MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

MyTEnS Insight Industri

Temukan bagaimana produk MyTEnS bantu dukung dan tingkatkan bisnis di banyak perusahaan.

Artikel

Lihat Semua Artikel
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Pentingnya-Dedicated-Internet-bagi-Bisnis-Anda.jpeg?tr=w-640
Artikel
Pentingnya Dedicated Internet bagi Bisnis Anda
Pandemi mengubah banyak hal termasuk bagaimana bisnis dan usaha dijalankan. Walau banyak dampak negatif, pandemi juga membawa dampak positif. Salah satunya adalah terbukanya kemungkinan baru dengan jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk kolaborasi dan bekerja sama. Jika sebelum pandemi kita terbiasa dengan kegiatan yang membutuhkan tatap muka, sekarang hampir semua kegiatan usaha dapat dilakukan secara virtual. Ini menyadarkan banyak orang bahwa sejak ada internet maka jarak seharusnya tidak lagi menjadi masalah. Dengan pertemuan virtual dan berbagai cara lainnya kolaborasi lintas kota bahkan negara menjadi sesuatu yang mungkin dan mudah untuk dilakukan. Mendunia dengan Dedicated Internet sebagai Mitra UsahaSalah satu langkah awal untuk mengembangkan usaha Anda adalah dengan memiliki mitra dedicated internet yang dapat diandalkan. Hal ini penting untuk memastikan komunikasi dan kolaborasi Anda dengan mitra usaha yang berada di luar kota dan di luar negeri tetap berjalan lancar tanpa adanya halangan. Dedicated internet merupakan jaringan koneksi internet yang menyediakan jalur berbeda untuk setiap penggunanya. Dengan kata lain jika menggunakan layanan dedicated internet maka Anda adalah satu-satunya pengguna di jalur tersebut sehingga kecepatan dan kestabilan koneksi internet tetap terjaga sepanjang penggunaan. Perbedaan Mengunakan Dedicated Internet dengan Broadband Internet di antaranya: KecepatanDedicated internet menyediakan jalur khusus untuk penggunanya sehingga menawarkan kecepatan yang lebih baik daripada broadband internet. KualitasKarena menyediakan jalur khusus untuk setiap pengguna maka penyedia layanan dedicated internet memiliki server yang lebih baik dan andal. KejelasanDedicated internet juga menawarkan kejelasan atau clarity yang lebih baik untuk foto, video dan kualitas suara. Keuntungan Menggunakan Dedicated Internet untuk Usaha AndaMenggunakan dedicated internet untuk jangka panjang adalah sebuah keuntungan. Selain memastikan komunikasi dan kolaborasi Anda dapat berjalan tanpa gangguan berarti, menggunakan dedicated internet juga menawarkan beberapa keuntungan lain, yaitu: Keamanan jaringan yang lebih baikDalam bisnis tentu keamanan adalah hal krusial yang harus diperhatikan. Ada banyak data sensitif dan dokumen yang harus dijaga kerahasiaannya demi keberlangsungan usaha Anda. Menggunakan layanan dedicated internet juga meningkatkan keamanan jaringan Anda karena jalur yang Anda gunakan dikhususkan hanya untuk Anda tanpa adanya pengguna lain. Jaminan bandwidthKoneksi internet yang lambat merupakan salah satu masalah utama dalam bisnis terutama sekarang ini karena banyak kegiatan yang dilakukan secara virtual. Walau terkesan remeh tetapi dalam bisnis, koneksi lambat dapat menurunkan kinerja perusahaan. Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan layanan dedicated internet. Kecepatan Upload dan DownloadKolaborasi berarti banyak data yang akan diunggah dan diunduh dalam prosesnya. Dedicated internet memastikan kecepatan internet Anda selalu stabil sehingga proses mengunggah dan mengunduh data akan lebih cepat daripada menggunakan broadband internet atau jaringan berbagi lainnya. Dukungan Layanan PelangganHampir semua penyedia layanan dedicated internet memiliki layanan pelanggan yang dapat diakses oleh pengguna ketika menemukan masalah. Tidak hanya itu, kebanyakan dari penyedia layanan dedicated internet biasanya memberikan jaminan berapa lama perbaikan dari setiap masalah yang mungkin Anda hadapi. Hal terpenting dari menggunakan layanan dedicated internet adalah memilih penyedia layanan yang dapat diandalkan. Telkom Indonesia menawarkan layanan dedicated internet yang selalu dapat diandalkan untuk memastikan bisnis Anda berjalan lancar. 
Oct 23, 2022

Artikel

Nono Menjadi Bukti Pentingnya Internet Cepat di Indonesia

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada bulan Februari 2022, sebanyak 12.548 desa dan kelurahan di Indonesia belum memiliki akses internet 4G. Data ini juga menginformasikan kalau sebanyak 150.000 titik layanan publik di Indonesia belum mendapatkan akses internet yang memadai. Tentu ini merupakan sesuatu yang disayangkan mengingat perkembangan teknologi yang terus melaju dan mulai masuknya teknologi 5G. Hal ini disebabkan tidak meratanya pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Saat ini, masih banyak yang beranggapan kalau akses internet cepat dan stabil bukan sesuatu yang harus menjadi perhatian pemerintah, tentu saja pendapat ini salah. Di era saat ini, internet merupakan salah satu kebutuhan pokok. Internet cepat dan stabil tidak hanya untuk memperlancar komunikasi tetapi juga membuka serta memberikan kesempatan yang sama tanpa mempermasalahkan lokasi. Salah satu contohnya adalah apa yang telah berhasil diraih oleh Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau yang lebih akrab disapa Nono. Siswa SD asal Kupang, Nusa Tenggara Timur yang berhasil menjuarai International Abacus World Competition 2022. Kompetisi matematika tingkat dunia ini diikuti oleh Nono secara daring. Tanpa harus ke luar kota atau ke luar negeri, Nono mengikuti kompetisi ini dan berhasil meraih juara pertama dan mengharumkan nama Indonesia. Ternyata ini bukan pertama kalinya Nono mengikuti kompetisi ini. Pada tahun 2021, Nono sudah mengikuti kompetisi tersebut tetapi gagal meraih juara pertama. Kendala teknis yang disebabkan oleh koneksi internet yang lambat membuat Nono yang memiliki kesempatan menjadi juara pertama harus berpuas diri dengan menjadi juara ketiga. Baru di tahun 2022, Nono berhasil menjadi juara pertama. Ini merupakan bukti betapa pentingnya internet cepat dan stabil. Internet Dedicated untuk Memaksimalkan Potensi Para SiswaSudah banyak bisnis dan perusahaan yang menggunakan layanan internet dedicated untuk memastikan operasional berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan berarti. Tetapi masih belum banyak sekolah atau kampus yang memanfaatkan layanan internet dedicated untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh para peserta didik. Berkaca dari apa yang berhasil diraih oleh Nono, ini beberapa alasan mengapa sekolah dan kampus harus menggunakan layanan internet dedicated: Membuka Lebar Pintu Ilmu Pengetahuan dan InformasiDengan adanya internet,  sekarang siapa saja dapat mengakses berbagai pengetahuan dan informasi dengan gampang. Hanya dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari, dalam hitungan sepersekian detik pengguna internet akan dibanjiri informasi yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Para peserta didik yang haus akan pengetahuan dan informasi akan sangat terbantu jika sekolah dan kampus menggunakan layanan internet dedicated yang cepat dan stabil. Kesempatan Berkiprah di Pentas Nasional Bahkan InternasionalSebelum adanya internet, para peserta didik yang berada di daerah terpencil atau jauh dari ibukota tidak memiliki kesempatan yang sama dengan mereka yang berada di ibukota. Hal ini salah satunya disebabkan penyebaran informasi yang lambat dan tidak merata. Adanya internet cepat dan stabil membuat siapa saja dapat mengakses informasi perlombaan, kursus dan berbagai kesempatan lain dari mana dan kapan saja. Ini seperti yang sudah dilakukan oleh Nono. Semakin banyak peserta didik yang mendapatkan akses internet cepat dan stabil tentu akan menyebabkan semakin banyak yang tertarik untuk mencoba menjajal diri dengan mengikuti berbagai kompetisi dan kursus di tingkat nasional dan internasional.Memperlancar Proses Belajar MengajarBelajar dari pengalaman selama pandemi, jika proses belajar secara tatap muka tidak dapat dilakukan maka sekolah dan kampus sekarang sudah memiliki opsi lain yaitu proses belajar mengajar secara daring. Tetapi tidak hanya itu, perkembangan teknologi dengan cepat mengubah berbagai aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. Sekarang banyak sekolah dan kampus yang beradaptasi dengan menggunakan aplikasi dan Big Data untuk memudahkan proses belajar mengajar. Tanpa internet cepat dan stabil tentu hal ini tidak dapat berjalan. Menyadari banyaknya manfaat dan potensi yang dihadirkan oleh akses internet cepat dan stabil, Telkom Indonesia menghadirkan ASTINet layanan internet dedicated yang berkecepatan tinggi. Layanan ini menawarkan jaminan rasio bandwidth 1:1. ASTINet juga sudah memiliki lisensi Internet Service Provider (ISP) dan menawarkan performa terbaik sehingga dapat meningkatkan produktivitas diri dan perusahaan. Layanan ini juga sangat sesuai digunakan oleh sekolah dan kampus. Bahkan, tidak ada lagi gangguan saat cuaca sedang buruk.  Klik di sini untuk informasi mengenai ASTINet internet dedicated selengkapnya.
Oct 02, 2023

Artikel

Big Data, Teknologi yang Mampu Mengubah Bisnis dan Perilaku Konsumen

Big Data adalah data dalam jumlah besar yang tidak dapat diproses dan dianalisis jika menggunakan cara konvensional. Berbeda dengan metode analisis menggunakan sampel data, Big Data akan mengelola seluruh data yang dikumpulkan secara komprehensif dan profesional untuk mendapatkan informasi berkualitas.Saat ini, Big Data sudah digunakan secara luas dan secara bertahap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis. Analisis yang dihasilkan oleh Big Data juga sudah space menjadi salah satu alat pemasaran yang efisien karena   lebih akurat mengenali kebiasaan pelanggan atau customer behaviour. Akurasi yang lebih tinggi ini tentu didapat dari banyaknya data yang dikumpulkan, diproses, dan dianalisis oleh Big Data. Selain lebih akurat, Big Data ternyata juga dapat mengubah kebiasaan pelanggan. Beberapa kebiasaan yang berubah dan memberikan efek yang cukup signifikan adalah:Pelanggan Menjadi Lebih RasionalSebelumnya, pelanggan hanya mendapatkan informasi sebatas iklan atau promosi yang diberikan oleh produsen. Sangat berbeda dengan kondisi saat ini, pelanggan dapat mencari tahu tentang sebuah produk secara detail dan mendalam melalui internet dan Big Data. Tidak hanya sebatas mencari tahu, tetapi banyak pelanggan yang berbagi ulasan terkait penggunaan produk yang mereka beli ke media sosial atau blog sehingga calon pembeli mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jujur. Kemudahan ini membuat pelanggan menjadi lebih rasional dalam menentukan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Perubahan kebiasaan ini mengharuskan bisnis dan perusahaan untuk memberikan informasi terkait produk yang dapat meningkatkan awareness serta membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Naiknya Permintaan PelangganAwalnya kebiasaan pelanggan berubah dari berbelanja di toko menjadi berbelanja secara daring. Kebiasaan ini ternyata membentuk fenomena baru, yaitu pelanggan merasa lebih nyaman dalam berbelanja daring karena untuk membeli produk yang dibutuhkan mereka tidak harus ke toko atau keluar rumah tetapi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Belum lagi, Big Data membuat semua iklan yang mereka dapatkan sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan riwayat pencarian mereka. Ini tentu menyebabkan meningkatnya permintaan karena berbelanja menjadi lebih mudah,Kepercayaan Pelanggan Terhadap Iklan di Media Sosial MeningkatDulu, pelanggan lebih mempercayai ulasan mengenai produk yang ingin dibeli, terlebih jika ulasan itu berasal dari selebritas media sosial. Big Data mengubah kebiasaan itu. Seiring transformasi digital, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan iklan di media sosial dengan semakin banyak perusahaan yang memiliki akun media sosial. Tidak hanya untuk beriklan, akun media sosial perusahaan ini digunakan untuk terhubung dengan pelanggan. Ini membuat pelanggan merasakan hubungan mendalam dengan perusahaan, dimana pelanggan dapat langsung berkomunikasi jika memiliki keluhan atau hal yang ingin ditanyakan terkait produk. Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, Big Data membuat iklan yang ditemukan setiap pelanggan berbeda karena sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka. Ketiga kebiasaan baru pelanggan di atas merupakan bukti bagaimana Big Data mengubah tidak hanya bisnis tetapi juga pelanggan. Ini menegaskan kalau bisnis dan perusahaan harus segera menggunakan teknologi Big Data untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta mendapatkan keuntungan bisnis yang terus meningkat. Salah satu penyedia layanan Big Data terbaik bagi bisnis dan perusahaan adalah Telkom Indonesia. Selain memahami customer behavior, layanan Big Data Telkom Indonesia menghadirkan kemudahan bagi perusahaan atau organisasi Anda untuk membangun dan mengembangkan data warehouse, mengintegrasikan berbagai data dari sumber dan format berbeda, serta melakukan analisis data dengan visualisasi informasi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan. Layanan Big Data dari Telkom Indonesia merupakan layanan yang menyediakan platform dan solusi end-to-end. Layanan ini memberikan benefit untuk mendukung transformasi digital perusahaan dengan mengolah data kompleks menjadi insight baik berupa informasi atau laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan serta pemerintah atau organisasi lainnya. Ini merupakan layanan terpadu atas berbagai teknologi terbaik yang menawarkan solusi Big Data terlengkap bagi perusahaan dan organisasi. Fitur yang ditawarkan mulai dari mengumpulkan sampai menganalisis data bahkan menawarkan insight terbaik. Dengan Big Data Telkom, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan lebih baik dan tepat sasaran. Sekarang saatnya meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan platform Big Data Telkom. Klik disini untuk informasi lebih lanjut. 
Oct 02, 2023

Artikel

Internet of Things, Kunci Keberhasilan Bisnis di Era 4.0

Dalam beberapa tahun terakhir, keunggulan, inovasi dan perkembangan dari Internet of Things sudah menjadi bahan pembicaraan. Teknologi yang sudah dimulai sejak tiga dekade terakhir ini terus mengalami perkembangan relatif pesat hingga saat ini. Keunggulan dan inovasi dari IoT sudah menjadi daya tarik bagi bisnis dan perusahaan.Konsep Internet of Things (IoT) memiliki dua fitur utama, yaitu: Otomatisasi, gagasan umum IoT melibatkan komunikasi langsung antar perangkat tanpa melibatkan campur tangan manusia.Konektivitas, koneksi sangat dibutuhkan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi data antar perangkat.Kedua fitur ini tentu saja membutuhkan dukungan dari berbagai teknologi untuk memastikan transfer data, analisis, dan respon otomatis antar beberapa perangkat. Penggunaan berbagai teknologi tersebut membutuhkan dukungan dari IoT. Ada beberapa manfaat IoT yang akan mempermudah aktivitas bisnis, yaitu: Pemanfaatan sumber daya dan aset yang lebih baikIoT memungkinkan dilakukannya penjadwalan dan pemantauan otomatis dengan bantuan penggunaan sensor yang saling terhubung. Tidak hanya meningkatkan efisiensi, hal ini juga dapat meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan aset perusahaan. Misalnya dengan otomatisasi, perusahaan dapat mengelola penggunaan air, listrik atau sumber daya lainnya dengan lebih baik karena tidak lagi bergantung pada manusia yang memungkinkan terjadi human error. Peningkatan keselamatan kerjaSelain itu, IoT juga dapat meningkatkan keselamatan kerja terutama di bidang operasional yang biasanya rentan kecelakaan kerja. Dengan IoT, mesin dapat bekerja secara otomatis dan fungsi pekerja berubah menjadi pengawas sehingga tidak perlu langsung berinteraksi dengan mesin yang akan meningkatkan keamanan di lingkungan pekerjaan. Sudah banyak perusahaan yang membuktikan bahwa angka kecelakaan kerja berkurang sejak menerapkan Internet of Things. Tentu ini kabar baik bagi perusahaan karena kondisi kerja yang aman akan meningkatkan ketertarikan investor, mitra, bahkan sumber daya manusia untuk terlibat dalam bisnis atau perusahaan. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaanSebelum ada IoT, peningkatan produktivitas kerja berbanding lurus dengan penambahan tenaga kerja, solusi IoT memungkinkan bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tanpa harus menambah pegawai sebanyak sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa pekerjaan dapat dilakukan secara otomatis sehingga sumber daya manusia hanya bertanggung jawab untuk pekerjaan yang lebih kompleks atau bersifat sebagai pengawas pekerjaan yang dilakukan oleh mesin. Ada banyak pemanfaatan dari IoT yang akan memberikan keuntungan bagi bisnis. Mulai dari meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Tetapi perusahaan tentu tidak bisa sembarangan menerapkan teknologi ini. Jika diterapkan tanpa perhitungan yang matang dan penyedia jasa yang mumpuni, maka teknologi ini tidak akan mendatangkan keuntungan sebesar yang seharusnya. Telkom Indonesia menghadirkan Platform IoT yang berkomitmen untuk membantu perusahaan di Indonesia menerapkan teknologi ini ke dalam bisnis. Tidak hanya menyediakan teknologi IoT, Telkom Indonesia terus berinovasi dan memperbaiki teknologi yang mereka miliki agar memberikan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan yang bekerja sama dengan salah satu BUMN terkemuka di Indonesia ini. 
Oct 02, 2023

Riset Bisnis

Lihat Semua Riset Bisnis
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/IoT-image.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Mengenal Internet of Things dan Berbagai Manfaatnya bagi Perusahaan
Di zaman yang serba modern ini, internet adalah hal penting yang perlu dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Salah satu hal dari internet yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk menjaga keberlangsungan bisnis adalah Internet of Things (IoT). Untuk membantu Anda memahami apa itu Internet of Things, simak definisi beserta manfaatnya berikut. Apa itu Internet of Things?Internet of Things (IoT) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jaringan objek fisik (things) yang disematkan dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya dengan  tujuan menghubungkan serta bertukar data dengan perangkat dan sistem lainnya melalui koneksi internet. Perangkat yang dimaksud dapat berupa benda-benda rumah tangga, hingga alat industri canggih. Saat ini, sudah ada 7 miliar perangkat IoT di seluruh dunia. Pada tahun 2025 mendatang, para ahli menprediksikan bahwa jumlah perangkat IoT akan meningkat sampai 22 miliar. Manfaat Internet of Things untuk perusahaanKemampuan Internet of Things dalam menghubungkan objek fisik dengan internet telah membawa sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan. Apa saja?Meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi tenaga kerja manusiaBerkat Internet of Things, tugas sehari-hari karyawan di kantor dapat dilakukan secara otomatis sehingga sumber daya manusia dapat dialihkan ke tugas yang lebih kompleks dan membutuhkan keterampilan khusus, terutama tugas yang membutuhkan pemikiran out-of-the-box. Dengan demikian, jumlah pekerja dapat dikurangi dan menghasilkan pengurangan biaya operasi bisnis. Manajemen operasi yang efisienManfaat Internet of Things selanjutnya adalah meningkatkan efisiensi manajemen operasi perusahaan. Pasalnya, Internet of Things memungkinkan perusahaan untuk mengontrol beberapa area bisnis secara otomatis, misalnya manajemen inventaris, pelacakan pengiriman, hingga manajamen bahan bakar dan suku cadang. Penggunaan sumber daya dan aset yang lebih baik serta maksimalPenjadwalan dan pemantauan otomatis yang diterapkan dengan bantuan sensor memungkinkan perusahaan untuk menjaga efektivitas dari penggunaan sumber daya alam, peningkatan manajemen daya (power management), hingga konsumsi air. Misalnya, detektor gerakan dapat menghemat uang dalam tagihan listrik dan air sehingga membantu perusahaan untuk lebih produktif dan ramah lingkungan. Meningkatkan keselamatan kerjaProses pemeliharaan sumber daya dan aset kantor yang terjadwal dengan bantuan Internet of Things mampu memastikan keselamatan operasional dan kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Pada gilirannya, kondisi kerja yang aman ini dapat membuat investor, mitra, dan personel tertarik terhadap perusahaan Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan reputasi dan membuat perusahaan Anda semakin dipercaya. Mengurangi kesalahan manusiaSalah satu manfaat Internet of Things yang paling penting adalah mengurangi risiko human error atau kesalahan manusia di dalam berbagai aktivitas operasi bisnis. Menjaga keamanan perusahaanDengan adanya CCTV (kamera pengintai), sensor gerak, dan perangkat pemantauan lainnya, keamanan perusahaan akan terjaga. Berbagai teknologi yang dihadirkan oleh Internet of Things ini juga bisa mencegah tindakan pencurian dan bahkan membentengi perusahaan Anda dari spionase. Meningkatkan customer experience dan menjaga retensi pelangganMelalui Internet of Things, perusahaan dapat melakukan pengumpulan data spesifik dari pengguna dengan perangkat pintar. Tentunya, ini dapat membantu perusahaan Anda dalam memahami harapan serta perilaku pelanggan secara lebih baik. Tidak hanya itu, Internet of Things juga bisa meningkatkan customer experience dengan cara memfasilitasi tindak lanjut setelah penjualan, seperti pelacakan otomatis dan mengingatkan pelanggan tentang pemeliharaan dari produk yang mereka beli. Berbagai hal di atas menjadi bukti bahwa Internet of Things adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh perusahaan dalam mengembangkan dan mengelola bisnis. 
Sep 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Peran-Internet.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Sejauh Mana Peran Internet untuk Bisnis Perusahaan?
Menggali manfaat Internet menjadi salah satu hal yang mampu mendukung keberhasilan suatu bisnis. Terlebih jika perusahaan menjalankan usaha di era serba digital seperti saat ini. Koneksi Internet pun menjadi suatu hal yang krusial. Melalui peran Internet pulalah suatu perusahaan dapat menemukan para kandidat terbaik untuk mengisi sumber daya manusia, memperoleh hasil analisis produk dan pasar, menjaring calon pelanggan, mengirim maupun menerima dokumen, maupun mengumpulkan serta menyebarkan informasi.Manfaat Internet yang Penting bagi PerusahaanBerikut ini lima manfaat Internet yang krusial dalam membangun, menjalankan, serta mengembangkan suatu perusahaan.1. Mempermudah rekrutmen sumber daya manusiaSaat ini, Anda bisa dengan mudah mengiklankan lowongan kerja untuk mencari kandidat terbaik bagi berbagai posisi jabatan pada perusahaan. Anda bisa mem-posting lowongan tersebut pada situs pencari kerja, website perusahaan, hingga akun media sosial resmi perusahaan. Beberapa proses rekrutmen pun sudah bisa dilakukan secara online, misalnya untuk tahap wawancara. Tentunya peran Internet di sini membawa kemudahan dan efisiensi biaya.2. Membantu analisis produk dan pasarInternet menjadi kunci dalam memulai bisnis. Salah satunya untuk menemukan referensi dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semudah membalikkan telapak tangan, Anda bisa menggali berbagai informasi melalui situs resmi kompetitor, portal berita, hingga blog. Selain itu, Anda pun dapat mulai melakukan analisis pasar, mulai dari skala terkecil seperti melakukan survey atau polling online.3. Membangun jaringan pelangganMencari pelanggan tidak harus dilakukan secara hard-selling. Anda juga dapat menggunakan teknik soft-selling, misalnya dengan membuat blog maupun forum online yang memungkinkan publik untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman. Melalui wadah ini, perusahaan dapat mulai mengidentifikasi pilihan pelanggan dan menentukan strategi pemasaran misalnya. Selain itu, karena sifatnya online, forum maupun blog ini bisa diakses tanpa batasan jarak dan waktu.4. Mendukung pertukaran dokumenEntah itu saling berkirim dokumen di level internal perusahaan maupun eksternal yang melibatkan klien maupun pelanggan, Anda bisa melakukannya secara mudah dengan email maupun memanfaatkan komputasi awan atau cloud. Tandatangan pun bisa dibubuhkan secara digital dengan mudah. Peran Internet semacam ini memungkinkan Anda menjalankan perusahaan tanpa harus duduk di meja kantor seharian.5. Mengumpulkan dan menyebarkan informasiTentu saja, peran Internet lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Dengan berselancar di dunia maya, Anda jadi tahu isu terkini yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Selain itu, keberadaan media sosial juga ikut andil dalam mengumpulkan pandangan serta pengalaman masyarakat tentang perusahaan maupun produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa merencanakan strategi marketing untuk menyebarkan informasi, juga melalui Internet.Apapun lini bisnis yang Anda jalankan saat ini, peran Internet harus menjadi bagian di dalamnya, demi mengembangkan perusahaan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Jul 26, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Healthcare-.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Peran Penting Teknologi dalam Industri Kesehatan
Manfaat kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatanMulai dari kemudahan mengakses riwayat kesehatan pasien, mengurangi risiko kesalahan prosedur medis, hingga meningkatkan pelayanan medis bagi pasien. Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari kehadiran teknologi di bidang kesehatan:Permudah akses riwayat pasienPengumpulan data pasien adalah salah satu aspek terpenting dalam industri perawatan kesehatan. Data medis memiliki peran penting bagi dokter untuk menganalisis kondisi dan penyakit pasien untuk merekomendasikan perawatan dan perawatan lain yang sesuai. Di masa lalu, data riwayat pasien ditulis di atas kertas secara manual. Namun, dengan munculnya digitalisasi, informasi mengenai riwayat medis pasien dapat dimasukkan ke dalam sistem digital berbasis cloud. Ini telah memberikan kenyamanan luar biasa bagi dokter, pasien, dan penyedia layanan kesehatan. Sekarang, mereka dapat mengakses data riwayat pasien dari mana saja dan kapan saja. Mengurangi risiko kesalahan prosedur medisKesalahan dalam prosedur medis bisa berakibat fatal bagi pasien. Faktanya, menurut Starfield dan American Institute of Medicine (IOM), kesalahan medis di rumah sakit dan institusi kesehatan adalah penyebab kematian terbesar ketiga di Amerika Serikat. Hampir 98 ribu kematian terjadi setiap tahun sebagai akibat dari kesalahan medis. Kabar baiknya adalah bahwa teknologi telah memfasilitasi pengembangan sistem yang dapat mengurangi kejadian kesalahan medis dan menyelamatkan lebih banyak nyawa. Dengan hadirnya teknologi, dokter dapat melakukan perawatan medis sesuai dengan informasi spesifik milik pasien. Informasi ini juga disaring secara rasional dan disajikan kepada dokter secara tepat waktu sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik. Meningkatkan kesehatan bagi pasienPenggunaan teknologi dalam industri perawatan kesehatan dapat meningkatkan keterlibatan pasien untuk membantu pasien membuat rencana kesehatan yang tepat sasaran dan dapat dipersonalisasi. Selain itu, dokter dapat melacak kesehatan pasien secara efektif sehingga proses perawatan dapat berjalan sesuai rencana. Tentunya hal ini sangat bermanfaat terutama bagi pasien lanjut usia yang tinggal sendirian di rumahnya. Sebab, mereka seringkali tidak tahu harus berbuat apa atau mungkin lupa minum obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Dengan demikian, teknologi dalam industri kesehatan dapat menerima perawatan terbaik dan pengalaman layanan kesehatan secara maksimal.  Mengurangi biaya pengobatanSelanjutnya, manfaat dari hadirnya teknologi di bidang kesehatan adalah mengurangi biaya pengobatan. Harus dipahami, kesalahan medis di rumah sakit atau klinik dapat menelan biaya yang cukup tinggi untuk pasien atau penyedia layanan kesehatan. Kehadiran teknologi diharapkan dapat mengurangi kesalahan medis, terutama dalam hal diagnosis dan juga resep obat. Kemudahan konsultasiTerkadang, pasien yang tinggal jauh dari rumah sakit merasa sulit untuk berkonsultasi dengan dokter. Tentu hal ini bermasalah, apalagi jika penyakit yang diderita pasien cukup parah dan perlu segera ditangani oleh dokter. Namun, kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatan adalah jawaban yang tepat untuk masalah ini. Teknologi di bidang kesehatan telah melahirkan layanan telemedicine, di mana pasien dapat langsung berkomunikasi dengan dokter hanya dengan koneksi internet. Layanan ini memungkinkan pasien untuk mengirim pesan singkat, suara, atau bahkan bertemu langsung dengan dokter melalui fitur video call. Berbagai manfaat kehadiran teknologi dalam industri kesehatan di atas tentu tidak boleh diremehkan. Sebab, tidak hanya pasien yang akan diuntungkan, penyedia layanan kesehatan juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.Jika Anda tertarik untuk mendigitalkan bisnis perawatan kesehatan, klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 
Sep 01, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Peran-internet.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Peran Internet bagi Bisnis Perusahaan
Menggali manfaat Internet menjadi salah satu hal yang mampu mendukung keberhasilan suatu bisnis. Terlebih jika perusahaan menjalankan usaha di era serba digital seperti saat ini. Koneksi Internet pun menjadi suatu hal yang krusial. Melalui peran Internet pulalah suatu perusahaan dapat menemukan para kandidat terbaik untuk mengisi sumber daya manusia, memperoleh hasil analisis produk dan pasar, menjaring calon pelanggan, mengirim maupun menerima dokumen, maupun mengumpulkan serta menyebarkan informasi.Manfaat Internet yang Penting bagi PerusahaanBerikut ini lima manfaat Internet yang krusial dalam membangun, menjalankan, serta mengembangkan suatu perusahaan.Mempermudah rekrutmen sumber daya manusiaSaat ini, Anda bisa dengan mudah mengiklankan lowongan kerja untuk mencari kandidat terbaik bagi berbagai posisi jabatan pada perusahaan. Anda bisa memposting lowongan tersebut pada situs pencari kerja, website perusahaan, hingga akun media sosial resmi perusahaan. Beberapa proses rekrutmen pun sudah bisa dilakukan secara online, misalnya untuk tahap wawancara. Tentunya peran Internet di sini membawa kemudahan dan efisiensi biaya.Membantu analisis produk dan pasarInternet menjadi kunci dalam memulai bisnis. Salah satunya untuk menemukan referensi dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semudah membalikkan telapak tangan, Anda bisa menggali berbagai informasi melalui situs resmi kompetitor, portal berita, hingga blog. Selain itu, Anda pun dapat mulai melakukan analisis pasar, mulai dari skala terkecil seperti melakukan survey atau polling online.Membangun jaringan pelangganMencari pelanggan tidak harus dilakukan secara hard-selling. Anda juga dapat menggunakan teknik soft-selling, misalnya dengan membuat blog maupun forum online yang memungkinkan publik untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman. Melalui wadah ini, perusahaan dapat mulai mengidentifikasi pilihan pelanggan dan menentukan strategi pemasaran misalnya. Selain itu, karena sifatnya online, forum maupun blog ini bisa diakses tanpa batasan jarak dan waktu.Mendukung pertukaran dokumenEntah itu saling berkirim dokumen di level internal perusahaan maupun eksternal yang melibatkan klien maupun pelanggan, Anda bisa melakukannya secara mudah dengan email maupun memanfaatkan komputasi awan atau cloud. Tandatangan pun bisa dibubuhkan secara digital dengan mudah. Peran Internet semacam ini memungkinkan Anda menjalankan perusahaan tanpa harus duduk di meja kantor seharian.Mengumpulkan dan menyebarkan informasiTentu saja, peran Internet lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Dengan berselancar di dunia maya, Anda jadi tahu isu terkini yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Selain itu, keberadaan media sosial juga ikut andil dalam mengumpulkan pandangan serta pengalaman masyarakat tentang perusahaan maupun produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa merencanakan strategi marketing untuk menyebarkan informasi, juga melalui Internet.Apa pun lini bisnis yang Anda jalankan saat ini, peran Internet harus menjadi bagian di dalamnya, demi mengembangkan perusahaan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Jul 26, 2022

Cerita Sukses

Lihat Semua Cerita Sukses
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Image-SD-Wan.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Solusi Bundling WAN dan Network untuk Perkuat Keamanan Nasabah
Industri perbankan berupaya mengoptimalkan network infrastruktur yang sudah terpasang, agar dapat digunakan di berbagai kondisi. Dalam melakukan monitoring, digunakan dashboard untuk memantau semua link yang digunakan, dengan kemampuan dashboard network monitoring, pemantauan terpusat dalam satu aplikasi dashboard, serta optimalisasi link utama dan backup link.Untuk kebutuhan tersebut, kehadiran SD WAN dalam mendukung kegiatan operasional perbankan yang mempunyai banyak kantor cabang. Saat ini, masih terdapat Bank yang memanfaatkan MPLS sebagai link utama. Namun, penggabungan MPLS dan Internet menggunakan SD WAN, dapat meningkatkan ketersediaan serta bandwith. Telkom pun menyediakan solusi bundling WAN dan network, yang mampu meningkatkan keamanan nasabah perbankan.Adaptasi Bundling WANDalam menghadirkan solusi tepat untuk memperkuat keamanan nasabah perbankan, Telkom menghadirkan bundling WAN dan perangkat jaringan, melalui VPN IP MPLS, layanan Metrolink, Internet backup dari operator lain, serta MNS SD-WAN.1. VPN IP MPLSLayanan VPN IP adalah layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP Multi Protocol Label Switching (MPLS). Layanan VPN IP sangat bermanfaat bagi perusahaan, termasuk sektor perbankan, yang membutuhkan solusi layanan komunikasi data berbasis MPLS any-to-any yang memungkinkan perusahaan pembuatan jaringan private IP dengan cakupan nasional untuk menghubungkan kantor-kantor cabang di berbagai kota.    2. MetrolinkLayanan Metrolink menghadirkan solusi jaringan data berkapasitas tinggi berbasis IP/Ethernet dengan fleksibilitas, kemudahan, dan efektivitas serta QoS sesuai standar Carrier Ethernet Metro Ethernet Forum Phase 2 (CE 2.0), dengan penyempurnaan berupa peningkatan kecepatan hingga 10 Gbps (Big Pipe), penambahan fitur MAC Address dan jumbo frame, serta layanan Point-to-Multipoint (P2MP).3. Internet Backup dari Operator LainLayanan Internet dedicated 1:1 mulai 1 Mbps hingga 1 Gbps ini mampu melakukan pembagian trafik domestik dan internasional dengan fleksibel. Pengguna pun akan memperoleh laporan bulanan penggunaan bandwidth. Di samping itu, layanan ini memiliki infrastruktur jaringan IP yang andal, dengan pemeliharaan non-stop 24 jam melalui prosedur eskalasi.4. MNS SD-WANTelkom memberikan solusi Managed Network Services (MNS) Software-Defined WAN dengan kemudahan berupa kontak tunggal untuk aktivasi serta manajemen dan assurance sistem IT pelanggan, dalam mengintegrasikan berbagai model network link untuk layanan data di lokasi data center serta stakeholder lain sesuai lingkup proyek.Siapa yang Membutuhkan SD-WAN?Dengan mengadopsi layanan SD WAN Telkom yang memiliki node akses di seluruh Indonesia, pelanggan akan menikmati:Layanan mulai 64 kbps hingga 1 Gbps dalam satu sirkitBerbagai tipe aplikasi dengan kualitas yang tinggiJaminan kerahasiaan data dan sekuritas jaringan, berdasarkan sertifikasi ISMS (ISO 27001) dan sertifikasi EANTCMonitoring, diagnosis, dan pengelolaan jaringan secara real-timeFitur VPN Instan yang memungkinkan sistem informasi internal perusahaan dapat diakses secara remote melalui media Internet dengan aman dan mudahProduk berkualitas tinggi dengan biaya kompetitif dan gratis koneksi VPN instanBundling WAN dengan network merupakan solusi yang sesuai bagi industri perbankan yang membutuhkan kesiapan semua perangkat maupun suku cadang terkait penyediaan WAN, pemeliharaan atau perawatan penuh suku cadang dang bantuan tenaga ahli, layanan relokasi jaringan dan perangkat apabila kantor cabang mengalami relokasi, preventive maintenance dengan laporan empat kali dalam setahun, serta monitoring dan laporan performansi disertai availability layanan sesuai SLA (99,95%). Selama masa berlangganan, tersedia juga jaminan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi dari Telkom.
Jun 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Telkom-Indonesia-Dukung-Digitalisasi-Smart-Poultry-Farming-Sreeya.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Telkom Indonesia Dukung Digitalisasi Smart Poultry Farming
Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara penghasil ayam terbesar di dunia yang berada pada urutan keenam dengan produksi mencapai 3.4 juta ton per Tahun. Namun di sisi lain, peternak ayam sangat rentan dengan berbagai kegagalan yang dapat berimbas pada bisnisnya, karena bisnis peternakan ayam rentan terhadap resiko kerugian yang sangat bergantung pada faktor internal (produktivitas, tingkat kematian ternak) maupun faktor eksternal (harga input dan harga output).Dengan implementasi Smart Poultry Farming diharapkan resiko kegagalan dapat diminimalisir dan penetrasi penggunaan teknologi dalam industri agribisnis di Indonesia semakin meningkat sehingga dapat memajukan sektor agribisnis di Indonesia. Smart Poultry Farming adalah wujud nyata dari revolusi Industri 4.0 pada sektor peternakan untuk masa depan bisnis peternakan di Indonesia yang lebih baik dan berdaya saing global.Tantangan yang Dihadapi oleh Sektor PeternakanPemerintah Indonesia memiliki mimpi besar untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen pangan dunia. Ini bukan mimpi yang mudah. Banyak tantangan yang harus diselesaikan terlebih dulu sejalan dengan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh para pelaku sektor peternakan, diantaranya:Permodalan dan InvestasiModal masih menjadi tantangan utama. Peternak mengeluhkan kesulitan untuk mendapatkan investor untuk mengembangkan sektor tersebut. Tantangan ini sudah mendapat perhatian pemerintah ditandai dengan semakin bertambahnya investasi untuk sektor tersebut baik dari dalam negeri maupun asing. Peternakan ModernPemerintah mulai memperkenalkan dan mengajak peternak untuk mengubah sistem peternakan tradisional menjadi lebih modern. Tidak hanya untuk menjawab tantangan resiko kerugian, peternakan modern juga dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas dari hasil panen. Peternakan modern memungkinkan para peternak untuk menggunakan teknologi yang tepat untuk dapat melakukan monitoring terhadap hewan ternak dan kondisi kandang. Lebih jauh, peternakan modern juga meringankan beban peternak dengan menawarkan otomatisasi yang pada akhirnya akan melipatgandakan produktivitas hasil ternak. Pemasaran Hasil PanenSetelah mencapai kualitas dan kuantitas hasil panen yang diinginkan, lalu bagaimana memasarkannya? Jika terlalu banyak produk di pasaran, maka akan mempengaruhi harga jual yang dapat merugikan pelaku usaha di sektor tersebut. Jika salah penanganan dalam proses distribusi, maka akan mempengaruhi kondisi hasil panen saat sampai di tangan konsumen.Tantangan Menghadirkan Inovasi yang Dilakukan oleh Telkom IndonesiaMelihat berbagai tantangan yang dihadapi oleh sektor peternakan dan dengan adanya pemahaman bahwa teknologi merupakan masa depan, Telkom tentunya terus melakukan inovasi untuk menghadirkan teknologi yang tepat guna untuk membantu menghadapi tantangan yang ada, sehingga dapat mewujudkan salah satu rencana jangka panjang pemerintah Indonesia, yaitu menjadikan Indonesia sebagai produsen pangan dunia. Telkom Indonesia tidak hanya BUMN yang fokus pada bidang telekomunikasi, tetapi kini juga telah bertransformasi menjadi digital telco terdepan di Indonesia. Telkom juga telah membuktikan bahwa beragam inovasi teknologi yang dimiliki dapat dimanfaatkan sebagai solusi digitalitasasi di sektor peternakan. Salah satunya, yaitu dengan melakukan sinergi untuk mendukung pengembangan inovasi Smart Poultry Farming yang mendigitalisasi proses bisnis di PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk atau Sreeya.PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor peternakan sejak tahun 1985. Awalnya, perusahaan ini fokus pada peternakan ayam, penyediaan ayam potong dan makanan beku berbahan dasar ayam. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini terus berkembang hingga menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerapkan halal blockchain pada prosedur pemotongan ayam. Dengan berbagai tantangan yang ada, PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk melakukan digitalisasi pada setiap lini usaha yang difokuskan pada pengembangan teknologi baru mulai dari hulu hingga ke hilir.Dalam hal ini, Telkom Indonesia hadir dengan solusi Smart Poultry Farming dimana seluruh bagian dari peternakan akan diintegrasikan mulai dari proses pengelolaan hewan ternak hingga hasil panen dengan fokus utama untuk meningkatkan produktivitas pada fasilitas farm dan rumah potong. Inovasi yang dilakukan oleh Telkom Indonesia menawarkan empat keuntungan utama bagi PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk, yaitu:Pengelolaan PeternakanSmart Farming Poultry yang dibangun oleh Telkom Indonesia dengan menggunakan berbagai teknologi dan layanan mengubah pengelolaan peternakan. Dari peternakan tradisional menjadi peternakan modern di mana seluruh kegiatan operasional di-monitoring secara real time. Dengan dashboard management, PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk dapat melakukan pengawasan terhadap hewan ternak dan kondisi kandang sepanjang waktu. Sensor-sensor yang diletakkan pada kandang dan berbagai lokasi lainnya akan memberikan informasi jika terdeteksi hal-hal yang bersifat urgent, sehingga tindakan preventif dapat dilakukan lebih cepat untuk menghindari kerugian dalam jumlah besar. Data-data tersebut juga akan disimpan di cloud sehingga dapat diolah dan dianalisis sesuai dengan kebutuhan dan target di masa depan. Sistem OtomatisasiSelain menggunakan sensor untuk memantau kondisi hewan dan kandang, kerjasama antara Telkom Indonesia dan PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk juga meliputi sistem otomatisasi, seperti Fan Controlling & Automation yang diletakkan di kandang. Dengan memanfaatkan teknologi IoT atau Internet of Things, Telkom Indonesia meletakkan sensor-sensor di beberapa titik penting untuk memantau suhu, kelembaban, penerangan, karbon monoksida, amonia serta kecepatan angin. Data dari berbagai sensor tersebut akan diintegrasikan dan disimpan di cloud untuk diolah dan dianalisis. Adanya otomatisasi ini, membuat kondisi kandang menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat dengan mudah dimonitor. Kualitas dan Kuantitas Hasil TernakPengelolaan peternakan modern dan sistem otomatisasi pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ternak. Kualitas hewan ternak meningkat karena sepanjang waktu kondisi hewan ternak dan kandang serta lingkungan sekitar dalam pantauan yang memungkinkan dilakukan penyesuaian jika dibutuhkan. Tidak hanya kualitas, kuantitas dari hasil ternak juga akan ikut meningkat.Dengan berbagai inovasi teknologi dan layanan, Telkom Indonesia memiliki komitmen untuk terus berupaya mendukung dan mendorong pengembangan sektor peternakan yang lebih inovatif dan adaptif terhadap kemajuan teknologi.
Jun 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Smart-Water-Meter-dari-Telkom-Indonesia-Solusi-Bagi-Perusahan-Pengelolaan-Air.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Meningkatkan Layanan Pengelolaan Air dengan Smart Water Meter
Air merupakan salah satu kebutuhan vital kehidupan yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Keberadaan perusahaan pengelolaan air merupakan sebuah keharusan karena saat ini air yang tersedia tidak dapat digunakan secara langsung disebabkan oleh berbagai alasan seperti terkontaminasi mineral berbahaya atau tercemar oleh kondisi lingkungan serta berbagai alasan lainnya. Di Indonesia, air bersih dikelola oleh perusahaan milik negara yang pada pelaksanaannya dipecah ke dalam perusahaan milik daerah yang menaungi kawasan-kawan lebih kecil seperti kota, kabupaten atau provinsi.Salah satunya adalah PT. Tirta Asasta yang merupakan perusahaan pengelola air untuk kota Depok. Seperti arti namanya, air kesejahteraan, kehadiran PT Tirta Asasta ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Depok melalui penyediaan air bersih sebagai salah satu kebutuhan hidup utama. Sayangnya, serupa dengan beberapa perusahaan pengelolaan air di Indonesia, PT Tirta Asasta juga dihadapkan para beberapa permasalahan yang cukup kompleks. Permasalahan tersebut di antaranya kebocoran pipa, non-revenue water, serta perhitungan dan pencatatan penggunaan air oleh konsumen yang masih dilakukan secara konvensional dan membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah besar dengan angka kegagalan yang cukup tinggi. Kebocoran pipa merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Air dialirkan dengan menggunakan pipi panjang dari pusat pengelolaan sebelum digunakan oleh konsumen. Tentu tidak mudah untuk melakukan perawatan terhadap pipa-pipa tersebut. Dan lebih tidak mudah lagi untuk melakukan pendeteksian terhadap kebocoran apabila tidak didukung oleh teknologi yang tepat guna. Biasanya kebocoran pipa baru diketahui setelah terjadi dalam jumlah besar. Untuk menangani kebocoran ini, PT Tirta Asasta harus menghentikan penyaluran air ke area yang diduga terjadi kebocoran. Penghentian aliran air ini dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama. Selain merugikan konsumen, hal seperti ini juga akan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar untuk PT Tirta Asasta. Tidak hanya itu, kebocoran pipa juga memunculkan masalah lainnya yaitu non-revenue water atau air yang tidak membawa keuntungan. Kebocoran membuat air terbuang percuma karena tidak sampai ke tangan konsumen. Kerugian lain yang dapat disebabkan oleh kebocoran ini adalah menyebabkan melonjaknya tagihan konsumen sehingga menyebabkan komplain yang akan merusak citra perusahaan PT Tirta Asasta selaku perusahaan pengelolaan air.Pengukuran yang masih dilakukan secara konvensional di mana seorang petugas akan mendatangi konsumen satu kali setiap bulan untuk melakukan pencatatan juga permasalahan yang harus segera ditemukan solusinya. Proses pencatatan ini tidak selalu berlangsung dengan mulus karena berbagai kendala di lapangan seperti kondisi rumah yang terkunci, pagar yang terlalu tinggi, posisi meter yang tidak mudah dijangkau atau tertutupi oleh tanaman dan lain hal. Kendala dalam pencatatan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar dan terus menerus.Seperti yang sudah disebutkan ini merupakan masalah yang cukup kompleks dengan urgensi untuk ditangani secepat mungkin atau PT Tirta Asasta akan terus menerus mengalami kerugian yang menghambat perusahaan untuk berkembang dan melakukan pembenahan layanan. Salah satu solusi yang digunakan PT Tirta Asasta untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah Smart Water Meter dari Telkom Indonesia. Perkembangan Teknologi Menghadirkan Smart Water Meter Sebagai SolusJIka dikerucutkan, permasalahan yang dihadapi oleh PT Tirta Asasta disebabkan oleh pengawasan yang hanya dapat dilakukan secara terbatas. PT Tirta Asasta tidak dapat melakukan pengawasan secara dekat, menyeluruh dan real-time. Ketidakmampuan ini merupakan sumber permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya. Jika hal ini dapat diselesaikan maka akan menjadi solusi bagi permasalahan utama yang dihadapi oleh PT Tirta Asasta kota Depok. Seperti di bidang lain, teknologi merupakan solusi terbaik yang dimiliki oleh PT Tirta Asasta. Perkembangan teknologi menghadirkan Smart Water Meter. Sama seperti teknologian lain yang memiliki kata "smart" di depannya, Smart Water Meter juga berarti water meter yang  dilengkapi dengan berbagai teknologi seperti Internet of Things yang membuat perangkat Smart Water Meter dapat melakukan pengawasan secara otomatis dan real-time. Jika pengawasan dilakukan secara otomatis dan sepanjang waktu maka PT Tirta Asasta akan mendapatkan data secara real-time. Tidak hanya data terkait penggunaan air oleh konsumen, PT TIrta Asasta juga akan mendapatkan data yang berhubungan dengan tekanan air dan sebagainya. Dengan adanya informasi ini, PT Tirta Asasta dapat mendeteksi kebocoran pada pipa sejak dini sehingga dapat melakukan penanganan secara cepat dan tepat. Tetapi tidak hanya itu alasan mengapa PT Tirta Asasta memilih untuk menggunakan Smart Water Meter. Teknologi ini menawarkan banyak keuntungan, beberapa yang utama di antaranya:Efisiensi dan Penghematan Hanya dengan menggunakan Smart Water Meter maka PT Tirta Asasta dapat melakukan efisiensi dan penghematan. PT Tirta Asasta dapat melakukan penghematan dari segi biaya karena sekarang semua dilakukan secara otomatis sehingga tidak lagi diperlukan sumber daya manusia dalam jumlah besar untuk melakukan pencatatan secara manual. Smart Water Meter juga secara signifikan mengurangi angka konsumen yang tidak melakukan pembayaran karena kegagalan dalam proses pencatatan meter air disebabkan berbagai kendala di lapangan. Otomatisasi juga menyebabkan penghematan waktu dan energi. Andal dengan Akurasi TinggiSmart Water Meter dapat diandalkan karena dilengkapi dengan dashboard management yang dapat digunakan perusahaan untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh data yang masuk secara real-time. Data yang didapat juga memiliki akurasi lebih tinggi daripada metode konvensional yang digunakan sebelumnya. Dengan data yang dihasilkan oleh Smart Water Meter, dengan menggunakan pengolahan data yang tepat maka perusahaan pengelolaan air dapat mengambil keputusan yang lebih baik dari sebelumnya juga menghadirkan layanan yang lebih sesuai dan tepat bagi konsumen. Kustomisasi dan personalisasiTeknologi yang digunakan dalam Smart Water Meter memungkinkan PT Tirta Asasta untuk melakukan kustomisasi atau penyesuaian baik saat pemasangan maupun di masa depan. Dengan kemampuan penyesuaian ini perusahaan dapat menggunakan Smart Water Meter sesuai dengan kebutuhan tanpa harus menyia-nyiakan sumber daya. Di kemudian hari, jika dibutuhkan maka perusahaan dapat melakukan peningkatan baik pelayanan maupun ukuran ruang penyimpanan seperti cloud dan semacamnya. Tidak hanya itu, dengan berbagai jenis data yang dapat dikumpulkan oleh Smart Water Meter, PT Tirta Asasta dapat melihat kebiasaan dari konsumen yang dapat diolah menjadi penawaran yang berbeda kepada setiap konsumen disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka. Penawaran yang dikustomisasi seperti ini akan meningkatkan loyalitas dari konsumen karena