MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

Apa itu Big Data & Pengaruhnya terhadap Pengembangan Bisnis

Cerita Sukses
Aug 31, 2022
Apa itu Big Data & Pengaruhnya terhadap Pengembangan Bisnis

"Data adalah sumber daya paling berharga di dunia" adalah fakta yang sering disebut saat ini. Menurut The Economist, sebagian besar penggunaan data ditujukan untuk memperkuat peluang bisnis dan membantu proses pengambilan keputusan yang penting. 

Peter Drucker & E.Edward Deming, tokoh penting dalam bisnis dan ekonomi menyatakan pentingnya data digital pada frasa, "Anda tidak dapat mengontrol apa yang tidak dapat Anda ukur". Sederhananya, mengukur big data berarti mengetahui dan memahami lebih banyak tentang bisnis Anda. Ini berarti Anda dapat menemukan banyak hal untuk ditingkatkan dan menggunakannya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan untuk kinerja bisnis yang lebih baik.

Lalu, apa itu big data?

Big Data adalah istilah dari volume data yang besar, kompleks, dan berkembang pesat, yang terus ada selama bisnis berjalan, baik terstruktur atau tidak. Secara definisi, big data dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Volume, jumlah data yang disimpan
  2. Velocity, kecepatan di mana aliran data harus diproses dan dianalisis
  3. Variety, berbagai sumber dan bentuk data yang dikumpulkan, seperti angka, teks, video, gambar atau audio

Ketiga bagian big data ini digunakan untuk mendapatkan wawasan dan membuat prediksi, sehingga akan lebih baik jika proses pengambilan keputusan mempertimbangkan setiap detail atributnya. 

Fungsi & Manfaat Big Data untuk Bisnis 

Data tersebar di mana-mana. Di ponsel, aplikasi, game, kendaraan, situs web, dan banyak lagi. Sebagian besar objek di era teknologi mampu mentransmisikan data atau informasi dalam jumlah besar, dan informasi ini sangat berharga untuk bisnis. Berikut penjelasan singkat mengenai fungsi dan manfaat big data bagi bisnis: 

  1. Membantu mengidentifikasi penyebab masalah kompleks
    Dalam menjalankan bisnis, kita sering ditantang oleh berbagai permasalahan yang kompleks. Big Data membantu kita menemukan dan menganalisis penyebab masalah yang terjadi. Penggunaan big data dapat meminimalisir terjadinya perbedaan data, karena hasil analisis masalah ditampilkan secara real-time. 

  2. Pengambilan Keputusan cepat
    Untuk mengambil keputusan yang tepat dan cepat, tentunya kita harus memiliki bukti pendukung berupa data. Kombinasi big data dengan IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence) akan sangat mendukung proses penyimpanan data dan informasi penting untuk memecahkan suatu masalah dan mengembangkan produk. Tidak hanya berguna untuk proses pemecahan masalah, bisnis juga dapat memanfaatkan Big Data untuk mendeteksi kemungkinan krisis atau kerusakan pada produk yang kita kembangkan atau strategi yang kita jalankan, sehingga mempercepat penanganan masalah dan mengoptimalkan proses bisnis.

  3. Efisiensi biaya dan efektivitas waktu
    Setiap hari proses bisnis berjalan, data terus mengalir. Dalam sehari, mungkin ada ribuan atau bahkan jutaan data yang muncul. Bayangkan jika bisnis Anda tidak memanfaatkan sistem Big Data, berapa banyak waktu dan biaya yang akan Anda habiskan untuk memprosesnya? Oleh karena itu, penyimpanan data dengan sistem Big Data sangat mendukung efisiensi biaya dan efektivitas waktu. Anda dapat mengelola data lebih cepat, sehingga pengembangan produk/layanan dapat berjalan dengan lancar.

Apakah bisnis Anda sudah menggunakan platform Big Data? Klik di sini untuk mempelajari lebih detail bagaimana platform big data kami dapat menguntungkan bisnis Anda.

Jelajahi solusi dari MyTEnS

MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.

Insight Terkait

Cerita Sukses

Meningkatkan Layanan Pengelolaan Air dengan Smart Water Meter

Air merupakan salah satu kebutuhan vital kehidupan yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Keberadaan perusahaan pengelolaan air merupakan sebuah keharusan karena saat ini air yang tersedia tidak dapat digunakan secara langsung disebabkan oleh berbagai alasan seperti terkontaminasi mineral berbahaya atau tercemar oleh kondisi lingkungan serta berbagai alasan lainnya. Di Indonesia, air bersih dikelola oleh perusahaan milik negara yang pada pelaksanaannya dipecah ke dalam perusahaan milik daerah yang menaungi kawasan-kawan lebih kecil seperti kota, kabupaten atau provinsi.Salah satunya adalah PT. Tirta Asasta yang merupakan perusahaan pengelola air untuk kota Depok. Seperti arti namanya, air kesejahteraan, kehadiran PT Tirta Asasta ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Depok melalui penyediaan air bersih sebagai salah satu kebutuhan hidup utama. Sayangnya, serupa dengan beberapa perusahaan pengelolaan air di Indonesia, PT Tirta Asasta juga dihadapkan para beberapa permasalahan yang cukup kompleks. Permasalahan tersebut di antaranya kebocoran pipa, non-revenue water, serta perhitungan dan pencatatan penggunaan air oleh konsumen yang masih dilakukan secara konvensional dan membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah besar dengan angka kegagalan yang cukup tinggi. Kebocoran pipa merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Air dialirkan dengan menggunakan pipi panjang dari pusat pengelolaan sebelum digunakan oleh konsumen. Tentu tidak mudah untuk melakukan perawatan terhadap pipa-pipa tersebut. Dan lebih tidak mudah lagi untuk melakukan pendeteksian terhadap kebocoran apabila tidak didukung oleh teknologi yang tepat guna. Biasanya kebocoran pipa baru diketahui setelah terjadi dalam jumlah besar. Untuk menangani kebocoran ini, PT Tirta Asasta harus menghentikan penyaluran air ke area yang diduga terjadi kebocoran. Penghentian aliran air ini dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama. Selain merugikan konsumen, hal seperti ini juga akan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar untuk PT Tirta Asasta. Tidak hanya itu, kebocoran pipa juga memunculkan masalah lainnya yaitu non-revenue water atau air yang tidak membawa keuntungan. Kebocoran membuat air terbuang percuma karena tidak sampai ke tangan konsumen. Kerugian lain yang dapat disebabkan oleh kebocoran ini adalah menyebabkan melonjaknya tagihan konsumen sehingga menyebabkan komplain yang akan merusak citra perusahaan PT Tirta Asasta selaku perusahaan pengelolaan air.Pengukuran yang masih dilakukan secara konvensional di mana seorang petugas akan mendatangi konsumen satu kali setiap bulan untuk melakukan pencatatan juga permasalahan yang harus segera ditemukan solusinya. Proses pencatatan ini tidak selalu berlangsung dengan mulus karena berbagai kendala di lapangan seperti kondisi rumah yang terkunci, pagar yang terlalu tinggi, posisi meter yang tidak mudah dijangkau atau tertutupi oleh tanaman dan lain hal. Kendala dalam pencatatan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar dan terus menerus.Seperti yang sudah disebutkan ini merupakan masalah yang cukup kompleks dengan urgensi untuk ditangani secepat mungkin atau PT Tirta Asasta akan terus menerus mengalami kerugian yang menghambat perusahaan untuk berkembang dan melakukan pembenahan layanan. Salah satu solusi yang digunakan PT Tirta Asasta untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah Smart Water Meter dari Telkom Indonesia. Perkembangan Teknologi Menghadirkan Smart Water Meter Sebagai SolusJIka dikerucutkan, permasalahan yang dihadapi oleh PT Tirta Asasta disebabkan oleh pengawasan yang hanya dapat dilakukan secara terbatas. PT Tirta Asasta tidak dapat melakukan pengawasan secara dekat, menyeluruh dan real-time. Ketidakmampuan ini merupakan sumber permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya. Jika hal ini dapat diselesaikan maka akan menjadi solusi bagi permasalahan utama yang dihadapi oleh PT Tirta Asasta kota Depok. Seperti di bidang lain, teknologi merupakan solusi terbaik yang dimiliki oleh PT Tirta Asasta. Perkembangan teknologi menghadirkan Smart Water Meter. Sama seperti teknologian lain yang memiliki kata "smart" di depannya, Smart Water Meter juga berarti water meter yang  dilengkapi dengan berbagai teknologi seperti Internet of Things yang membuat perangkat Smart Water Meter dapat melakukan pengawasan secara otomatis dan real-time. Jika pengawasan dilakukan secara otomatis dan sepanjang waktu maka PT Tirta Asasta akan mendapatkan data secara real-time. Tidak hanya data terkait penggunaan air oleh konsumen, PT TIrta Asasta juga akan mendapatkan data yang berhubungan dengan tekanan air dan sebagainya. Dengan adanya informasi ini, PT Tirta Asasta dapat mendeteksi kebocoran pada pipa sejak dini sehingga dapat melakukan penanganan secara cepat dan tepat. Tetapi tidak hanya itu alasan mengapa PT Tirta Asasta memilih untuk menggunakan Smart Water Meter. Teknologi ini menawarkan banyak keuntungan, beberapa yang utama di antaranya:Efisiensi dan Penghematan Hanya dengan menggunakan Smart Water Meter maka PT Tirta Asasta dapat melakukan efisiensi dan penghematan. PT Tirta Asasta dapat melakukan penghematan dari segi biaya karena sekarang semua dilakukan secara otomatis sehingga tidak lagi diperlukan sumber daya manusia dalam jumlah besar untuk melakukan pencatatan secara manual. Smart Water Meter juga secara signifikan mengurangi angka konsumen yang tidak melakukan pembayaran karena kegagalan dalam proses pencatatan meter air disebabkan berbagai kendala di lapangan. Otomatisasi juga menyebabkan penghematan waktu dan energi. Andal dengan Akurasi TinggiSmart Water Meter dapat diandalkan karena dilengkapi dengan dashboard management yang dapat digunakan perusahaan untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh data yang masuk secara real-time. Data yang didapat juga memiliki akurasi lebih tinggi daripada metode konvensional yang digunakan sebelumnya. Dengan data yang dihasilkan oleh Smart Water Meter, dengan menggunakan pengolahan data yang tepat maka perusahaan pengelolaan air dapat mengambil keputusan yang lebih baik dari sebelumnya juga menghadirkan layanan yang lebih sesuai dan tepat bagi konsumen. Kustomisasi dan personalisasiTeknologi yang digunakan dalam Smart Water Meter memungkinkan PT Tirta Asasta untuk melakukan kustomisasi atau penyesuaian baik saat pemasangan maupun di masa depan. Dengan kemampuan penyesuaian ini perusahaan dapat menggunakan Smart Water Meter sesuai dengan kebutuhan tanpa harus menyia-nyiakan sumber daya. Di kemudian hari, jika dibutuhkan maka perusahaan dapat melakukan peningkatan baik pelayanan maupun ukuran ruang penyimpanan seperti cloud dan semacamnya. Tidak hanya itu, dengan berbagai jenis data yang dapat dikumpulkan oleh Smart Water Meter, PT Tirta Asasta dapat melihat kebiasaan dari konsumen yang dapat diolah menjadi penawaran yang berbeda kepada setiap konsumen disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka. Penawaran yang dikustomisasi seperti ini akan meningkatkan loyalitas dari konsumen karena memberikan kesan setiap konsumen itu penting bagi PT Tirta Asasta.Telkom Indonesia Menggunakan Teknologi Terbaik Untuk Smart Water MeterSmart Water Meter dari Telkom Indonesia menjadi pilihan terbaik bagi PT Tirta Asasta karena layanan ini dihadirkan oleh Telkom Indonesia dengan menggunakan berbagai teknologi terbaik yang dimiliki. Beberapa teknologi yang digunakan untuk menghadirkan layanan ini adalah: Internet of Things (IoT)Smart Water Meter secara sederhana berarti perangkat water meter yang dapat berkomunikasi dan berbagi data dengan menggunakan jaringan. Yang membuat hal ini mungkin terjadi adalah teknologi yang disebut Internet of Things atau IoT. Telkom Indonesia menggunakan modul komunikasi Cyble yang dirancang untuk memenuhi persyaratan semua utilitas pengelolaan air. Modul komunikasi ini yang akan mengumpulkan data konsumsi penggunaan air dan mengirimkannya ke jaringan LoRaWAN yang pada akhirnya akan dapat diakses melalui dashboard monitoring di perusahaan. LoRaWANIni merupakan singkatan dari Long Range Wide Area Network yang merupakan sistem komunikasi nirkabel jarak jauh untuk perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). Saat ini LoRaWan milik Telkom Indonesia sudah tersebar ke seluruh tanah air dengan gateway yang terpasang lebih dari 592 titik dari Sabang hingga Merauke.Antares IoT PlatformTeknologi ini masih berkaitan dengan LoRaWAN. Antares IoT Platform merupakan platform yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia dengan sertifikasi internasional dari OneM2M yang berarti platform ini dapat mengakomodasi protokol internasional dan standar teknis guna memastikan interoperabilitas serta konektivitas tanpa batas untuk setiap perangkat yang akan diintegrasikan dengan perangkat IoT. Dashboard MonitoringSmart Water meter dari Telkom Indonesia dilengkapi dengan dashboard yang dapat digunakan oleh PT Tirta Asasta untuk melakukan pengawasan dan pengolahan data. Selain itu Telkom Indonesia juga menyediakan layanan Contact Center yang dapat dihubungi oleh perusahaan pengelolaan air yang menggunakan layanan Smart Water Meter jika terjadi kendala atau kerusakan. Layanan ini akan menyelesaikan kendala, gangguan dan kerusakan yang terjadi secepat mungkin agar perusahaan tidak perlu menghentikan penyaluran air bersih ke masyarakat. Tidak hanya itu, Telkom Indonesia sebagai BUMN di bidang telekomunikasi dan teknologi terus berinovasi dan memaksimalkan berbagai teknologi terkini untuk menghadirkan produk dan layanan. Begitu pula dengan Smart Water Meter yang akan terus mengalami inovasi dan perubahan seiring perkembangan teknologi. Hal ini dilakukan agar Indonesia terus bergerak menjadi negara maju dengan pemanfaatan teknologi. 
Mar 06, 2023

