Sekolah tidak hanya sekadar tentang proses belajar mengajar. Sejatinya sekolah merupakan perusahaan. Dibutuhkan pengelolaan yang profesional untuk memastikan sekolah dapat berjalan dengan lancar dan berhasil menghadapi berbagai tantangan yang ada. Sayangnya, masih belum banyak yang menyadari hal ini.
Sampai saat ini, banyak sekolah yang masih belum dikelola secara profesional. Semua diserahkan hanya pada kepala sekolah dan para guru. Ini tentu menimbulkan banyak masalah seperti pengelolaan data yang masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan data itu jika ingin digunakan. Selain itu ini juga membebani para guru karena selain mengajar juga harus mengerjakan masalah pengelolaan data ini.
Tidak hanya itu, masalah pengelolaan data ini juga menimbulkan masalah baru dan beberapa diantaranya adalahnya sistem penilaian yang dinilai tidak transparan dengan tingkat akurasi cukup rendah. Permasalahan akurasi ini muncul karena dengan pengelolaan data secara manual dan kesulitan mencari data lama sehingga para guru tidak dapat mengukur kompetensi para siswa dengan baik. Ini juga menyebabkan orang tua merasa kesulitan untuk melakukan pengawasan terhadap nilai anak-anak mereka. Para orang tua hanya tahu apa yang diinformasikan oleh para guru saja.
Hal ini juga dihadapi oleh sekolah-sekolah negeri di kota Semarang. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi di mana industri pendidikan merupakan salah satu industri yang paling terdampak karena proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka sedangkan pandemi membuat hal itu tidak dapat dilakukan.
Sebanyak 324 Sekolah Dasar dan 45 Sekolah Menengah Pertama di kota Semarang bekerja sama dengan Telkom Indonesia dan mulai menggunakan aplikasi Pijar Sekolah untuk mulai melakukan pengelolaan sekolah secara digital. Kota Semarang memilih Pijar Indonesia tentu saja karena aplikasi milik salah satu BUMN terkemuka ini merupakan aplikasi terbaik yang menawarkan banyak manfaat yang akan meningkatkan kualitas sekolah.
Aplikasi ini menawarkan sekolah untuk melakukan pengelolaan data secara manual. Ini tentu sebuah loncatan besar mengingat selama ini seluruh data dikerjakan secara manual. Setiap awal tahun ajaran, sekolah tenggelam dalam berbagai data terkait para siswa, baik siswa baru maupun siswa lama. Ini tentu saja membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikannya. Pengelolaan secara manual juga memperbesar kemungkinan terjadi kesalahan yang dilakukan oleh manusia (human error).
Dengan pengelolaan secara digital maka sekolah dapat melakukan efisiensi waktu. Selain waktu pengerjaan juga waktu untuk mencari data saat dibutuhkan karena seluruh data sudah terintegrasi. Selain itu, Pijar Sekolah dilengkapi dengan System Information Management (SIM) yang memungkinkan sekolah untuk melakukan pengelolaan data dengan cara digital secara aman.
Pijar Sekolah tidak hanya hadir untuk menyelesaikan permasalah pengelolaan data di sekolah. Aplikasi ini dihadirkan Telkom Indonesia untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Itu berarti selain sekolah maka para siswa yang merupakan konsumen dari sekolah juga harus diperhatikan. Berbekal pemikiran ini, Pijar Sekolah dilengkapi dengan berbagai yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa.
Jika System Information Management fokus pada kebutuhan sekolah, maka Modul Pembelajaran Digital dan Modul Ujian dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para siswa. Dunia yang terus berkembang dan pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu menyebabkan sekolah harus mencari cara agar dapat tetap melakukan proses belajar-mengajar yang pada akhirnya menghadirkan proses belajar-mengajar yang dilakukan secara daring (online).
Modul Pembelajaran Digital akan mempermudah para guru dan siswa untuk melakukan proses belajar-mengajar dari mana saja, tidak terbatas pada ruang kelas semata. Selain itu, modul ini juga memungkinkan siswa untuk melakukan eksplorasi yang lebih mendalam terhadap materi pembelajaran yang mereka sukai tanpa harus menunggu jadwal proses belajar-mengajar.
Sedangkan Modul Ujian memungkinkan para siswa untuk mengerjakan banyak latihan soal secara mandiri. Modul ini juga mempermudah pelaksanaan ujian. Lebih jauh lagi, modul ini dapat diintegrasikan dengan penilaian sehingga hasil ujian dapat langsung diketahui dengan cepat dan akurat.
Apakah hanya tentang pengelolaan data saja yang menjadi masalah industri pendidikan Indonesia? Tentu saja tidak. Sekolah juga menghadapi tantangan komunikasi terutama dengan para orang tua siswa. Hal ini sudah menjadi tantangan sejak bertahun-tahun lalu. Orang tua siswa selalu berpendapat kalau selama ini sekolah tidak cukup transparan kepada mereka.
Banyak orang tua yang mempertanyakan penilaian yang diberikan oleh guru kepada anak-anak mereka. Mempertanyakan bagaimana cara para guru melakukan pengukuran kompetensi dan seakurat apa hasil pengukuran yang dilakukan oleh para guru. Tidak hanya itu, para orang tua juga sering kali merasa bingung karena tidak mendapatkan informasi yang cukup terkait perkembangan anak-anak mereka di sekolah.
Pijar Sekolah dapat menjawab permasalahan itu. Ya, Pijar Sekolah merupakan aplikasi yang tidak hanya menjawab kebutuhan sekolah tetapi juga kebutuhan para siswa dan orang tua. Hal ini karena Telkom Indonesia sebagai pengembang dari aplikasi ini menyadari kalau sekolah, siswa dan orang tua adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan untuk membangun sebuah sekolah dengan kualitas yang diunggulkan.
Selain dilengkapi dengan System Information Management dan berbagai modul menarik dan dapat digunakan di mana saja, Pijar Sekolah juga dilengkapi dengan dashboard monitoring Siswa yang dapat diakses oleh para orang tua. Melalui dashboard ini berbagai pertanyaan yang selama ini menghantui orang tua dapat terjawab.
Aplikasi ini juga akan meningkatkan tingkat akurasi pengukuran kompetensi siswa karena para guru dapat dengan mudah mengakses data sebelumnya dan membandingkan dengan data dari hasil terbaru. Hal yang dulu akan membutuhkan waktu sangat lama untuk dikerjakan, dengan aplikasi Pijar Sekolah dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan hasil yang jauh lebih akurat dari sebelumnya.
Kehadiran Pijar Sekolah diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh sekolah di Indonesia seperti yang sudah dibuktikan oleh banyak sekolah negeri di kota Semarang. Hasil akhir dari penggunaan aplikasi ini tentu saja meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. Telkom Indonesia percaya dengan pendidikan yang unggul, Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lain tidak hanya di kawasan Asia Tenggara tetapi juga secara global.
Jelajahi solusi dari MyTEnS
MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.Riset Bisnis
Mengenal Internet of Things dan Berbagai Manfaatnya bagi Perusahaan
Cerita Sukses
Telkom Indonesia Untuk Transformasi Digital Pertanian dan Peternakan
Cerita Sukses
Telkom Indonesia Dukung Digitalisasi Smart Poultry Farming
Artikel
Internet of Things, Kunci Keberhasilan Bisnis di Era 4.0
Cerita Sukses
Pijar Sekolah, Api Semangat Baru dalam Dunia Pendidikan
MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA