MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

Telkom Indonesia Dukung Digitalisasi Smart Poultry Farming

Cerita Sukses
Jun 02, 2022
Telkom Indonesia Dukung Digitalisasi Smart Poultry Farming

Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara penghasil ayam terbesar di dunia yang berada pada urutan keenam dengan produksi mencapai 3.4 juta ton per Tahun. Namun di sisi lain, peternak ayam sangat rentan dengan berbagai kegagalan yang dapat berimbas pada bisnisnya, karena bisnis peternakan ayam rentan terhadap resiko kerugian yang sangat bergantung pada faktor internal (produktivitas, tingkat kematian ternak) maupun faktor eksternal (harga input dan harga output).

Dengan implementasi Smart Poultry Farming diharapkan resiko kegagalan dapat diminimalisir dan penetrasi penggunaan teknologi dalam industri agribisnis di Indonesia semakin meningkat sehingga dapat memajukan sektor agribisnis di Indonesia. Smart Poultry Farming adalah wujud nyata dari revolusi Industri 4.0 pada sektor peternakan untuk masa depan bisnis peternakan di Indonesia yang lebih baik dan berdaya saing global.

Tantangan yang Dihadapi oleh Sektor Peternakan

Pemerintah Indonesia memiliki mimpi besar untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen pangan dunia. Ini bukan mimpi yang mudah. Banyak tantangan yang harus diselesaikan terlebih dulu sejalan dengan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. 

Beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh para pelaku sektor peternakan, diantaranya:

Permodalan dan Investasi

Modal masih menjadi tantangan utama. Peternak mengeluhkan kesulitan untuk mendapatkan investor untuk mengembangkan sektor tersebut. Tantangan ini sudah mendapat perhatian pemerintah ditandai dengan semakin bertambahnya investasi untuk sektor tersebut baik dari dalam negeri maupun asing. 

Peternakan Modern

Pemerintah mulai memperkenalkan dan mengajak peternak untuk mengubah sistem peternakan tradisional menjadi lebih modern. Tidak hanya untuk menjawab tantangan resiko kerugian, peternakan modern juga dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas dari hasil panen. 

Peternakan modern memungkinkan para peternak untuk menggunakan teknologi yang tepat untuk dapat melakukan monitoring terhadap hewan ternak dan kondisi kandang. Lebih jauh, peternakan modern juga meringankan beban peternak dengan menawarkan otomatisasi yang pada akhirnya akan melipatgandakan produktivitas hasil ternak. 

Pemasaran Hasil Panen

Setelah mencapai kualitas dan kuantitas hasil panen yang diinginkan, lalu bagaimana memasarkannya? Jika terlalu banyak produk di pasaran, maka akan mempengaruhi harga jual yang dapat merugikan pelaku usaha di sektor tersebut. Jika salah penanganan dalam proses distribusi, maka akan mempengaruhi kondisi hasil panen saat sampai di tangan konsumen.

Tantangan Menghadirkan Inovasi yang Dilakukan oleh Telkom Indonesia

Melihat berbagai tantangan yang dihadapi oleh sektor peternakan dan dengan adanya pemahaman bahwa teknologi merupakan masa depan, Telkom tentunya terus melakukan inovasi untuk menghadirkan teknologi yang tepat guna untuk membantu menghadapi tantangan yang ada, sehingga dapat mewujudkan salah satu rencana jangka panjang pemerintah Indonesia, yaitu menjadikan Indonesia sebagai produsen pangan dunia. 

Telkom Indonesia tidak hanya BUMN yang fokus pada bidang telekomunikasi, tetapi kini juga telah bertransformasi menjadi digital telco terdepan di Indonesia. Telkom juga telah membuktikan bahwa beragam inovasi teknologi yang dimiliki dapat dimanfaatkan sebagai solusi digitalitasasi di sektor peternakan. Salah satunya, yaitu dengan melakukan sinergi untuk mendukung pengembangan inovasi Smart Poultry Farming yang mendigitalisasi proses bisnis di PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk atau Sreeya.

PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor peternakan sejak tahun 1985. Awalnya, perusahaan ini fokus pada peternakan ayam, penyediaan ayam potong dan makanan beku berbahan dasar ayam. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini terus berkembang hingga menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerapkan halal blockchain pada prosedur pemotongan ayam. 

Dengan berbagai tantangan yang ada, PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk melakukan digitalisasi pada setiap lini usaha yang difokuskan pada pengembangan teknologi baru mulai dari hulu hingga ke hilir.

Dalam hal ini, Telkom Indonesia hadir dengan solusi Smart Poultry Farming dimana seluruh bagian dari peternakan akan diintegrasikan mulai dari proses pengelolaan hewan ternak hingga hasil panen dengan fokus utama untuk meningkatkan produktivitas pada fasilitas farm dan rumah potong. 

Inovasi yang dilakukan oleh Telkom Indonesia menawarkan empat keuntungan utama bagi PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk, yaitu:

Pengelolaan Peternakan

Smart Farming Poultry yang dibangun oleh Telkom Indonesia dengan menggunakan berbagai teknologi dan layanan mengubah pengelolaan peternakan. Dari peternakan tradisional menjadi peternakan modern di mana seluruh kegiatan operasional di-monitoring secara real time

Dengan dashboard management, PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk dapat melakukan pengawasan terhadap hewan ternak dan kondisi kandang sepanjang waktu. Sensor-sensor yang diletakkan pada kandang dan berbagai lokasi lainnya akan memberikan informasi jika terdeteksi hal-hal yang bersifat urgent, sehingga tindakan preventif dapat dilakukan lebih cepat untuk menghindari kerugian dalam jumlah besar. Data-data tersebut juga akan disimpan di cloud sehingga dapat diolah dan dianalisis sesuai dengan kebutuhan dan target di masa depan. 

Sistem Otomatisasi

Selain menggunakan sensor untuk memantau kondisi hewan dan kandang, kerjasama antara Telkom Indonesia dan PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk juga meliputi sistem otomatisasi, seperti Fan Controlling & Automation yang diletakkan di kandang. 

Dengan memanfaatkan teknologi IoT atau Internet of Things, Telkom Indonesia meletakkan sensor-sensor di beberapa titik penting untuk memantau suhu, kelembaban, penerangan, karbon monoksida, amonia serta kecepatan angin. Data dari berbagai sensor tersebut akan diintegrasikan dan disimpan di cloud untuk diolah dan dianalisis. Adanya otomatisasi ini, membuat kondisi kandang menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat dengan mudah dimonitor. 

Kualitas dan Kuantitas Hasil Ternak

Pengelolaan peternakan modern dan sistem otomatisasi pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ternak. Kualitas hewan ternak meningkat karena sepanjang waktu kondisi hewan ternak dan kandang serta lingkungan sekitar dalam pantauan yang memungkinkan dilakukan penyesuaian jika dibutuhkan. Tidak hanya kualitas, kuantitas dari hasil ternak juga akan ikut meningkat.

Dengan berbagai inovasi teknologi dan layanan, Telkom Indonesia memiliki komitmen untuk terus berupaya mendukung dan mendorong pengembangan sektor peternakan yang lebih inovatif dan adaptif terhadap kemajuan teknologi.

Jelajahi solusi dari MyTEnS

MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.

Insight Terkait

Cerita Sukses

Telkom Indonesia Untuk Transformasi Digital Pertanian dan Peternakan

Hadirnya berbagai teknologi dan inovasi baru selain membuka lebar ruang kolaborasi juga menciptakan berbagai kemungkinan penerapan yang dulu tidak pernah terbayangkan. Salah satunya adalah penerapan teknologi dalam sektor pertanian dan peternakan yang memiliki potensi untuk menjadi sektor unggulan Indonesia. Sayangnya, di Indonesia masih belum banyak yang menyadari akan teknologi modern yang dapat mendorong produktivitas dan efisiensi bisnis di sektor pertanian dan peternakan. Jika dulu penerapan teknologi terbatas pada bagaimana menciptakan bibit unggul yang baik untuk tanaman maupun peternakan, memudahkan pekerjaan dengan teknologi pada sektor transportasi dengan menghadirkan traktor dan berbagai alat bantu lainnya, kini terdapat banyak penerapan teknologi yang dapat diterapkan di kedua sektor ini.Big Data dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) misalnya, menjadi dua dari beragam teknologi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan melalui pengolahan data yang sangat variatif, pengamatan, pengawasan sehingga dapat  memberikan solusi dengan akurasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.Solusi Menghadapi Tantangan Krisis Pangan di Masa DepanSaat ini hampir di seluruh dunia menghadapi masalah yang sama yaitu krisis pangan yang disebabkan oleh terus menurunnya hasil panen pertanian dan peternakan. Ini bukan merupakan masalah kecil. Jika dibiarkan berlarut maka hanya tinggal menunggu waktu hingga manusia berhadapan dengan ancaman kelaparan. Untuk menyiasatinya, tentu tidak cukup hanya menggunakan varietas unggul atau varietas dengan masa panen yang lebih cepat. Dibutuhkan solusi yang lebih menyeluruh. Penerapan teknologi yang tepat guna tidak hanya dapat menjadi solusi jangka panjang tetapi juga solusi terbaik untuk menghadapi krisis pangan. Beberapa teknologi tepat guna yang dapat meningkatkan hasil panen di sektor pertanian dan peternakan, diantaranya yaitu: Internet of Things (IoT)Istilah Internet of Things atau IoT merupakan konsep di mana perangkat atau benda dapat saling terhubung dengan perangkat lainnya karena adanya sensor dan koneksi internet. IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman sehingga interaksi antar perangkat terjadi tanpa campur tangan manusia dan tanpa dibatasi oleh jarak.Dalam sektor pertanian dan peternakan, teknologi ini menghadirkan banyak potensi baru. Di bidang peternakan, penerapan IoT mendigitalisasi proses pada kandang sistem closed house sehingga semua pengumpulan data dan pengaturan yang dibutuhkan seperti temperature, humidity, luminosity, CO2, NH3 dan windspeed dapat dilakukan secara real time. Indikator untuk menilai keberhasilan dari usaha peternakan ayam berdasarkan tingkat jumlah ayam yang hidup, berat panen ayam, umur panen, serta feed conversion ratio (FCR).Sedangkan dalam bidang pertanian, IoT memungkinkan petani untuk mengatasi tantangan perubahan iklim. Dengan menggunakan perangkat dan sensor maka petani dapat mengumpulkan data terkait kelembaban dan kondisi tanah secara real time sepanjang waktu, analisis data untuk mengetahui varietas tanaman terbaik di wilayah tersebut dan waktu yang tepat untuk mulai bercocok tanaman untuk menghindari gagal panen atau untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Komputasi Awan (Cloud)Tentu dibutuhkan ruang penyimpanan besar untuk menyimpan Big Data yang berkaitan dengan kondisi tanaman, hewan ternak, cuaca dan lingkungan yang akan diolah dan dianalisis. Hadirnya komputasi awan atau cloud memungkinkan pertanian dan peternakan untuk dapat menyimpan seluruh data tersebut tanpa memiliki hardware berukuran besar dan relatif lebih mahal. Selain itu cloud juga menawarkan fleksibilitas baik dari segi sumber daya maupun ekonomi.Smart Farming & Smart PoultrySeperti namanya, ini merupakan sistem pertanian dan peternakan berbasis teknologi yang dapat membantu untuk meningkatkan hasil panen secara kuantitas dan kualitas. Sektor pertanian dan peternakan dapat hadir dengan memadukan Big Data, komputasi awan dan Internet of Things (IoT) untuk melakukan monitoring, otomatisasi dan analisis prediktif.Dalam sektor pertanian, Smart Farming tidak terbatas dalam menganalisis kondisi tanah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Smart Farming dapat digunakan untuk membangun sistem pengairan dan penyiraman otomatis, mengatur suhu green house agar sesuai dengan kebutuhan tanaman, bahkan bagi pertanian skala besar Smart Farming juga dapat diterapkan dalam penyortiran hasil panen secara otomatisasi yang tentunya akan meningkatkan efisiensi waktu pengerjaan. Begitu juga dalam bidang peternakan. Smart Poultry hadir untuk menjadi solusi bagi hampir seluruh permasalahan yang mungkin dihadapi oleh peternak. Mulai dari monitoring kondisi setiap hewan ternak secara real time dan menyeluruh, serta otomatisasi kandang. Dashboard ManagementIoT dan Smart Farming tentu tidak lengkap tanpa dashboard management untuk melakukan monitoring tanaman, hewan ternak, cuaca dan lingkungan. Selain itu, report management juga dapat dibuat secara khusus sesuai dengan kebutuhan serta target untuk dapat membantu pengambilan keputusan.Pemanfaatan Teknologi di bidang Pertanian dan Peternakan IndonesiaSektor pertanian dan peternakan di Indonesia sudah mulai banyak yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas hasil panen.Sebagai salah satu perusahaan peternakan unggas terpadu di Indonesia,  PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk atau lebih dikenal dengan Sreeya menjadi pelopor inovasi Smart Farm untuk mendigitalisasikan proses bisnis dengan memberikan data real time budi daya yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil ternak.Telkom Indonesia turut mendukung Sreeya dalam membangun dan menerapkan sistem Smart Farming yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Sreeya. Telkom Indonesia juga menginisiasi terbentuknya join research di lokasi peternakan milik Sreeya untuk menggali informasi lebih dalam agar dapat memberikan solusi terbaik. Smart Farming & Poultry yang disediakan oleh Telkom Indonesia ini merupakan inovasi yang dapat diterapkan di sektor pertanian atau peternakan lainnya untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari segi kuantitas maupun kualitas, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis perusahaan.
Dec 30, 2022

Riset Bisnis

Mengenal Internet of Things dan Berbagai Manfaatnya bagi Perusahaan

Di zaman yang serba modern ini, internet adalah hal penting yang perlu dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Salah satu hal dari internet yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk menjaga keberlangsungan bisnis adalah Internet of Things (IoT). Untuk membantu Anda memahami apa itu Internet of Things, simak definisi beserta manfaatnya berikut. Apa itu Internet of Things?Internet of Things (IoT) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jaringan objek fisik (things) yang disematkan dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya dengan  tujuan menghubungkan serta bertukar data dengan perangkat dan sistem lainnya melalui koneksi internet. Perangkat yang dimaksud dapat berupa benda-benda rumah tangga, hingga alat industri canggih. Saat ini, sudah ada 7 miliar perangkat IoT di seluruh dunia. Pada tahun 2025 mendatang, para ahli menprediksikan bahwa jumlah perangkat IoT akan meningkat sampai 22 miliar. Manfaat Internet of Things untuk perusahaanKemampuan Internet of Things dalam menghubungkan objek fisik dengan internet telah membawa sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan. Apa saja?Meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi tenaga kerja manusiaBerkat Internet of Things, tugas sehari-hari karyawan di kantor dapat dilakukan secara otomatis sehingga sumber daya manusia dapat dialihkan ke tugas yang lebih kompleks dan membutuhkan keterampilan khusus, terutama tugas yang membutuhkan pemikiran out-of-the-box. Dengan demikian, jumlah pekerja dapat dikurangi dan menghasilkan pengurangan biaya operasi bisnis. Manajemen operasi yang efisienManfaat Internet of Things selanjutnya adalah meningkatkan efisiensi manajemen operasi perusahaan. Pasalnya, Internet of Things memungkinkan perusahaan untuk mengontrol beberapa area bisnis secara otomatis, misalnya manajemen inventaris, pelacakan pengiriman, hingga manajamen bahan bakar dan suku cadang. Penggunaan sumber daya dan aset yang lebih baik serta maksimalPenjadwalan dan pemantauan otomatis yang diterapkan dengan bantuan sensor memungkinkan perusahaan untuk menjaga efektivitas dari penggunaan sumber daya alam, peningkatan manajemen daya (power management), hingga konsumsi air. Misalnya, detektor gerakan dapat menghemat uang dalam tagihan listrik dan air sehingga membantu perusahaan untuk lebih produktif dan ramah lingkungan. Meningkatkan keselamatan kerjaProses pemeliharaan sumber daya dan aset kantor yang terjadwal dengan bantuan Internet of Things mampu memastikan keselamatan operasional dan kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Pada gilirannya, kondisi kerja yang aman ini dapat membuat investor, mitra, dan personel tertarik terhadap perusahaan Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan reputasi dan membuat perusahaan Anda semakin dipercaya. Mengurangi kesalahan manusiaSalah satu manfaat Internet of Things yang paling penting adalah mengurangi risiko human error atau kesalahan manusia di dalam berbagai aktivitas operasi bisnis. Menjaga keamanan perusahaanDengan adanya CCTV (kamera pengintai), sensor gerak, dan perangkat pemantauan lainnya, keamanan perusahaan akan terjaga. Berbagai teknologi yang dihadirkan oleh Internet of Things ini juga bisa mencegah tindakan pencurian dan bahkan membentengi perusahaan Anda dari spionase. Meningkatkan customer experience dan menjaga retensi pelangganMelalui Internet of Things, perusahaan dapat melakukan pengumpulan data spesifik dari pengguna dengan perangkat pintar. Tentunya, ini dapat membantu perusahaan Anda dalam memahami harapan serta perilaku pelanggan secara lebih baik. Tidak hanya itu, Internet of Things juga bisa meningkatkan customer experience dengan cara memfasilitasi tindak lanjut setelah penjualan, seperti pelacakan otomatis dan mengingatkan pelanggan tentang pemeliharaan dari produk yang mereka beli. Berbagai hal di atas menjadi bukti bahwa Internet of Things adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh perusahaan dalam mengembangkan dan mengelola bisnis. 
Sep 02, 2022

Cerita Sukses

Modernisasi Pengelolaan Sekolah dengan Pijar Sekolah

Sekolah tidak hanya sekadar tentang proses belajar mengajar. Sejatinya sekolah merupakan perusahaan. Dibutuhkan pengelolaan yang profesional untuk memastikan sekolah dapat berjalan dengan lancar dan berhasil menghadapi berbagai tantangan yang ada. Sayangnya, masih belum banyak yang menyadari hal ini. Sampai saat ini, banyak sekolah yang masih belum dikelola secara profesional. Semua diserahkan hanya pada kepala sekolah dan para guru. Ini tentu menimbulkan banyak masalah seperti pengelolaan data yang masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan data itu jika ingin digunakan. Selain itu ini juga membebani para guru karena selain mengajar juga harus mengerjakan masalah pengelolaan data ini. Tidak hanya itu, masalah pengelolaan data ini juga menimbulkan masalah baru dan beberapa diantaranya adalahnya sistem penilaian yang dinilai tidak transparan dengan tingkat akurasi cukup rendah. Permasalahan akurasi ini muncul karena dengan pengelolaan data secara manual dan kesulitan mencari data lama sehingga para guru tidak dapat mengukur kompetensi para siswa dengan baik. Ini juga menyebabkan orang tua merasa kesulitan untuk melakukan pengawasan terhadap nilai anak-anak mereka. Para orang tua hanya tahu apa yang diinformasikan oleh para guru saja. Hal ini juga dihadapi oleh sekolah-sekolah negeri di kota Semarang. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi di mana industri pendidikan merupakan salah satu industri yang paling terdampak karena proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka sedangkan pandemi membuat hal itu tidak dapat dilakukan. Pijar Sekolah, Api Semangat Modernisasi Pengelolaan SekolahSebanyak 324 Sekolah Dasar dan 45 Sekolah Menengah Pertama di kota Semarang bekerja sama dengan Telkom Indonesia dan mulai menggunakan aplikasi Pijar Sekolah untuk mulai melakukan pengelolaan sekolah secara digital. Kota Semarang memilih Pijar Indonesia tentu saja karena aplikasi milik salah satu BUMN terkemuka ini merupakan aplikasi terbaik yang menawarkan banyak manfaat yang akan meningkatkan kualitas sekolah. Langkah Awal Menuju DigitalisasiAplikasi ini menawarkan sekolah untuk melakukan pengelolaan data secara manual. Ini tentu sebuah loncatan besar mengingat selama ini seluruh data dikerjakan secara manual. Setiap awal tahun ajaran, sekolah tenggelam dalam berbagai data terkait para siswa, baik siswa baru maupun siswa lama. Ini tentu saja membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikannya. Pengelolaan secara manual juga memperbesar kemungkinan terjadi kesalahan yang dilakukan oleh manusia (human error). Dengan pengelolaan secara digital maka sekolah dapat melakukan efisiensi waktu. Selain waktu pengerjaan juga waktu untuk mencari data saat dibutuhkan karena seluruh data sudah terintegrasi. Selain itu, Pijar Sekolah dilengkapi dengan System Information Management (SIM) yang memungkinkan sekolah untuk melakukan pengelolaan data dengan cara digital secara aman. Modul yang Lengkap dan Mudah DigunakanPijar Sekolah tidak hanya hadir untuk menyelesaikan permasalah pengelolaan data di sekolah. Aplikasi ini dihadirkan Telkom Indonesia untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Itu berarti selain sekolah maka para siswa yang merupakan konsumen dari sekolah juga harus diperhatikan. Berbekal pemikiran ini, Pijar Sekolah dilengkapi dengan berbagai yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa. Jika System Information Management fokus pada kebutuhan sekolah, maka Modul Pembelajaran Digital dan Modul Ujian dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para siswa. Dunia yang terus berkembang dan pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu menyebabkan sekolah harus mencari cara agar dapat tetap melakukan proses belajar-mengajar yang pada akhirnya menghadirkan proses belajar-mengajar yang dilakukan secara daring (online). Modul Pembelajaran Digital akan mempermudah para guru dan siswa untuk melakukan proses belajar-mengajar dari mana saja, tidak terbatas pada ruang kelas semata. Selain itu, modul ini juga memungkinkan siswa untuk melakukan eksplorasi yang lebih mendalam terhadap materi pembelajaran yang mereka sukai tanpa harus menunggu jadwal proses belajar-mengajar. Sedangkan Modul Ujian memungkinkan para siswa untuk mengerjakan banyak latihan soal secara mandiri. Modul ini juga mempermudah pelaksanaan ujian. Lebih jauh lagi, modul ini dapat diintegrasikan dengan penilaian sehingga hasil ujian dapat langsung diketahui dengan cepat dan akurat. Pijar Sekolah, Solusi yang Dibutuhkan oleh Sekolah di IndonesiaApakah hanya tentang pengelolaan data saja yang menjadi masalah industri pendidikan Indonesia? Tentu saja tidak. Sekolah juga menghadapi tantangan komunikasi terutama dengan para orang tua siswa. Hal ini sudah menjadi tantangan sejak bertahun-tahun lalu. Orang tua siswa selalu berpendapat kalau selama ini sekolah tidak cukup transparan kepada mereka. Banyak orang tua yang mempertanyakan penilaian yang diberikan oleh guru kepada anak-anak mereka. Mempertanyakan bagaimana cara para guru melakukan pengukuran kompetensi dan seakurat apa hasil pengukuran yang dilakukan oleh para guru. Tidak hanya itu, para orang tua juga sering kali merasa bingung karena tidak mendapatkan informasi yang cukup terkait perkembangan anak-anak mereka di sekolah. Pijar Sekolah dapat menjawab permasalahan itu. Ya, Pijar Sekolah merupakan aplikasi yang tidak hanya menjawab kebutuhan sekolah tetapi juga kebutuhan para siswa dan orang tua. Hal ini karena Telkom Indonesia sebagai pengembang dari aplikasi ini menyadari kalau sekolah, siswa dan orang tua adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan untuk membangun sebuah sekolah dengan kualitas yang diunggulkan. Selain dilengkapi dengan System Information Management dan berbagai modul menarik dan dapat digunakan di mana saja, Pijar Sekolah juga dilengkapi dengan dashboard monitoring Siswa yang dapat diakses oleh para orang tua. Melalui dashboard ini berbagai pertanyaan yang selama ini menghantui orang tua dapat terjawab. Aplikasi ini juga akan meningkatkan tingkat akurasi pengukuran kompetensi siswa karena para guru dapat dengan mudah mengakses data sebelumnya dan membandingkan dengan data dari hasil terbaru. Hal yang dulu akan membutuhkan waktu sangat lama untuk dikerjakan, dengan aplikasi Pijar Sekolah dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan hasil yang jauh lebih akurat dari sebelumnya. Kehadiran Pijar Sekolah diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh sekolah di Indonesia seperti yang sudah dibuktikan oleh banyak sekolah negeri di kota Semarang. Hasil akhir dari penggunaan aplikasi ini tentu saja meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. Telkom Indonesia percaya dengan pendidikan yang unggul, Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lain tidak hanya di kawasan Asia Tenggara tetapi juga secara global. 
Dec 30, 2022

Artikel

Internet of Things, Kunci Keberhasilan Bisnis di Era 4.0

Dalam beberapa tahun terakhir, keunggulan, inovasi dan perkembangan dari Internet of Things sudah menjadi bahan pembicaraan. Teknologi yang sudah dimulai sejak tiga dekade terakhir ini terus mengalami perkembangan relatif pesat hingga saat ini. Keunggulan dan inovasi dari IoT sudah menjadi daya tarik bagi bisnis dan perusahaan.Konsep Internet of Things (IoT) memiliki dua fitur utama, yaitu: Otomatisasi, gagasan umum IoT melibatkan komunikasi langsung antar perangkat tanpa melibatkan campur tangan manusia.Konektivitas, koneksi sangat dibutuhkan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi data antar perangkat.Kedua fitur ini tentu saja membutuhkan dukungan dari berbagai teknologi untuk memastikan transfer data, analisis, dan respon otomatis antar beberapa perangkat. Penggunaan berbagai teknologi tersebut membutuhkan dukungan dari IoT. Ada beberapa manfaat IoT yang akan mempermudah aktivitas bisnis, yaitu: Pemanfaatan sumber daya dan aset yang lebih baikIoT memungkinkan dilakukannya penjadwalan dan pemantauan otomatis dengan bantuan penggunaan sensor yang saling terhubung. Tidak hanya meningkatkan efisiensi, hal ini juga dapat meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan aset perusahaan. Misalnya dengan otomatisasi, perusahaan dapat mengelola penggunaan air, listrik atau sumber daya lainnya dengan lebih baik karena tidak lagi bergantung pada manusia yang memungkinkan terjadi human error. Peningkatan keselamatan kerjaSelain itu, IoT juga dapat meningkatkan keselamatan kerja terutama di bidang operasional yang biasanya rentan kecelakaan kerja. Dengan IoT, mesin dapat bekerja secara otomatis dan fungsi pekerja berubah menjadi pengawas sehingga tidak perlu langsung berinteraksi dengan mesin yang akan meningkatkan keamanan di lingkungan pekerjaan. Sudah banyak perusahaan yang membuktikan bahwa angka kecelakaan kerja berkurang sejak menerapkan Internet of Things. Tentu ini kabar baik bagi perusahaan karena kondisi kerja yang aman akan meningkatkan ketertarikan investor, mitra, bahkan sumber daya manusia untuk terlibat dalam bisnis atau perusahaan. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaanSebelum ada IoT, peningkatan produktivitas kerja berbanding lurus dengan penambahan tenaga kerja, solusi IoT memungkinkan bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tanpa harus menambah pegawai sebanyak sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa pekerjaan dapat dilakukan secara otomatis sehingga sumber daya manusia hanya bertanggung jawab untuk pekerjaan yang lebih kompleks atau bersifat sebagai pengawas pekerjaan yang dilakukan oleh mesin. Ada banyak pemanfaatan dari IoT yang akan memberikan keuntungan bagi bisnis. Mulai dari meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Tetapi perusahaan tentu tidak bisa sembarangan menerapkan teknologi ini. Jika diterapkan tanpa perhitungan yang matang dan penyedia jasa yang mumpuni, maka teknologi ini tidak akan mendatangkan keuntungan sebesar yang seharusnya. Telkom Indonesia menghadirkan Platform IoT yang berkomitmen untuk membantu perusahaan di Indonesia menerapkan teknologi ini ke dalam bisnis. Tidak hanya menyediakan teknologi IoT, Telkom Indonesia terus berinovasi dan memperbaiki teknologi yang mereka miliki agar memberikan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan yang bekerja sama dengan salah satu BUMN terkemuka di Indonesia ini. 
May 05, 2023

Cerita Sukses

Pijar Sekolah, Api Semangat Baru dalam Dunia Pendidikan

Pendidikan merupakan hak dasar seorang manusia dan harus dipenuhi oleh negara. Tidak ada seorang pun yang membantah pernyataan ini. Negara setuju dan menghadirkan program wajib belajar bagi seluruh penduduk. Selain itu, pendidikan juga merupakan salah satu instrumen utama untuk mengurangi bahkan mengakhiri kemiskinan ekstrem. Pendidikan juga salah satu faktor agar negara dapat bergerak maju. Sayangnya, serupa dengan industri lain, pendidikan juga menghadapi berbagai tantangan yang sangat kompleks. Selain masalah kurikulum yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan karena belum ditemukannya kurikulum yang tepat untuk diimplementasikan, industri pendidikan juga dihadapkan pada tantangan dalam bidang pengelolaan data. Industri pendidikan salah satu industri yang memiliki data dalam jumlah besar. Mulai dari data siswa, data pelajaran, data penilaian, dan berbagai data lainnya. Tentu saja tidak mudah mengelola semua data ini. Selain dibutuhkan tenaga dan waktu yang cukup banyak juga dibutuhkan keterampilan serta kompetensi dari para pelakunya. Ini tentu menambah beban para pelaku industri ini terutama para guru dan pengajar. Fokus mereka akan terpecah yang disadari atau tidak akan berdampak pada proses belajar mengajar. Telkom Indonesia menyadari kalau tantangan ini dapat diselesaikan dengan penerapan teknologi tepat guna. Berbekal komitmen untuk mengambil bagian dari kemajuan Indonesia, Telkom Indonesia menghadirkan solusi yaitu sistem Pengelolaan Sekolah yaitu Pijar Sekolah. Modernisasi Pengelolaan Sekolah dengan Solusi DigitalPerkembangan teknologi yang masif menghadirkan begitu banyak potensi untuk dimanfaatkan dalam berbagai sektor dan bidang dalam kehidupan manusia. Salah satunya tentu saja industri pendidikan yang merupakan salah satu industri penting dewasa ini. Pijar Sekolah merupakan aplikasi yang dihadirkan oleh Telkom Indonesia untuk membantu sekolah dalam melakukan pengelolaan manajemen sistem informasi sekolah secara digital dan terintegrasi. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan data yang dimiliki oleh sekolah dapat dikelola secara digital dan terpusat sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien yang pada akhirnya tidak hanya menguntungkan sekolah dan para guru tetapi juga konsumen utama dari industri ini yaitu para murid. Manfaat lain yang akan didapat oleh sekolah jika menggunakan Pijar Sekolah adalah: Data Dikelola Secara Digital dan TerintegrasiSalah satu tantangan utama yang dihadapi oleh sekolah adalah banyaknya data yang harus dikelola. Proses pengelolaan ini meliputi pencatatan, pengarsipan dan berbagai tahapan lain yang memakan waktu serta membutuhkan kompetensi tertentu. Dengan menggunakan Pijar Sekolah maka hal ini dapat dilakukan dengan lebih efisien. Melalui Modul Sistem Informasi Management (SIM) Sekolah dapat dengan mudah mengelola seluruh data yang dimiliki mulai dari data sekolah, guru, murid, nilai serta data penting lainnya. Semua data ini nantinya akan tersimpan secara digital dan terpusat sehingga dapat diakses oleh siapa saja jika dibutuhkan. Proses Belajar Mengajar yang FleksibelPandemi mengubah banyak hal dalam hidup. Salah satunya adalah hadirnya proses belajar mengajar secara daring menggantikan proses belajar mengajar secara tatap muka. Tetapi peralihan ini tidak akan berjalan mulus jika sekolah masih menggunakan pengelolaan secara manual. Jika sekolah menggunakan Pijar Sekolah maka peralihan ini akan lebih mulus. Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah Modul Pembelajaran Digital yang dapat diakses dari mana saja oleh para guru dan murid. Jika sebelumnya para guru harus menggunakan aplikasi lain untuk mengajar atau memberikan tugas, sekarang hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan satu aplikasi. Ini tentu memudahkan dan meningkatkan efisiensi. Lebih Akurat Mengukur Kompetensi MuridPijar Sekolah selain mengelola data secara digital dan menyediakan modul yang dapat diakses dari mana saja, aplikasi ini juga memungkinkan para murid untuk melatih kompetensinya dengan mengerjakan latihan soal di Modul ujian. Selain itu, Pijar Sekolah juga memudahkan pelaksanaan ujian. Ditambah dengan penilaian yang langsung terintegrasi dengan data lainnya membuat para guru dapat mengukur kompetensi siswa dengan lebih mudah dan lebih akurat dari sebelumnya. Pijar Sekolah, Solusi Digital Terbaik Dari sekian banyak tantangan yang dihadapi oleh industri pendidikan, mengubah sistem yang selama ini dari manual menjadi digital adalah hal yang harus segera dilakukan. Menjadi digital berarti sekolah sudah menyelesaikan setengah dari tantangan yang dihadapi selama ini. Lantas, mengapa harus Pijar Sekolah? Selain karena ini merupakan aplikasi dari Telkom Indonesia yang memiliki sumber daya manusia terbaik di bidangnya, sekolah harus menggunakan aplikasi ini karena:Didukung Teknologi TerbaikTelkom Indonesia terus memegang teguh komitmen untuk menjadi bagian dari kemajuan Indonesia sehingga aplikasi Pijar Sekolah ini didukung oleh berbagai teknologi terbaik yang ada di Telkom Indonesia. Selain itu aplikasi ini juga didukung oleh sumber daya manusia terbaik yang tidak berhenti melakukan pengembangan dari teknologi yang sudah ada.Bisa Digunakan Kapan SajaMenyadari kalau aplikasi ini akan digunakan oleh orang dengan berbagai background dan pemahaman yang berbeda terhadap teknologi maka Pijar Sekolah dihadirkan untuk dapat digunakan oleh siapa saja. Tentu ini kabar baik karena berarti baik murid sekolah dasar sampai orang tua dengan pemahaman teknologi rendah dapat menggunakan aplikasi ini. Dilengkapi dengan Modul MenarikPijar Sekolah dilengkapi dengan berbagai modul yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sekolah secara modern. Modul-modul ini dihadirkan dengan menarik tetapi masih mudah untuk digunakan sehingga tidak memberatkan para penggunakan.Dengan berbagai fitur menarik, Pijar Sekolah diharapkan dapat menjadi solusi untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri pendidikan yang pada akhirnya akan meningkatkan sumber daya manusia yang dihasilkan. Hanya dengan pendidikan negara ini dapat bersaing dengan negara lainnya. 
Dec 30, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.