MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

Peran Penting Teknologi dalam Industri Kesehatan

Riset Bisnis
Sep 01, 2022
Peran Penting Teknologi dalam Industri Kesehatan

Manfaat kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatan

Mulai dari kemudahan mengakses riwayat kesehatan pasien, mengurangi risiko kesalahan prosedur medis, hingga meningkatkan pelayanan medis bagi pasien. Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari kehadiran teknologi di bidang kesehatan:

  1. Permudah akses riwayat pasien
    Pengumpulan data pasien adalah salah satu aspek terpenting dalam industri perawatan kesehatan. Data medis memiliki peran penting bagi dokter untuk menganalisis kondisi dan penyakit pasien untuk merekomendasikan perawatan dan perawatan lain yang sesuai. 

    Di masa lalu, data riwayat pasien ditulis di atas kertas secara manual. Namun, dengan munculnya digitalisasi, informasi mengenai riwayat medis pasien dapat dimasukkan ke dalam sistem digital berbasis cloud. Ini telah memberikan kenyamanan luar biasa bagi dokter, pasien, dan penyedia layanan kesehatan. Sekarang, mereka dapat mengakses data riwayat pasien dari mana saja dan kapan saja. 

  2. Mengurangi risiko kesalahan prosedur medis
    Kesalahan dalam prosedur medis bisa berakibat fatal bagi pasien. Faktanya, menurut Starfield dan American Institute of Medicine (IOM), kesalahan medis di rumah sakit dan institusi kesehatan adalah penyebab kematian terbesar ketiga di Amerika Serikat. Hampir 98 ribu kematian terjadi setiap tahun sebagai akibat dari kesalahan medis. 

    Kabar baiknya adalah bahwa teknologi telah memfasilitasi pengembangan sistem yang dapat mengurangi kejadian kesalahan medis dan menyelamatkan lebih banyak nyawa. Dengan hadirnya teknologi, dokter dapat melakukan perawatan medis sesuai dengan informasi spesifik milik pasien. Informasi ini juga disaring secara rasional dan disajikan kepada dokter secara tepat waktu sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik. 

  3. Meningkatkan kesehatan bagi pasien
    Penggunaan teknologi dalam industri perawatan kesehatan dapat meningkatkan keterlibatan pasien untuk membantu pasien membuat rencana kesehatan yang tepat sasaran dan dapat dipersonalisasi. 

    Selain itu, dokter dapat melacak kesehatan pasien secara efektif sehingga proses perawatan dapat berjalan sesuai rencana. Tentunya hal ini sangat bermanfaat terutama bagi pasien lanjut usia yang tinggal sendirian di rumahnya. Sebab, mereka seringkali tidak tahu harus berbuat apa atau mungkin lupa minum obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Dengan demikian, teknologi dalam industri kesehatan dapat menerima perawatan terbaik dan pengalaman layanan kesehatan secara maksimal.  

  4. Mengurangi biaya pengobatan
    Selanjutnya, manfaat dari hadirnya teknologi di bidang kesehatan adalah mengurangi biaya pengobatan. Harus dipahami, kesalahan medis di rumah sakit atau klinik dapat menelan biaya yang cukup tinggi untuk pasien atau penyedia layanan kesehatan. Kehadiran teknologi diharapkan dapat mengurangi kesalahan medis, terutama dalam hal diagnosis dan juga resep obat. 

  5. Kemudahan konsultasi
    Terkadang, pasien yang tinggal jauh dari rumah sakit merasa sulit untuk berkonsultasi dengan dokter. Tentu hal ini bermasalah, apalagi jika penyakit yang diderita pasien cukup parah dan perlu segera ditangani oleh dokter. 

    Namun, kehadiran teknologi dalam industri perawatan kesehatan adalah jawaban yang tepat untuk masalah ini. Teknologi di bidang kesehatan telah melahirkan layanan telemedicine, di mana pasien dapat langsung berkomunikasi dengan dokter hanya dengan koneksi internet. Layanan ini memungkinkan pasien untuk mengirim pesan singkat, suara, atau bahkan bertemu langsung dengan dokter melalui fitur video call. 

Berbagai manfaat kehadiran teknologi dalam industri kesehatan di atas tentu tidak boleh diremehkan. Sebab, tidak hanya pasien yang akan diuntungkan, penyedia layanan kesehatan juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.

Jika Anda tertarik untuk mendigitalkan bisnis perawatan kesehatan, klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 

Jelajahi solusi dari MyTEnS

MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.