Artikel

Big Data, Teknologi yang Mampu Mengubah Bisnis dan Perilaku Konsumen

Big Data adalah data dalam jumlah besar yang tidak dapat diproses dan dianalisis jika menggunakan cara konvensional. Berbeda dengan metode analisis menggunakan sampel data, Big Data akan mengelola seluruh data yang dikumpulkan secara komprehensif dan profesional untuk mendapatkan informasi berkualitas.Saat ini, Big Data sudah digunakan secara luas dan secara bertahap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis. Analisis yang dihasilkan oleh Big Data juga sudah space menjadi salah satu alat pemasaran yang efisien karena   lebih akurat mengenali kebiasaan pelanggan atau customer behaviour. Akurasi yang lebih tinggi ini tentu didapat dari banyaknya data yang dikumpulkan, diproses, dan dianalisis oleh Big Data. Selain lebih akurat, Big Data ternyata juga dapat mengubah kebiasaan pelanggan. Beberapa kebiasaan yang berubah dan memberikan efek yang cukup signifikan adalah:Pelanggan Menjadi Lebih RasionalSebelumnya, pelanggan hanya mendapatkan informasi sebatas iklan atau promosi yang diberikan oleh produsen. Sangat berbeda dengan kondisi saat ini, pelanggan dapat mencari tahu tentang sebuah produk secara detail dan mendalam melalui internet dan Big Data. Tidak hanya sebatas mencari tahu, tetapi banyak pelanggan yang berbagi ulasan terkait penggunaan produk yang mereka beli ke media sosial atau blog sehingga calon pembeli mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jujur. Kemudahan ini membuat pelanggan menjadi lebih rasional dalam menentukan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Perubahan kebiasaan ini mengharuskan bisnis dan perusahaan untuk memberikan informasi terkait produk yang dapat meningkatkan awareness serta membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Naiknya Permintaan PelangganAwalnya kebiasaan pelanggan berubah dari berbelanja di toko menjadi berbelanja secara daring. Kebiasaan ini ternyata membentuk fenomena baru, yaitu pelanggan merasa lebih nyaman dalam berbelanja daring karena untuk membeli produk yang dibutuhkan mereka tidak harus ke toko atau keluar rumah tetapi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Belum lagi, Big Data membuat semua iklan yang mereka dapatkan sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan riwayat pencarian mereka. Ini tentu menyebabkan meningkatnya permintaan karena berbelanja menjadi lebih mudah,Kepercayaan Pelanggan Terhadap Iklan di Media Sosial MeningkatDulu, pelanggan lebih mempercayai ulasan mengenai produk yang ingin dibeli, terlebih jika ulasan itu berasal dari selebritas media sosial. Big Data mengubah kebiasaan itu. Seiring transformasi digital, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan iklan di media sosial dengan semakin banyak perusahaan yang memiliki akun media sosial. Tidak hanya untuk beriklan, akun media sosial perusahaan ini digunakan untuk terhubung dengan pelanggan. Ini membuat pelanggan merasakan hubungan mendalam dengan perusahaan, dimana pelanggan dapat langsung berkomunikasi jika memiliki keluhan atau hal yang ingin ditanyakan terkait produk. Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, Big Data membuat iklan yang ditemukan setiap pelanggan berbeda karena sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka. Ketiga kebiasaan baru pelanggan di atas merupakan bukti bagaimana Big Data mengubah tidak hanya bisnis tetapi juga pelanggan. Ini menegaskan kalau bisnis dan perusahaan harus segera menggunakan teknologi Big Data untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta mendapatkan keuntungan bisnis yang terus meningkat. Salah satu penyedia layanan Big Data terbaik bagi bisnis dan perusahaan adalah Telkom Indonesia. Selain memahami customer behavior, layanan Big Data Telkom Indonesia menghadirkan kemudahan bagi perusahaan atau organisasi Anda untuk membangun dan mengembangkan data warehouse, mengintegrasikan berbagai data dari sumber dan format berbeda, serta melakukan analisis data dengan visualisasi informasi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan. Layanan Big Data dari Telkom Indonesia merupakan layanan yang menyediakan platform dan solusi end-to-end. Layanan ini memberikan benefit untuk mendukung transformasi digital perusahaan dengan mengolah data kompleks menjadi insight baik berupa informasi atau laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan serta pemerintah atau organisasi lainnya. Ini merupakan layanan terpadu atas berbagai teknologi terbaik yang menawarkan solusi Big Data terlengkap bagi perusahaan dan organisasi. Fitur yang ditawarkan mulai dari mengumpulkan sampai menganalisis data bahkan menawarkan insight terbaik. Dengan Big Data Telkom, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan lebih baik dan tepat sasaran. Sekarang saatnya meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan platform Big Data Telkom. Klik disini untuk informasi lebih lanjut. 
Sep 27, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.