infrastruktur lebih besar dari yang dibutuhkan dibandingkan harus menambahkan di kemudian hari dan berhadapan proses yang lebih merepotkan. Tentu saja ini menjadi beban bagi perusahaan karena berarti mereka harus membayar untuk sesuatu yang tidak digunakan. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang ditawarkan oleh IaaS.Selain keuntungan dari segi pengurangan biaya dan efisiensi, IaaS juga merupakan solusi yang memberikan perusahaan fleksibilitas dalam hal menaikkan dan menurunkan kebutuhan akan sumber daya IT perusahaan sesuai dengan kebutuhan tanpa harus berhadapan dengan proses yang rumit karena semua dikelola dan diatur oleh penyedia layanan IaaS sementara perusahaan hanya tinggal menggunakannya. Manfaat Infrastructure as a Service bagi perusahaan Apakah keuntungan yang ditawarkan oleh IaaS untuk perusahaan hanya terbatas pada efisiensi perusahaan dan fleksibilitas saja? Jawabannya tentu saja tidak. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh IaaS bagi perusahaan. Beberapa yang terpenting di antaranya adalah: Penyimpanan, backup, dan recoveryPenyimpanan (storage) tidak hanya membutuhkan biaya untuk pengadaan tetapi juga untuk mengelolanya. Tidak hanya biaya, ini juga membutuhkan seorang ahli untuk memastikan pengelolaan berjalan lancar. IaaS menyederhanakannya untuk perusahaan. Perusahaan tidak perlu lagi pusing terkait hal ini karena semua sudah dilakukan oleh penyedia layanan IaaS. Meningkatkan stabilitas, keandalan dan daya dukungDengan IaaS, perusahaan tidak lagi menghabiskan waktu untuk memelihara dan meningkatkan software serta hardware. Penyedia layanan IaaS akan memastikan perusahaan selalu mendapatkan infrastruktur yang dibutuhkan dan menjamin stabilitasnya. Memastikan kelangsungan dengan pemulihan bencanaJika perusahaan memiliki infrastruktur mandiri jika terjadi bencana maka infrastruktur itu akan ikut rusak dan tidak dapat digunakan. Ini tentu akan membuat perusahaan tidak dapat berjalan selama beberapa saat. Dengan menggunakan Iaas, keberlangsungan perusahaan dapat dijaga karena infrastruktur tersebut tidak secara fisik berada di lokasi perusahaan yang terkena bencana. Keamanan data lebih terjaminPenyedia layanan IaaS tentu terdiri dari para ahli di bidangnya sehingga akan memastikan keamanan data perusahaan yang tersimpan di komputasi cloud mereka tidak akan gampang diretas. Sekarang merupakan saat yang tepat bagi perusahaan Anda untuk beralih menggunakan IaaS. Jika perusahaan Anda belum bermigrasi dan tertarik dengan layanan Infrastructure as a Service, Anda dapat langsung menghubungi Telkom Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan IaaS terpercaya di Indonesia. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.
Oct 28, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.