memberikan kesan setiap konsumen itu penting bagi PT Tirta Asasta.Telkom Indonesia Menggunakan Teknologi Terbaik Untuk Smart Water MeterSmart Water Meter dari Telkom Indonesia menjadi pilihan terbaik bagi PT Tirta Asasta karena layanan ini dihadirkan oleh Telkom Indonesia dengan menggunakan berbagai teknologi terbaik yang dimiliki. Beberapa teknologi yang digunakan untuk menghadirkan layanan ini adalah: Internet of Things (IoT)Smart Water Meter secara sederhana berarti perangkat water meter yang dapat berkomunikasi dan berbagi data dengan menggunakan jaringan. Yang membuat hal ini mungkin terjadi adalah teknologi yang disebut Internet of Things atau IoT. Telkom Indonesia menggunakan modul komunikasi Cyble yang dirancang untuk memenuhi persyaratan semua utilitas pengelolaan air. Modul komunikasi ini yang akan mengumpulkan data konsumsi penggunaan air dan mengirimkannya ke jaringan LoRaWAN yang pada akhirnya akan dapat diakses melalui dashboard monitoring di perusahaan. LoRaWANIni merupakan singkatan dari Long Range Wide Area Network yang merupakan sistem komunikasi nirkabel jarak jauh untuk perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). Saat ini LoRaWan milik Telkom Indonesia sudah tersebar ke seluruh tanah air dengan gateway yang terpasang lebih dari 592 titik dari Sabang hingga Merauke.Antares IoT PlatformTeknologi ini masih berkaitan dengan LoRaWAN. Antares IoT Platform merupakan platform yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia dengan sertifikasi internasional dari OneM2M yang berarti platform ini dapat mengakomodasi protokol internasional dan standar teknis guna memastikan interoperabilitas serta konektivitas tanpa batas untuk setiap perangkat yang akan diintegrasikan dengan perangkat IoT. Dashboard MonitoringSmart Water meter dari Telkom Indonesia dilengkapi dengan dashboard yang dapat digunakan oleh PT Tirta Asasta untuk melakukan pengawasan dan pengolahan data. Selain itu Telkom Indonesia juga menyediakan layanan Contact Center yang dapat dihubungi oleh perusahaan pengelolaan air yang menggunakan layanan Smart Water Meter jika terjadi kendala atau kerusakan. Layanan ini akan menyelesaikan kendala, gangguan dan kerusakan yang terjadi secepat mungkin agar perusahaan tidak perlu menghentikan penyaluran air bersih ke masyarakat. Tidak hanya itu, Telkom Indonesia sebagai BUMN di bidang telekomunikasi dan teknologi terus berinovasi dan memaksimalkan berbagai teknologi terkini untuk menghadirkan produk dan layanan. Begitu pula dengan Smart Water Meter yang akan terus mengalami inovasi dan perubahan seiring perkembangan teknologi. Hal ini dilakukan agar Indonesia terus bergerak menjadi negara maju dengan pemanfaatan teknologi. 
Mar 06, 2023
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Pijar-Sekolah,-Api-Semangat-Baru-dalam-Dunia-Pendidikan.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Pijar Sekolah, Api Semangat Baru dalam Dunia Pendidikan
Pendidikan merupakan hak dasar seorang manusia dan harus dipenuhi oleh negara. Tidak ada seorang pun yang membantah pernyataan ini. Negara setuju dan menghadirkan program wajib belajar bagi seluruh penduduk. Selain itu, pendidikan juga merupakan salah satu instrumen utama untuk mengurangi bahkan mengakhiri kemiskinan ekstrem. Pendidikan juga salah satu faktor agar negara dapat bergerak maju. Sayangnya, serupa dengan industri lain, pendidikan juga menghadapi berbagai tantangan yang sangat kompleks. Selain masalah kurikulum yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan karena belum ditemukannya kurikulum yang tepat untuk diimplementasikan, industri pendidikan juga dihadapkan pada tantangan dalam bidang pengelolaan data. Industri pendidikan salah satu industri yang memiliki data dalam jumlah besar. Mulai dari data siswa, data pelajaran, data penilaian, dan berbagai data lainnya. Tentu saja tidak mudah mengelola semua data ini. Selain dibutuhkan tenaga dan waktu yang cukup banyak juga dibutuhkan keterampilan serta kompetensi dari para pelakunya. Ini tentu menambah beban para pelaku industri ini terutama para guru dan pengajar. Fokus mereka akan terpecah yang disadari atau tidak akan berdampak pada proses belajar mengajar. Telkom Indonesia menyadari kalau tantangan ini dapat diselesaikan dengan penerapan teknologi tepat guna. Berbekal komitmen untuk mengambil bagian dari kemajuan Indonesia, Telkom Indonesia menghadirkan solusi yaitu sistem Pengelolaan Sekolah yaitu Pijar Sekolah. Modernisasi Pengelolaan Sekolah dengan Solusi DigitalPerkembangan teknologi yang masif menghadirkan begitu banyak potensi untuk dimanfaatkan dalam berbagai sektor dan bidang dalam kehidupan manusia. Salah satunya tentu saja industri pendidikan yang merupakan salah satu industri penting dewasa ini. Pijar Sekolah merupakan aplikasi yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia untuk membantu sekolah dalam melakukan pengelolaan manajemen sistem informasi sekolah secara digital dan terintegrasi. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan data yang dimiliki oleh sekolah dapat dikelola secara digital dan terpusat sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien yang pada akhirnya tidak hanya menguntungkan sekolah dan para guru tetapi juga konsumen utama dari industri ini yaitu para murid. Manfaat lain yang akan didapat oleh sekolah jika menggunakan Pijar Sekolah adalah: Data Dikelola Secara Digital dan TerintegrasiSalah satu tantangan utama yang dihadapi oleh sekolah adalah banyaknya data yang harus dikelola. Proses pengelolaan ini meliputi pencatatan, pengarsipan dan berbagai tahapan lain yang memakan waktu serta membutuhkan kompetensi tertentu. Dengan menggunakan Pijar Sekolah maka hal ini dapat dilakukan dengan lebih efisien. Melalui Modul Sistem Informasi Management (SIM) Sekolah dapat dengan mudah mengelola seluruh data yang dimiliki mulai dari data sekolah, guru, murid, nilai serta data penting lainnya. Semua data ini nantinya akan tersimpan secara digital dan terpusat sehingga dapat diakses oleh siapa saja jika dibutuhkan. Proses Belajar Mengajar yang FleksibelPandemi mengubah banyak hal dalam hidup. Salah satunya adalah hadirnya proses belajar mengajar secara daring menggantikan proses belajar mengajar secara tatap muka. Tetapi peralihan ini tidak akan berjalan mulus jika sekolah masih menggunakan pengelolaan secara manual. Jika sekolah menggunakan Pijar Sekolah maka peralihan ini akan lebih mulus. Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah Modul Pembelajaran Digital yang dapat diakses dari mana saja oleh para guru dan murid. Jika sebelumnya para guru harus menggunakan aplikasi lain untuk mengajar atau memberikan tugas, sekarang hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi. Ini tentu memudahkan dan meningkatkan efisiensi. Lebih Akurat Mengukur Kompetensi MuridPijar Sekolah selain mengelola data secara digital dan menyediakan modul yang dapat diakses dari mana saja, aplikasi ini juga memungkinkan para murid untuk melatih kompetensinya dengan mengerjakan latihan soal di Modul ujian. Selain itu, Pijar Sekolah juga memudahkan pelaksanaan ujian. Ditambah dengan penilaian yang langsung terintegrasi dengan data lainnya membuat para guru dapat mengukur kompetensi siswa dengan lebih mudah dan lebih akurat dari sebelumnya. Pijar Sekolah, Solusi Digital Terbaik Dari sekian banyak tantangan yang dihadapi oleh industri pendidikan, mengubah sistem yang selama ini dari manual menjadi digital adalah hal yang harus segera dilakukan. Menjadi digital berarti sekolah sudah menyelesaikan setengah dari tantangan yang dihadapi selama ini. Lantas, mengapa harus Pijar Sekolah? Selain karena ini merupakan aplikasi dari Telkom Indonesia yang memiliki sumber daya manusia terbaik di bidangnya, sekolah harus menggunakan aplikasi ini karena:Didukung Teknologi TerbaikTelkom Indonesia terus memegang teguh komitmen untuk menjadi bagian dari kemajuan Indonesia sehingga aplikasi Pijar Sekolah ini didukung oleh berbagai teknologi terbaik yang ada di Telkom Indonesia. Selain itu aplikasi ini juga didukung oleh sumber daya manusia terbaik yang tidak berhenti melakukan pengembangan dari teknologi yang sudah ada.Bisa Digunakan Kapan SajaMenyadari kalau aplikasi ini akan digunakan oleh orang dengan berbagai background dan pemahaman yang berbeda terhadap teknologi maka Pijar Sekolah dihadirkan untuk dapat digunakan oleh siapa saja. Tentu ini kabar baik karena berarti baik murid sekolah dasar sampai orang tua dengan pemahaman teknologi rendah dapat menggunakan aplikasi ini. Dilengkapi dengan Modul MenarikPijar Sekolah dilengkapi dengan berbagai modul yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sekolah secara modern. Modul-modul ini dihadirkan dengan menarik tetapi masih mudah untuk digunakan sehingga tidak memberatkan para penggunakan.Dengan berbagai fitur menarik, Pijar Sekolah diharapkan dapat menjadi solusi untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri pendidikan yang pada akhirnya akan meningkatkan sumber daya manusia yang dihasilkan. Hanya dengan pendidikan negara ini dapat bersaing dengan negara lainnya. 
Dec 30, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2023 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.