MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

MyTEnS Insight Industri

Temukan bagaimana produk MyTEnS bantu dukung dan tingkatkan bisnis di banyak perusahaan.

Artikel

Lihat Semua Artikel
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Pentingnya-Dedicated-Internet-bagi-Bisnis-Anda.jpeg?tr=w-640
Artikel
Pentingnya Dedicated Internet bagi Bisnis Anda
Pandemi mengubah banyak hal termasuk bagaimana bisnis dan usaha dijalankan. Walau banyak dampak negatif, pandemi juga membawa dampak positif. Salah satunya adalah terbukanya kemungkinan baru dengan jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk kolaborasi dan bekerja sama. Jika sebelum pandemi kita terbiasa dengan kegiatan yang membutuhkan tatap muka, sekarang hampir semua kegiatan usaha dapat dilakukan secara virtual. Ini menyadarkan banyak orang bahwa sejak ada internet maka jarak seharusnya tidak lagi menjadi masalah. Dengan pertemuan virtual dan berbagai cara lainnya kolaborasi lintas kota bahkan negara menjadi sesuatu yang mungkin dan mudah untuk dilakukan. Mendunia dengan Dedicated Internet sebagai Mitra UsahaSalah satu langkah awal untuk mengembangkan usaha Anda adalah dengan memiliki mitra dedicated internet yang dapat diandalkan. Hal ini penting untuk memastikan komunikasi dan kolaborasi Anda dengan mitra usaha yang berada di luar kota dan di luar negeri tetap berjalan lancar tanpa adanya halangan. Dedicated internet merupakan jaringan koneksi internet yang menyediakan jalur berbeda untuk setiap penggunanya. Dengan kata lain jika menggunakan layanan dedicated internet maka Anda adalah satu-satunya pengguna di jalur tersebut sehingga kecepatan dan kestabilan koneksi internet tetap terjaga sepanjang penggunaan. Perbedaan Mengunakan Dedicated Internet dengan Broadband Internet di antaranya: KecepatanDedicated internet menyediakan jalur khusus untuk penggunanya sehingga menawarkan kecepatan yang lebih baik daripada broadband internet. KualitasKarena menyediakan jalur khusus untuk setiap pengguna maka penyedia layanan dedicated internet memiliki server yang lebih baik dan andal. KejelasanDedicated internet juga menawarkan kejelasan atau clarity yang lebih baik untuk foto, video dan kualitas suara. Keuntungan Menggunakan Dedicated Internet untuk Usaha AndaMenggunakan dedicated internet untuk jangka panjang adalah sebuah keuntungan. Selain memastikan komunikasi dan kolaborasi Anda dapat berjalan tanpa gangguan berarti, menggunakan dedicated internet juga menawarkan beberapa keuntungan lain, yaitu: Keamanan jaringan yang lebih baikDalam bisnis tentu keamanan adalah hal krusial yang harus diperhatikan. Ada banyak data sensitif dan dokumen yang harus dijaga kerahasiaannya demi keberlangsungan usaha Anda. Menggunakan layanan dedicated internet juga meningkatkan keamanan jaringan Anda karena jalur yang Anda gunakan dikhususkan hanya untuk Anda tanpa adanya pengguna lain. Jaminan bandwidthKoneksi internet yang lambat merupakan salah satu masalah utama dalam bisnis terutama sekarang ini karena banyak kegiatan yang dilakukan secara virtual. Walau terkesan remeh tetapi dalam bisnis, koneksi lambat dapat menurunkan kinerja perusahaan. Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan layanan dedicated internet. Kecepatan Upload dan DownloadKolaborasi berarti banyak data yang akan diunggah dan diunduh dalam prosesnya. Dedicated internet memastikan kecepatan internet Anda selalu stabil sehingga proses mengunggah dan mengunduh data akan lebih cepat daripada menggunakan broadband internet atau jaringan berbagi lainnya. Dukungan Layanan PelangganHampir semua penyedia layanan dedicated internet memiliki layanan pelanggan yang dapat diakses oleh pengguna ketika menemukan masalah. Tidak hanya itu, kebanyakan dari penyedia layanan dedicated internet biasanya memberikan jaminan berapa lama perbaikan dari setiap masalah yang mungkin Anda hadapi. Hal terpenting dari menggunakan layanan dedicated internet adalah memilih penyedia layanan yang dapat diandalkan. Telkom Indonesia menawarkan layanan dedicated internet yang selalu dapat diandalkan untuk memastikan bisnis Anda berjalan lancar. 
Oct 23, 2022

Artikel

Nono Menjadi Bukti Pentingnya Internet Cepat di Indonesia

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada bulan Februari 2022, sebanyak 12.548 desa dan kelurahan di Indonesia belum memiliki akses internet 4G. Data ini juga menginformasikan kalau sebanyak 150.000 titik layanan publik di Indonesia belum mendapatkan akses internet yang memadai. Tentu ini merupakan sesuatu yang disayangkan mengingat perkembangan teknologi yang terus melaju dan mulai masuknya teknologi 5G. Hal ini disebabkan tidak meratanya pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Saat ini, masih banyak yang beranggapan kalau akses internet cepat dan stabil bukan sesuatu yang harus menjadi perhatian pemerintah, tentu saja pendapat ini salah. Di era saat ini, internet merupakan salah satu kebutuhan pokok. Internet cepat dan stabil tidak hanya untuk memperlancar komunikasi tetapi juga membuka serta memberikan kesempatan yang sama tanpa mempermasalahkan lokasi. Salah satu contohnya adalah apa yang telah berhasil diraih oleh Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau yang lebih akrab disapa Nono. Siswa SD asal Kupang, Nusa Tenggara Timur yang berhasil menjuarai International Abacus World Competition 2022. Kompetisi matematika tingkat dunia ini diikuti oleh Nono secara daring. Tanpa harus ke luar kota atau ke luar negeri, Nono mengikuti kompetisi ini dan berhasil meraih juara pertama dan mengharumkan nama Indonesia. Ternyata ini bukan pertama kalinya Nono mengikuti kompetisi ini. Pada tahun 2021, Nono sudah mengikuti kompetisi tersebut tetapi gagal meraih juara pertama. Kendala teknis yang disebabkan oleh koneksi internet yang lambat membuat Nono yang memiliki kesempatan menjadi juara pertama harus berpuas diri dengan menjadi juara ketiga. Baru di tahun 2022, Nono berhasil menjadi juara pertama. Ini merupakan bukti betapa pentingnya internet cepat dan stabil. Internet Dedicated untuk Memaksimalkan Potensi Para SiswaSudah banyak bisnis dan perusahaan yang menggunakan layanan internet dedicated untuk memastikan operasional berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan berarti. Tetapi masih belum banyak sekolah atau kampus yang memanfaatkan layanan internet dedicated untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh para peserta didik. Berkaca dari apa yang berhasil diraih oleh Nono, ini beberapa alasan mengapa sekolah dan kampus harus menggunakan layanan internet dedicated: Membuka Lebar Pintu Ilmu Pengetahuan dan InformasiDengan adanya internet,  sekarang siapa saja dapat mengakses berbagai pengetahuan dan informasi dengan gampang. Hanya dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari, dalam hitungan sepersekian detik pengguna internet akan dibanjiri informasi yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Para peserta didik yang haus akan pengetahuan dan informasi akan sangat terbantu jika sekolah dan kampus menggunakan layanan internet dedicated yang cepat dan stabil. Kesempatan Berkiprah di Pentas Nasional Bahkan InternasionalSebelum adanya internet, para peserta didik yang berada di daerah terpencil atau jauh dari ibukota tidak memiliki kesempatan yang sama dengan mereka yang berada di ibukota. Hal ini salah satunya disebabkan penyebaran informasi yang lambat dan tidak merata. Adanya internet cepat dan stabil membuat siapa saja dapat mengakses informasi perlombaan, kursus dan berbagai kesempatan lain dari mana dan kapan saja. Ini seperti yang sudah dilakukan oleh Nono. Semakin banyak peserta didik yang mendapatkan akses internet cepat dan stabil tentu akan menyebabkan semakin banyak yang tertarik untuk mencoba menjajal diri dengan mengikuti berbagai kompetisi dan kursus di tingkat nasional dan internasional.Memperlancar Proses Belajar MengajarBelajar dari pengalaman selama pandemi, jika proses belajar secara tatap muka tidak dapat dilakukan maka sekolah dan kampus sekarang sudah memiliki opsi lain yaitu proses belajar mengajar secara daring. Tetapi tidak hanya itu, perkembangan teknologi dengan cepat mengubah berbagai aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. Sekarang banyak sekolah dan kampus yang beradaptasi dengan menggunakan aplikasi dan Big Data untuk memudahkan proses belajar mengajar. Tanpa internet cepat dan stabil tentu hal ini tidak dapat berjalan. Menyadari banyaknya manfaat dan potensi yang dihadirkan oleh akses internet cepat dan stabil, Telkom Indonesia menghadirkan ASTINet layanan internet dedicated yang berkecepatan tinggi. Layanan ini menawarkan jaminan rasio bandwidth 1:1. ASTINet juga sudah memiliki lisensi Internet Service Provider (ISP) dan menawarkan performa terbaik sehingga dapat meningkatkan produktivitas diri dan perusahaan. Layanan ini juga sangat sesuai digunakan oleh sekolah dan kampus. Bahkan, tidak ada lagi gangguan saat cuaca sedang buruk.  Klik di sini untuk informasi mengenai ASTINet internet dedicated selengkapnya.
Oct 23, 2024

Artikel

Internet of Things, Kunci Keberhasilan Bisnis di Era 4.0

Dalam beberapa tahun terakhir, keunggulan, inovasi dan perkembangan dari Internet of Things sudah menjadi bahan pembicaraan. Teknologi yang sudah dimulai sejak tiga dekade terakhir ini terus mengalami perkembangan relatif pesat hingga saat ini. Keunggulan dan inovasi dari IoT sudah menjadi daya tarik bagi bisnis dan perusahaan.Konsep Internet of Things (IoT) memiliki dua fitur utama, yaitu: Otomatisasi, gagasan umum IoT melibatkan komunikasi langsung antar perangkat tanpa melibatkan campur tangan manusia.Konektivitas, koneksi sangat dibutuhkan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi data antar perangkat.Kedua fitur ini tentu saja membutuhkan dukungan dari berbagai teknologi untuk memastikan transfer data, analisis, dan respon otomatis antar beberapa perangkat. Penggunaan berbagai teknologi tersebut membutuhkan dukungan dari IoT. Ada beberapa manfaat IoT yang akan mempermudah aktivitas bisnis, yaitu: Pemanfaatan sumber daya dan aset yang lebih baikIoT memungkinkan dilakukannya penjadwalan dan pemantauan otomatis dengan bantuan penggunaan sensor yang saling terhubung. Tidak hanya meningkatkan efisiensi, hal ini juga dapat meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan aset perusahaan. Misalnya dengan otomatisasi, perusahaan dapat mengelola penggunaan air, listrik atau sumber daya lainnya dengan lebih baik karena tidak lagi bergantung pada manusia yang memungkinkan terjadi human error. Peningkatan keselamatan kerjaSelain itu, IoT juga dapat meningkatkan keselamatan kerja terutama di bidang operasional yang biasanya rentan kecelakaan kerja. Dengan IoT, mesin dapat bekerja secara otomatis dan fungsi pekerja berubah menjadi pengawas sehingga tidak perlu langsung berinteraksi dengan mesin yang akan meningkatkan keamanan di lingkungan pekerjaan. Sudah banyak perusahaan yang membuktikan bahwa angka kecelakaan kerja berkurang sejak menerapkan Internet of Things. Tentu ini kabar baik bagi perusahaan karena kondisi kerja yang aman akan meningkatkan ketertarikan investor, mitra, bahkan sumber daya manusia untuk terlibat dalam bisnis atau perusahaan. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaanSebelum ada IoT, peningkatan produktivitas kerja berbanding lurus dengan penambahan tenaga kerja, solusi IoT memungkinkan bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tanpa harus menambah pegawai sebanyak sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa pekerjaan dapat dilakukan secara otomatis sehingga sumber daya manusia hanya bertanggung jawab untuk pekerjaan yang lebih kompleks atau bersifat sebagai pengawas pekerjaan yang dilakukan oleh mesin. Ada banyak pemanfaatan dari IoT yang akan memberikan keuntungan bagi bisnis. Mulai dari meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Tetapi perusahaan tentu tidak bisa sembarangan menerapkan teknologi ini. Jika diterapkan tanpa perhitungan yang matang dan penyedia jasa yang mumpuni, maka teknologi ini tidak akan mendatangkan keuntungan sebesar yang seharusnya. Telkom Indonesia menghadirkan Platform IoT yang berkomitmen untuk membantu perusahaan di Indonesia menerapkan teknologi ini ke dalam bisnis. Tidak hanya menyediakan teknologi IoT, Telkom Indonesia terus berinovasi dan memperbaiki teknologi yang mereka miliki agar memberikan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan yang bekerja sama dengan salah satu BUMN terkemuka di Indonesia ini. 
Oct 23, 2024

Artikel

Big Data, Teknologi yang Mampu Mengubah Bisnis dan Perilaku Konsumen

Big Data adalah data dalam jumlah besar yang tidak dapat diproses dan dianalisis jika menggunakan cara konvensional. Berbeda dengan metode analisis menggunakan sampel data, Big Data akan mengelola seluruh data yang dikumpulkan secara komprehensif dan profesional untuk mendapatkan informasi berkualitas.Saat ini, Big Data sudah digunakan secara luas dan secara bertahap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis. Analisis yang dihasilkan oleh Big Data juga sudah space menjadi salah satu alat pemasaran yang efisien karena   lebih akurat mengenali kebiasaan pelanggan atau customer behaviour. Akurasi yang lebih tinggi ini tentu didapat dari banyaknya data yang dikumpulkan, diproses, dan dianalisis oleh Big Data. Selain lebih akurat, Big Data ternyata juga dapat mengubah kebiasaan pelanggan. Beberapa kebiasaan yang berubah dan memberikan efek yang cukup signifikan adalah:Pelanggan Menjadi Lebih RasionalSebelumnya, pelanggan hanya mendapatkan informasi sebatas iklan atau promosi yang diberikan oleh produsen. Sangat berbeda dengan kondisi saat ini, pelanggan dapat mencari tahu tentang sebuah produk secara detail dan mendalam melalui internet dan Big Data. Tidak hanya sebatas mencari tahu, tetapi banyak pelanggan yang berbagi ulasan terkait penggunaan produk yang mereka beli ke media sosial atau blog sehingga calon pembeli mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jujur. Kemudahan ini membuat pelanggan menjadi lebih rasional dalam menentukan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Perubahan kebiasaan ini mengharuskan bisnis dan perusahaan untuk memberikan informasi terkait produk yang dapat meningkatkan awareness serta membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Naiknya Permintaan PelangganAwalnya kebiasaan pelanggan berubah dari berbelanja di toko menjadi berbelanja secara daring. Kebiasaan ini ternyata membentuk fenomena baru, yaitu pelanggan merasa lebih nyaman dalam berbelanja daring karena untuk membeli produk yang dibutuhkan mereka tidak harus ke toko atau keluar rumah tetapi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Belum lagi, Big Data membuat semua iklan yang mereka dapatkan sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan riwayat pencarian mereka. Ini tentu menyebabkan meningkatnya permintaan karena berbelanja menjadi lebih mudah,Kepercayaan Pelanggan Terhadap Iklan di Media Sosial MeningkatDulu, pelanggan lebih mempercayai ulasan mengenai produk yang ingin dibeli, terlebih jika ulasan itu berasal dari selebritas media sosial. Big Data mengubah kebiasaan itu. Seiring transformasi digital, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan iklan di media sosial dengan semakin banyak perusahaan yang memiliki akun media sosial. Tidak hanya untuk beriklan, akun media sosial perusahaan ini digunakan untuk terhubung dengan pelanggan. Ini membuat pelanggan merasakan hubungan mendalam dengan perusahaan, dimana pelanggan dapat langsung berkomunikasi jika memiliki keluhan atau hal yang ingin ditanyakan terkait produk. Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, Big Data membuat iklan yang ditemukan setiap pelanggan berbeda karena sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka. Ketiga kebiasaan baru pelanggan di atas merupakan bukti bagaimana Big Data mengubah tidak hanya bisnis tetapi juga pelanggan. Ini menegaskan kalau bisnis dan perusahaan harus segera menggunakan teknologi Big Data untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta mendapatkan keuntungan bisnis yang terus meningkat. Salah satu penyedia layanan Big Data terbaik bagi bisnis dan perusahaan adalah Telkom Indonesia. Selain memahami customer behavior, layanan Big Data Telkom Indonesia menghadirkan kemudahan bagi perusahaan atau organisasi Anda untuk membangun dan mengembangkan data warehouse, mengintegrasikan berbagai data dari sumber dan format berbeda, serta melakukan analisis data dengan visualisasi informasi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan. Layanan Big Data dari Telkom Indonesia merupakan layanan yang menyediakan platform dan solusi end-to-end. Layanan ini memberikan benefit untuk mendukung transformasi digital perusahaan dengan mengolah data kompleks menjadi insight baik berupa informasi atau laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan serta pemerintah atau organisasi lainnya. Ini merupakan layanan terpadu atas berbagai teknologi terbaik yang menawarkan solusi Big Data terlengkap bagi perusahaan dan organisasi. Fitur yang ditawarkan mulai dari mengumpulkan sampai menganalisis data bahkan menawarkan insight terbaik. Dengan Big Data Telkom, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan lebih baik dan tepat sasaran. Sekarang saatnya meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan platform Big Data Telkom. Klik disini untuk informasi lebih lanjut. 
Oct 23, 2024

Riset Bisnis

Lihat Semua Riset Bisnis
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Peran-Internet.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Sejauh Mana Peran Internet untuk Bisnis Perusahaan?
Menggali manfaat Internet menjadi salah satu hal yang mampu mendukung keberhasilan suatu bisnis. Terlebih jika perusahaan menjalankan usaha di era serba digital seperti saat ini. Koneksi Internet pun menjadi suatu hal yang krusial. Melalui peran Internet pulalah suatu perusahaan dapat menemukan para kandidat terbaik untuk mengisi sumber daya manusia, memperoleh hasil analisis produk dan pasar, menjaring calon pelanggan, mengirim maupun menerima dokumen, maupun mengumpulkan serta menyebarkan informasi.Manfaat Internet yang Penting bagi PerusahaanBerikut ini lima manfaat Internet yang krusial dalam membangun, menjalankan, serta mengembangkan suatu perusahaan.1. Mempermudah rekrutmen sumber daya manusiaSaat ini, Anda bisa dengan mudah mengiklankan lowongan kerja untuk mencari kandidat terbaik bagi berbagai posisi jabatan pada perusahaan. Anda bisa mem-posting lowongan tersebut pada situs pencari kerja, website perusahaan, hingga akun media sosial resmi perusahaan. Beberapa proses rekrutmen pun sudah bisa dilakukan secara online, misalnya untuk tahap wawancara. Tentunya peran Internet di sini membawa kemudahan dan efisiensi biaya.2. Membantu analisis produk dan pasarInternet menjadi kunci dalam memulai bisnis. Salah satunya untuk menemukan referensi dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semudah membalikkan telapak tangan, Anda bisa menggali berbagai informasi melalui situs resmi kompetitor, portal berita, hingga blog. Selain itu, Anda pun dapat mulai melakukan analisis pasar, mulai dari skala terkecil seperti melakukan survey atau polling online.3. Membangun jaringan pelangganMencari pelanggan tidak harus dilakukan secara hard-selling. Anda juga dapat menggunakan teknik soft-selling, misalnya dengan membuat blog maupun forum online yang memungkinkan publik untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman. Melalui wadah ini, perusahaan dapat mulai mengidentifikasi pilihan pelanggan dan menentukan strategi pemasaran misalnya. Selain itu, karena sifatnya online, forum maupun blog ini bisa diakses tanpa batasan jarak dan waktu.4. Mendukung pertukaran dokumenEntah itu saling berkirim dokumen di level internal perusahaan maupun eksternal yang melibatkan klien maupun pelanggan, Anda bisa melakukannya secara mudah dengan email maupun memanfaatkan komputasi awan atau cloud. Tandatangan pun bisa dibubuhkan secara digital dengan mudah. Peran Internet semacam ini memungkinkan Anda menjalankan perusahaan tanpa harus duduk di meja kantor seharian.5. Mengumpulkan dan menyebarkan informasiTentu saja, peran Internet lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Dengan berselancar di dunia maya, Anda jadi tahu isu terkini yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Selain itu, keberadaan media sosial juga ikut andil dalam mengumpulkan pandangan serta pengalaman masyarakat tentang perusahaan maupun produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa merencanakan strategi marketing untuk menyebarkan informasi, juga melalui Internet.Apapun lini bisnis yang Anda jalankan saat ini, peran Internet harus menjadi bagian di dalamnya, demi mengembangkan perusahaan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Jul 26, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/img-sumber-daya-perusahaan.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Memahami Apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dan Manfaatnya
Dalam menjalankan sebuah perusahaan, ada banyak proses bisnis yang perlu diperhatikan, mulai dari keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, jasa, hingga pengadaan. Untuk membantu perusahaan agar mampu mengelola semua proses bisnis tersebut dengan sistem yang terintegrasi, diperlukan peran dari Enterprise Resource Planning (ERP). Jika Anda tertarik untuk mengenalnya lebih jauh, lihat apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dan manfaatnya bagi perusahaan. Apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)?Enterprise Resource Planning atau ERP adalah jenis software (software) yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari, mulai dari akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen risiko dan kepatuhan, hingga supply chain. Secara umum ERP juga menyediakan manajemen kinerja perusahaan, yaitu software yang mampu merencanakan, menganggarkan, memprediksi, dan melaporkan hasil keuangan suatu organisasi. Sistem ERP mengikat banyak proses bisnis dan merampingkan aliran data yang terjadi di dalamnya. Dengan mengumpulkan data transaksional dengan organisasi dari berbagai sumber, sistem ERP dapat menghilangkan risiko duplikasi data dan memberikan integritas data hanya dengan satu sumber. Sekarang, fungsi ERP sangat penting untuk mengelola ribuan bisnis dari semua ukuran dan berbagai industri. Bagi perusahaan, ERP dapat disamakan dengan listrik yang dapat menjaga lampu tetap menyala.   Manfaat ERP untuk perusahaanKeberadaan ERP dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa manfaat ERP yang dapat dirasakan oleh perusahaan:Meningkatkan produktivitas perusahaanERP mampu menyederhanakan dan mengotomatisasi proses bisnis inti perusahaan Anda sehingga semua orang di dalamnya dapat melakukan banyak hal meskipun hanya memiliki sedikit sumber daya. Dapatkan wawasan pentingKehadiran ERP dapat membuat komunikasi dalam sebuah perusahaan menjadi lebih efektif. Sehingga, Anda bisa mendapatkan jawaban dengan cepat dari pertanyaan bisnis yang muncul. Proses pelaporan yang cepatERP juga mampu membantu perusahaan Anda untuk mempercepat proses pelaporan bisnis dan keuangan. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil tindakan atau membuat keputusan sesuai dengan wawasan yang Anda dapatkan dan meningkatkan kinerja secara real time. Menurunkan risikoERP dapat memaksimalkan visibilitas dan kontrol bisnis, memastikan kepatuhan terhadap persyaratan peraturan yang ada. Hal ini dapat membantu perusahaan Anda untuk memprediksi dan mencegah risiko yang dapat membahayakan kelangsungan bisnis. Menyederhanakan teknologi informasiDengan menggunakan aplikasi ERP terintegrasi yang berbagi database, perusahaan Anda dapat menyederhanakan teknologi informasi (IT) dan membuat orang-orang di dalam perusahaan Anda dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah. Menciptakan peluang bisnis baruSistem erp memberikan kinerja operasi yang efisien beserta data yang dapat diakses secara real time. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan bereaksi terhadap peluang bisnis baru. Meningkatkan kontrol kualitasJika perusahaan Anda baru saja menyelesaikan proses pembuatan suatu produk, sistem ERP dapat memblokir produk dari penjualan hingga dokumen disetujui. Ini memungkinkan perusahaan Anda untuk meninjau produk secara rinci sehingga kontrol kualitas ditingkatkan. Itulah berbagai manfaat ERP bagi perusahaan yang tentunya dapat memberikan banyak keuntungan. Apakah Anda tertarik untuk memiliki sistem ERP di dalam perusahaan? klik disini untuk informasi lebih lanjut.
Sep 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Healthcare-.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Peran Penting Teknologi dalam Industri Kesehatan
Manfaat kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatanMulai dari kemudahan mengakses riwayat kesehatan pasien, mengurangi risiko kesalahan prosedur medis, hingga meningkatkan pelayanan medis bagi pasien. Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari kehadiran teknologi di bidang kesehatan:Permudah akses riwayat pasienPengumpulan data pasien adalah salah satu aspek terpenting dalam industri perawatan kesehatan. Data medis memiliki peran penting bagi dokter untuk menganalisis kondisi dan penyakit pasien untuk merekomendasikan perawatan dan perawatan lain yang sesuai. Di masa lalu, data riwayat pasien ditulis di atas kertas secara manual. Namun, dengan munculnya digitalisasi, informasi mengenai riwayat medis pasien dapat dimasukkan ke dalam sistem digital berbasis cloud. Ini telah memberikan kenyamanan luar biasa bagi dokter, pasien, dan penyedia layanan kesehatan. Sekarang, mereka dapat mengakses data riwayat pasien dari mana saja dan kapan saja. Mengurangi risiko kesalahan prosedur medisKesalahan dalam prosedur medis bisa berakibat fatal bagi pasien. Faktanya, menurut Starfield dan American Institute of Medicine (IOM), kesalahan medis di rumah sakit dan institusi kesehatan adalah penyebab kematian terbesar ketiga di Amerika Serikat. Hampir 98 ribu kematian terjadi setiap tahun sebagai akibat dari kesalahan medis. Kabar baiknya adalah bahwa teknologi telah memfasilitasi pengembangan sistem yang dapat mengurangi kejadian kesalahan medis dan menyelamatkan lebih banyak nyawa. Dengan hadirnya teknologi, dokter dapat melakukan perawatan medis sesuai dengan informasi spesifik milik pasien. Informasi ini juga disaring secara rasional dan disajikan kepada dokter secara tepat waktu sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik. Meningkatkan kesehatan bagi pasienPenggunaan teknologi dalam industri perawatan kesehatan dapat meningkatkan keterlibatan pasien untuk membantu pasien membuat rencana kesehatan yang tepat sasaran dan dapat dipersonalisasi. Selain itu, dokter dapat melacak kesehatan pasien secara efektif sehingga proses perawatan dapat berjalan sesuai rencana. Tentunya hal ini sangat bermanfaat terutama bagi pasien lanjut usia yang tinggal sendirian di rumahnya. Sebab, mereka seringkali tidak tahu harus berbuat apa atau mungkin lupa minum obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Dengan demikian, teknologi dalam industri kesehatan dapat menerima perawatan terbaik dan pengalaman layanan kesehatan secara maksimal.  Mengurangi biaya pengobatanSelanjutnya, manfaat dari hadirnya teknologi di bidang kesehatan adalah mengurangi biaya pengobatan. Harus dipahami, kesalahan medis di rumah sakit atau klinik dapat menelan biaya yang cukup tinggi untuk pasien atau penyedia layanan kesehatan. Kehadiran teknologi diharapkan dapat mengurangi kesalahan medis, terutama dalam hal diagnosis dan juga resep obat. Kemudahan konsultasiTerkadang, pasien yang tinggal jauh dari rumah sakit merasa sulit untuk berkonsultasi dengan dokter. Tentu hal ini bermasalah, apalagi jika penyakit yang diderita pasien cukup parah dan perlu segera ditangani oleh dokter. Namun, kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatan adalah jawaban yang tepat untuk masalah ini. Teknologi di bidang kesehatan telah melahirkan layanan telemedicine, di mana pasien dapat langsung berkomunikasi dengan dokter hanya dengan koneksi internet. Layanan ini memungkinkan pasien untuk mengirim pesan singkat, suara, atau bahkan bertemu langsung dengan dokter melalui fitur video call. Berbagai manfaat kehadiran teknologi dalam industri kesehatan di atas tentu tidak boleh diremehkan. Sebab, tidak hanya pasien yang akan diuntungkan, penyedia layanan kesehatan juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.Jika Anda tertarik untuk mendigitalkan bisnis perawatan kesehatan, klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 
Sep 01, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Peran-internet.jpg?tr=w-500
Riset Bisnis
Peran Internet bagi Bisnis Perusahaan
Menggali manfaat Internet menjadi salah satu hal yang mampu mendukung keberhasilan suatu bisnis. Terlebih jika perusahaan menjalankan usaha di era serba digital seperti saat ini. Koneksi Internet pun menjadi suatu hal yang krusial. Melalui peran Internet pulalah suatu perusahaan dapat menemukan para kandidat terbaik untuk mengisi sumber daya manusia, memperoleh hasil analisis produk dan pasar, menjaring calon pelanggan, mengirim maupun menerima dokumen, maupun mengumpulkan serta menyebarkan informasi.Manfaat Internet yang Penting bagi PerusahaanBerikut ini lima manfaat Internet yang krusial dalam membangun, menjalankan, serta mengembangkan suatu perusahaan.Mempermudah rekrutmen sumber daya manusiaSaat ini, Anda bisa dengan mudah mengiklankan lowongan kerja untuk mencari kandidat terbaik bagi berbagai posisi jabatan pada perusahaan. Anda bisa memposting lowongan tersebut pada situs pencari kerja, website perusahaan, hingga akun media sosial resmi perusahaan. Beberapa proses rekrutmen pun sudah bisa dilakukan secara online, misalnya untuk tahap wawancara. Tentunya peran Internet di sini membawa kemudahan dan efisiensi biaya.Membantu analisis produk dan pasarInternet menjadi kunci dalam memulai bisnis. Salah satunya untuk menemukan referensi dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Semudah membalikkan telapak tangan, Anda bisa menggali berbagai informasi melalui situs resmi kompetitor, portal berita, hingga blog. Selain itu, Anda pun dapat mulai melakukan analisis pasar, mulai dari skala terkecil seperti melakukan survey atau polling online.Membangun jaringan pelangganMencari pelanggan tidak harus dilakukan secara hard-selling. Anda juga dapat menggunakan teknik soft-selling, misalnya dengan membuat blog maupun forum online yang memungkinkan publik untuk saling berinteraksi dan berbagi pengalaman. Melalui wadah ini, perusahaan dapat mulai mengidentifikasi pilihan pelanggan dan menentukan strategi pemasaran misalnya. Selain itu, karena sifatnya online, forum maupun blog ini bisa diakses tanpa batasan jarak dan waktu.Mendukung pertukaran dokumenEntah itu saling berkirim dokumen di level internal perusahaan maupun eksternal yang melibatkan klien maupun pelanggan, Anda bisa melakukannya secara mudah dengan email maupun memanfaatkan komputasi awan atau cloud. Tandatangan pun bisa dibubuhkan secara digital dengan mudah. Peran Internet semacam ini memungkinkan Anda menjalankan perusahaan tanpa harus duduk di meja kantor seharian.Mengumpulkan dan menyebarkan informasiTentu saja, peran Internet lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah memudahkan Anda dalam mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Dengan berselancar di dunia maya, Anda jadi tahu isu terkini yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Selain itu, keberadaan media sosial juga ikut andil dalam mengumpulkan pandangan serta pengalaman masyarakat tentang perusahaan maupun produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa merencanakan strategi marketing untuk menyebarkan informasi, juga melalui Internet.Apa pun lini bisnis yang Anda jalankan saat ini, peran Internet harus menjadi bagian di dalamnya, demi mengembangkan perusahaan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.
Jul 26, 2022

Cerita Sukses

Lihat Semua Cerita Sukses
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Assessment-Center-Indonesia.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Assessment Center Indonesia, Kontribusi Telkom untuk Indonesia
Metode Assessment Center adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi personel dengan atribut atau kemampuan yang relevan terhadap efektivitas organisasi. Dalam prosesnya, Assessment Center menggunakan teknik simulasi yang disiapkan dan dilakukan oleh profesional terlatih dimana hasilnya akan diolah melalui proses integrasi statistik. Ini merupakan metode yang umum digunakan di berbagai belahan dunia seperti Eropa, Amerika dan Australia. Di Indonesia sendiri, metode Assessment Center diperkenalkan oleh Telkom Indonesia pada tahun 1990. Assessment Center yang digunakan oleh Telkom Indonesia untuk kebutuhan internal dengan cepat menjadi benchmark bagi perusahaan lain yang ada di Indonesia seperti Astra Motor, Pos Indonesia dan lainnya. Sebelum Telkom Indonesia memperkenalkan Assessment Center, perusahaan mengandalkan rekam jejak, pencapaian kinerja dan tes psikometri untuk memprediksi kinerja karyawan dan manajer. Tetapi informasi itu saja ternyata tidak cukup sehingga semakin banyak yang mengadopsi dan menggunakan Assessment Center yang hasilnya jauh lebih dapat diandalkan. Setelah perjalan yang cukup panjang, di akhir tahun 2013, unit Assessment Center Telkom ditetapkan menjadi unit mandiri yang diberi nama "Assessment Center Indonesia" atau ACI. Sebagai unit mandiri, ACI dituntut untuk berkontribusi lebih dalam menyiapkan sumber daya manusia terbaik Indonesia. Tidak hanya berfokus pada mendukung program Assessment Center secara internal tetapi juga melakukan ekspansi layanan ke perusahaan dan organisasi lain di luar Telkom Indonesia. Tentu, ini merupakan wujud kontribusi Telkom Indonesia bagi tanah air.Pendekatan Yang Digunakan Untuk Menjamin Keberhasilan Assessment Center oleh ACISampai titik dimana ACI diakui sebagai unit mandiri yang digunakan oleh lebih dari seratus perusahaan dan organisasi tentu bukan perjalanan yang mudah. Sejak tahun 1990, Telkom Indonesia secara konsisten sudah menggunakan Assessment Center untuk mengevaluasi kompetensi manajerial di lingkungan internal juga eksternal. Metode ini dipilih karena merupakan metode yang paling obyektif dan menjamin transparansi proses evaluasi kemampuan karyawan. Tidak hanya itu, Telkom Indonesia juga terus melakukan perbaikan serta pengembangan yang berkelanjutan dalam rangka menjaga validasi hasil dari metode tersebut.  Salah satu bentuk pengembangan yang dilakukan adalah dengan bergabungnya beberapa sumber daya manusia Assessment Center Telkom Indonesia yang terlibat sebagai pengurus PASSTI atau Perkumpulan Assessment Center Indonesia yang fokus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai metode Assessment Center yang belum terlalu familiar di masyarakat umum. Buah dari hal itu adalah semakin banyak yang mengakui dan menggunakan ACI dalam mengevaluasi beberapa kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pegawai atau manajer. Dalam memastikan proses penilaian kompetensi berhasil dilakukan, ada lima langkah yang dilakukan oleh ACI, yaitu: Multi Assessor Profesional yang bertindak untuk menilai dan mengevaluasi dalam setiap tahapan disebut assessor. Dalam setiap proses Assessment Center yang dilakukan oleh ACI terdapat beberapa orang assessor yang akan melakukan penilaian dan evaluasi di waktu yang sama. Ini dilakukan untuk memastikan data yang didapatkan obyektif.Multi SimulationACI sudah menyiapkan beberapa simulasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan di Indonesia. Dapat setiap proses Assessment Center, ACI akan melakukan evaluasi perilaku tidak hanya berdasarkan masukan satu simulasi teknik penilaian melainkan beberapa simulasi teknis penilaian yang tentu saja jelas meningkatkan angka keberhasilan dari Assessment Center yang dilakukan. Berdasarkan KriteriaHasil dari evaluasi perilaku assessee atau peserta dari Assessment Center akan diperbandingkan dengan kriteria tertentu yang sudah disiapkan oleh para profesional terlatih di ACI. Data yang DiintegrasikanSetiap data yang didapat selama proses Assessment Center berdasarkan masukan perilaku dari berbagai simulasi yang sudah disiapkan dan akan diintegrasikan sehingga mendapatkan hasil dengan tingkat validitas yang tinggi. Peratingan secara KonsensusProses penilaian atau evaluasi tidak hanya dilakukan oleh satu assessment melainkan beberapa sehingga untuk hasil yang objektif dan valid maka nilai akhir dari setiap assessee merupakan kesepakatan antar assessor dan mengacu pada kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.Perbedaan utama Assessment Center dengan metode lainnya adalah evaluasi dilakukan melalui simulasi. Dalam hal ini, simulasi merupakan serangkaian tugas atau tantangan yang sengaja diciptakan untuk menghasilkan perilaku yang relevan dengan kompetensi yang ingin diidentifikasi. Simulasi yang dilakukan dirancang secara khusus untuk menyerupai kondisi kerja sehari-hari yang bertujuan untuk bertujuan untuk mengukur kompetensi yang dibutuhkan agar pegawai dapat menjalankan peran dan tugasnya.Beberapa simulasi yang menjadi bagian dari evaluasi Assessment Center adalah:Bekerja Dalam GrupIni merupakan salah satu kompetensi penting yang wajib dimiliki oleh pegawai pada sebuah perusahaan. Kompetensi ini penting karena untuk mencapai tujuan utama dari perusahaan diperlukan kerjasama yang baik antar setiap individu. Selain itu bekerja dalam grup juga memiliki banyak hal positif seperti menyebabkan proses bekerja menjadi lebih efektif, kolaborasi dapat memunculkan banyak ide baru, dan meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Untuk mengevaluasi kompetensi ini, assessee diharuskan mengikuti simulasi di mana mereka dibagi menjadi grup-grup kecil beranggotakan empat hingga enam orang dan diharuskan menyelesaikan masalah tertentu. Selama proses simulasi ini assessor akan mengevaluasi setiap perilaku tidak hanya fokus pada hasil akhir dari penyelesaian masalah yang diberikan. Interaksi dalam Bekerja. Simulasi untuk menilai interaksi dalam bekerja ini biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap jabatan. Jika Assessment Center dilakukan untuk menilai kompetensi yang berfokus pada marketing maka simulasi yang disiapkan tentu saja berkaitan dengan interaksi dengan pelanggan. Tidak hanya itu, interaksi dalam bekerja juga berkaitan dengan interaksi dengan bawahan dan interaksi dengan rekan sejawat. Keterampilan dalam hal ini biasanya akan memperjelas karakter seorang pegawai yang berkaitan dengan kompetensi. Bekerja Secara Mandiri.Assessment Center juga memiliki simulasi untuk menilai kompetensi atau kemampuan seorang pegawai dalam hal bekerja secara mandiri. Tentu ini sesuatu yang penting terlebih di masa sekarang yang banyak perusahaan mulai mengadopsi sistem kerja hybrid atau menggabungkan work from office dan work from home. Dengan kompetensi bekerja mandiri yang baik maka performa seorang pegawai baik selama bekerja di kantor atau di lokasi lain maka tidak akan ada bedanya. Apakah simulasi yang menjadi bagian dari Assessment Center terbatas hanya pada tiga simulasi yang sudah disebutkan di atas? Tentu saja tidak. Sebagai sebuah proses evaluasi, Assessment Center dari ACI memiliki banyak simulasi yang disesuaikan dengan kebutuhan akan kompetensi yang ingin dievaluasi. ACI sangat paham kalau setiap peran atau jabatan membutuhkan kompetensi yang berbeda sehingga membutuhkan proses evaluasi yang berbeda pula. ACI, Buah dari Perjalanan Selama 29 TahunPengalaman merupakan guru terbaik tetapi bermodalkan pengalaman saja tidak cukup terutama dalam Assessment Center. Sejak tahun 1990 hingga sekarang, ACI sudah melakukan proses Assessment Center untuk lebih dari 50.000 orang dari berbagai industri seperti akomodasi, informasi dan telekomunikasi, jasa keuangan, asuransi, kontruksi, transportasi, serta industri lainnya. Tidak hanya industri, ACI juga melakukan proses evaluasi kompetensi untuk organisasi atau instansi pemerintah seperti Komisi Pemberantas Korupsi, Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian BUMN, dan masih banyak instansi lain yang mempercayai ACI untuk melakukan evaluasi kompetensi. Kementerian Perhubungan merupakan satu dari sekian banyak instansi perusahaan yang menggunakanan layanan Assessment Center dari ACI. Pada tahun 2021, ACI terlibat dalam pemetaan potensi dan kompetensi calon pemangku jabatan pimpinan tinggi madya di Kementerian Perhubungan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ACI tidak hanya mengadakan Assessment Center tetapi juga menganalisis kompetensi apa yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mengisi pimpinan tinggi madya. Dari hasil tersebut baru ACI merancang Assessment Center yang sesuai yang meliputi kegiatan pra-Assessment Center, Assessment Center, penetapan hasil, pemetaan nine box talent, personality assessment, feedback assessment serta penyusunan laporan akhir. Hasilnya sangat memuaskan Kementerian Perhubungan selaku klien. Banyak yang bertanya mengapa ACI dipercaya oleh begitu banyak pihak? Tentu jawabannya tidak hanya sebatas karena ACI memiliki pengalaman yang lebih banyak. ACI menjadi pilihan karena dalam melakukan Assessment Center, ACI selalu dilandasi etika bekerja dengan menjunjung tinggi accuracy dan selalu berupaya untuk menajamkan hasil, coopetitive atau membentuk ekosistem yang kondusif, serta intensify yaitu berupaya untuk menanamkan kompetensi diri dengan menjunjung tinggi integritas sebagai nilai utama. ACI akan terus melangkah dengan komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan hasilnya melalui perbaikan yang sistematis, peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan asesor yang dalam hal ini merupakan aset utama melalui program pelatihan dan pengembangan serta membangun knowledge management system agar dapat menghadirkan kepuasan maksimal bagi pengguna layanan Assessment Center ini.
Nov 29, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Image-SD-Wan.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Solusi Bundling WAN dan Network untuk Perkuat Keamanan Nasabah
Industri perbankan berupaya mengoptimalkan network infrastruktur yang sudah terpasang, agar dapat digunakan di berbagai kondisi. Dalam melakukan monitoring, digunakan dashboard untuk memantau semua link yang digunakan, dengan kemampuan dashboard network monitoring, pemantauan terpusat dalam satu aplikasi dashboard, serta optimalisasi link utama dan backup link.Untuk kebutuhan tersebut, kehadiran SD WAN dalam mendukung kegiatan operasional perbankan yang mempunyai banyak kantor cabang. Saat ini, masih terdapat Bank yang memanfaatkan MPLS sebagai link utama. Namun, penggabungan MPLS dan Internet menggunakan SD WAN, dapat meningkatkan ketersediaan serta bandwith. Telkom pun menyediakan solusi bundling WAN dan network, yang mampu meningkatkan keamanan nasabah perbankan.Adaptasi Bundling WANDalam menghadirkan solusi tepat untuk memperkuat keamanan nasabah perbankan, Telkom menghadirkan bundling WAN dan perangkat jaringan, melalui VPN IP MPLS, layanan Metrolink, Internet backup dari operator lain, serta MNS SD-WAN.1. VPN IP MPLSLayanan VPN IP adalah layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP Multi Protocol Label Switching (MPLS). Layanan VPN IP sangat bermanfaat bagi perusahaan, termasuk sektor perbankan, yang membutuhkan solusi layanan komunikasi data berbasis MPLS any-to-any yang memungkinkan perusahaan pembuatan jaringan private IP dengan cakupan nasional untuk menghubungkan kantor-kantor cabang di berbagai kota.    2. MetrolinkLayanan Metrolink menghadirkan solusi jaringan data berkapasitas tinggi berbasis IP/Ethernet dengan fleksibilitas, kemudahan, dan efektivitas serta QoS sesuai standar Carrier Ethernet Metro Ethernet Forum Phase 2 (CE 2.0), dengan penyempurnaan berupa peningkatan kecepatan hingga 10 Gbps (Big Pipe), penambahan fitur MAC Address dan jumbo frame, serta layanan Point-to-Multipoint (P2MP).3. Internet Backup dari Operator LainLayanan Internet dedicated 1:1 mulai 1 Mbps hingga 1 Gbps ini mampu melakukan pembagian trafik domestik dan internasional dengan fleksibel. Pengguna pun akan memperoleh laporan bulanan penggunaan bandwidth. Di samping itu, layanan ini memiliki infrastruktur jaringan IP yang andal, dengan pemeliharaan non-stop 24 jam melalui prosedur eskalasi.4. MNS SD-WANTelkom memberikan solusi Managed Network Services (MNS) Software-Defined WAN dengan kemudahan berupa kontak tunggal untuk aktivasi serta manajemen dan assurance sistem IT pelanggan, dalam mengintegrasikan berbagai model network link untuk layanan data di lokasi data center serta stakeholder lain sesuai lingkup proyek.Siapa yang Membutuhkan SD-WAN?Dengan mengadopsi layanan SD WAN Telkom yang memiliki node akses di seluruh Indonesia, pelanggan akan menikmati:Layanan mulai 64 kbps hingga 1 Gbps dalam satu sirkitBerbagai tipe aplikasi dengan kualitas yang tinggiJaminan kerahasiaan data dan sekuritas jaringan, berdasarkan sertifikasi ISMS (ISO 27001) dan sertifikasi EANTCMonitoring, diagnosis, dan pengelolaan jaringan secara real-timeFitur VPN Instan yang memungkinkan sistem informasi internal perusahaan dapat diakses secara remote melalui media Internet dengan aman dan mudahProduk berkualitas tinggi dengan biaya kompetitif dan gratis koneksi VPN instanBundling WAN dengan network merupakan solusi yang sesuai bagi industri perbankan yang membutuhkan kesiapan semua perangkat maupun suku cadang terkait penyediaan WAN, pemeliharaan atau perawatan penuh suku cadang dang bantuan tenaga ahli, layanan relokasi jaringan dan perangkat apabila kantor cabang mengalami relokasi, preventive maintenance dengan laporan empat kali dalam setahun, serta monitoring dan laporan performansi disertai availability layanan sesuai SLA (99,95%). Selama masa berlangganan, tersedia juga jaminan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi dari Telkom.
Jun 02, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Vaksin-Covid-19.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Sistem Distribusi Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia dari Telkom
Virus Covid-19 dengan cepat menjelma menjadi pandemi yang berdampak pada seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagai upaya pengendalian dan memutus rantai penyebaran virus tersebut, pemerintah terus mendistribusikan vaksin Covid-19 ke seluruh provinsi di Indonesia. Untuk kelancaran proses pendistribusian, Telkom membangun sebuah sistem manajemen yang disebut Sistem Manajemen Distribusi Vaksin atau SMDV untuk digunakan oleh Biofarma, BUMN farmasi. Kehadiran SMDV menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pendistribusian vaksin ini terutama dalam aspek monitoring. Ada lebih dari 400 juta dosis vaksin yang harus didistribusikan ke 17 ribu fasilitas kesehatan yang berada di 514 kabupaten. Adanya SMDV memungkinkan kualitas dan efikasi vaksin tetap terjaga dan memenuhi standar selama proses pendistribusian. Layanan SMDV untuk Optimalkan Distribusi Vaksin Covid-19Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menjalankan distribusi vaksin Covid-19 hingga ke seluruh penjuru Tanah Air, SMDV menghadirkan berbagai layanan, mulai dari Track and Trace (TNT), Internet of Things (IoT), dashboard, command center, cloud infrastructure, hingga managed service.1. Track and Trace (TNT)Layanan Track and Trace (TNT) fokus pada manajemen rantai pasok atau Supply Chain Management (SCM). Sistem ini mampu melacak setiap botol vaksin yang di produksi, mencatat permintaan pengiriman hingga status kedatangan vaksin di tujuan. Tidak hanya itu, sistem ini juga dapat mengidentifikasi keaslian dari vaksin yang di distribusikan. 2. Internet of Things (IoT)Internet of Things (IoT) merupakan solusi pengawasan yang akan memastikan pengiriman dan penyimpanan vaksin dilakukan dengan tepat. Pada proses pengiriman, pengawasan ini dilakukan pada truk dan motor yang digunakan untuk mendistribusikan vaksin. Selain itu, pengawasan juga dilakukan pada tempat penyimpanan melalui perangkat yang ditempatkan dalam mesin pendingin yang khusus menyimpan vaksin. 3. DashboardDashboard dihadirkan untuk memfasilitasi proses monitoring secara end-to-end bagi distribusi vaksin dan diharapkan mampu menjadi dasar bagi pengambilan keputusan dan perbaikan proses distribusi vaksin di kemudian hari.4. Command CenterPeran utama dari Command Center adalah menjalankan fungsi monitoring atau pengawasan proses distribusi vaksin sehingga kualitas vaksin tetap terjadi selama proses pengiriman atau pendistribusian berlangsung.    5. Cloud InfrastructureInfrastruktur komputasi awan atau cloud ini memiliki peran utama sebagai pendukung pengembangan sistem manajemen distribusi vaksin Covid-19. 6. Managed ServiceSMDV juga menghadirkan solusi berupa managed service untuk pengelolaan dalam memastikan perusahaan farmasi dapat terus beroperasi dalam mendistribusikan vaksin Covid-19, dengan menggunakan Track and Trace, IoT, Dashboard serta infrastruktur lain yang tergabung dalam SMDV. Pengembangan Layanan SMDV untuk Distribusi VaksinLayanan yang sudah ada seperti Track and Trace (TNT) tentu harus diintegrasikan dengan sistem lainnya baik sistem internal maupun eksternal dari perusahaan farmasi dalam hal ini Biofarma, BUMN farmasi yang bertugas untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia. Dalam perjalanannya, sistem Track and Trace akan terus dikembangkan untuk distribusi vaksin ke lebih banyak wilayah seperti wilayah terluar di Indonesia serta wilayah lain jika dibutuhkan. SMDV merupakan inovasi teknologi dalam sistem pendistribusian vaksin Covid-19 yang pertama di dunia dan sudah terbukti keberhasilannya. Di masa mendatang, sistem ini sangat berpotensi untuk dikembangkan agar dapat digunakan sebagai sistem distribusi produk farmasi lainnya. 
Nov 29, 2022
https://ik.imagekit.io/zwip3gy73r/s3-mytens-customer/assets/medias/Telkom-Indonesia-Untuk-Transformasi-Digital-Pertanian-dan-Peternakan-.jpg?tr=w-500
Cerita Sukses
Telkom Indonesia Untuk Transformasi Digital Pertanian dan Peternakan
Hadirnya berbagai teknologi dan inovasi baru selain membuka lebar ruang kolaborasi juga menciptakan berbagai kemungkinan penerapan yang dulu tidak pernah terbayangkan. Salah satunya adalah penerapan teknologi dalam sektor pertanian dan peternakan yang memiliki potensi untuk menjadi sektor unggulan Indonesia. Sayangnya, di Indonesia masih belum banyak yang menyadari akan teknologi modern yang dapat mendorong produktivitas dan efisiensi bisnis di sektor pertanian dan peternakan. Jika dulu penerapan teknologi terbatas pada bagaimana menciptakan bibit unggul yang baik untuk tanaman maupun peternakan, memudahkan pekerjaan dengan teknologi pada sektor transportasi dengan menghadirkan traktor dan berbagai alat bantu lainnya, kini terdapat banyak penerapan teknologi yang dapat diterapkan di kedua sektor ini.Big Data dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) misalnya, menjadi dua dari beragam teknologi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan melalui pengolahan data yang sangat variatif, pengamatan, pengawasan sehingga dapat  memberikan solusi dengan akurasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.Solusi Menghadapi Tantangan Krisis Pangan di Masa DepanSaat ini hampir di seluruh dunia menghadapi masalah yang sama yaitu krisis pangan yang disebabkan oleh terus menurunnya hasil panen pertanian dan peternakan. Ini bukan merupakan masalah kecil. Jika dibiarkan berlarut maka hanya tinggal menunggu waktu hingga manusia berhadapan dengan ancaman kelaparan. Untuk menyiasatinya, tentu tidak cukup hanya menggunakan varietas unggul atau varietas dengan masa panen yang lebih cepat. Dibutuhkan solusi yang lebih menyeluruh. Penerapan teknologi yang tepat guna tidak hanya dapat menjadi solusi jangka panjang tetapi juga solusi terbaik untuk menghadapi krisis pangan. Beberapa teknologi tepat guna yang dapat meningkatkan hasil panen di sektor pertanian dan peternakan, diantaranya yaitu: Internet of Things (IoT)Istilah Internet of Things atau IoT merupakan konsep di mana perangkat atau benda dapat saling terhubung dengan perangkat lainnya karena adanya sensor dan koneksi internet. IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman sehingga interaksi antar perangkat terjadi tanpa campur tangan manusia dan tanpa dibatasi oleh jarak.Dalam sektor pertanian dan peternakan, teknologi ini menghadirkan banyak potensi baru. Di bidang peternakan, penerapan IoT mendigitalisasi proses pada kandang sistem closed house sehingga semua pengumpulan data dan pengaturan yang dibutuhkan seperti temperature, humidity, luminosity, CO2, NH3 dan windspeed dapat dilakukan secara real time. Indikator untuk menilai keberhasilan dari usaha peternakan ayam berdasarkan tingkat jumlah ayam yang hidup, berat panen ayam, umur panen, serta feed conversion ratio (FCR).Sedangkan dalam bidang pertanian, IoT memungkinkan petani untuk mengatasi tantangan perubahan iklim. Dengan menggunakan perangkat dan sensor maka petani dapat mengumpulkan data terkait kelembaban dan kondisi tanah secara real time sepanjang waktu, analisis data untuk mengetahui varietas tanaman terbaik di wilayah tersebut dan waktu yang tepat untuk mulai bercocok tanaman untuk menghindari gagal panen atau untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Komputasi Awan (Cloud)Tentu dibutuhkan ruang penyimpanan besar untuk menyimpan Big Data yang berkaitan dengan kondisi tanaman, hewan ternak, cuaca dan lingkungan yang akan diolah dan dianalisis. Hadirnya komputasi awan atau cloud memungkinkan pertanian dan peternakan untuk dapat menyimpan seluruh data tersebut tanpa memiliki hardware berukuran besar dan relatif lebih mahal. Selain itu cloud juga menawarkan fleksibilitas baik dari segi sumber daya maupun ekonomi.Smart Farming & Smart PoultrySeperti namanya, ini merupakan sistem pertanian dan peternakan berbasis teknologi yang dapat membantu untuk meningkatkan hasil panen secara kuantitas dan kualitas. Sektor pertanian dan peternakan dapat hadir dengan memadukan Big Data, komputasi awan dan Internet of Things (IoT) untuk melakukan monitoring, otomatisasi dan analisis prediktif.Dalam sektor pertanian, Smart Farming tidak terbatas dalam menganalisis kondisi tanah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Smart Farming dapat digunakan untuk membangun sistem pengairan dan penyiraman otomatis, mengatur suhu green house agar sesuai dengan kebutuhan tanaman, bahkan bagi pertanian skala besar Smart Farming juga dapat diterapkan dalam penyortiran hasil panen secara otomatisasi yang tentunya akan meningkatkan efisiensi waktu pengerjaan. Begitu juga dalam bidang peternakan. Smart Poultry hadir untuk menjadi solusi bagi hampir seluruh permasalahan yang mungkin dihadapi oleh peternak. Mulai dari monitoring kondisi setiap hewan ternak secara real time dan menyeluruh, serta otomatisasi kandang. Dashboard ManagementIoT dan Smart Farming tentu tidak lengkap tanpa dashboard management untuk melakukan monitoring tanaman, hewan ternak, cuaca dan lingkungan. Selain itu, report management juga dapat dibuat secara khusus sesuai dengan kebutuhan serta target untuk dapat membantu pengambilan keputusan.Pemanfaatan Teknologi di bidang Pertanian dan Peternakan IndonesiaSektor pertanian dan peternakan di Indonesia sudah mulai banyak yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas hasil panen.Sebagai salah satu perusahaan peternakan unggas terpadu di Indonesia,  PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk atau lebih dikenal dengan Sreeya menjadi pelopor inovasi Smart Farm untuk mendigitalisasikan proses bisnis dengan memberikan data real time budi daya yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil ternak.Telkom Indonesia turut mendukung Sreeya dalam membangun dan menerapkan sistem Smart Farming yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Sreeya. Telkom Indonesia juga menginisiasi terbentuknya join research di lokasi peternakan milik Sreeya untuk menggali informasi lebih dalam agar dapat memberikan solusi terbaik. Smart Farming & Poultry yang disediakan oleh Telkom Indonesia ini merupakan inovasi yang dapat diterapkan di sektor pertanian atau peternakan lainnya untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari segi kuantitas maupun kualitas, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis perusahaan.
Dec 30, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.