Pandemi akibat Covid-19 telah mencatatkan jutaan kasus, termasuk ratusan ribu korban jiwa, hingga akhir 2021. Untuk memulihkan kondisi bangsa, pemerintah berupaya mengembalikan kondisi kesehatan masyarakat serta memperbaiki perekonomian, melalui program vaksinasi. Upaya ini hanya akan berhasil apabila distribusi vaksin Covid-19 dilakukan secepatnya, dengan kualitas pengiriman yang terjadi.
PT BioFarma (Persero) sebagai holding farmasi Tanah Air, mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menjalankan distribusi vaksin Covid-19. Saat itu, yang menjadi tantangan adalah mencari cara untuk mengirimkan lebih dari 400 juta dosis vaksin ke 514 kabupaten yang tersebar di 34 provinsi. Ada sebanyak 17.000 faskes yang berada di berbagai wilayah geografis, untuk melayani belasan ribu pulau di Indonesia. Chief Transformation & Digital Officer Bio Farma Soleh Ayubi mengatakan bahwa solusi Sistem Manajemen Distribusi Vaksin atau yang dikenal SMDV dapat digunakan untuk menjawab segala tantangan tersebut.
Telkom memberikan dukungan kepada BioFarma melalui solusi berupa Sistem Manajemen Distribusi Vaksin Covid-19 (SMDV). Solusi ini hadir untuk membantu Bio Farma dalam menjalankan supervisi terhadap distribusi vaksin dari pusat produksi menuju berbagai lokasi di seluruh penjuru Indonesia.
Solusi tersebut mencakup aspek finansial maupun non-finansial, yaitu melalui:
Melalui SMDV, Bio Farma berhasil mendistribusikan vaksin Covid-19 ke setiap wilayah Indonesia, serta ikut mensukseskan program pemerintah untuk mengakhiri pandemi. Melalui SMDV, Bio Farma pun dapat menghindari potensi kerugian kurang lebih senilai Rp 11 triliun dari distribusi vaksin.
BioFarma pun menerima penghargaan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) dari Kementerian Perindustrian pada Desember 2021, untuk kategori Manajemen Rantai Pasok.
Jelajahi solusi dari MyTEnS
MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA