MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

Smart Water Meter Inovasi Bagi Produsen dan Konsumen Air di Indonesia

Cerita Sukses
Dec 30, 2022
Smart Water Meter Inovasi Bagi Produsen dan Konsumen Air di Indonesia

Seiring waktu dan perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat juga ikut berubah. Salah satu contohnya, dulu telekomunikasi hanya terbatas pada jaringan telepon tetapi sekarang kebutuhan telekomunikasi termasuk internet yang cepat dan mudah diakses. 


Dalam bidang teknologi saat ini, Internet of Things atau IoT sedang menjadi fokus utama. Internet of Things atau yang lebih dikenal dengan nama IoT mengacu pada teknologi yang memungkinkan perangkat saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan internet. Sederhananya, Internet of Things memungkinkan benda apa saja, bahkan benda sehari-hari dapat terintegrasi ke internet sehingga dapat dikendalikan dari mana dan kapan saja. Teknologi ini memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi. 


Perkembangan teknologi juga menyebabkan biaya mengintegrasikan benda ke internet menjadi semakin terjangkau. Ini menyebabkan semakin banyak industri yang tertarik untuk menggunakan dan memanfaatkan IoT untuk melakukan transformasi digital atau menghadirkan solusi untuk pelanggan. Telkom Indonesia tentu saja segera mengambil bagian dengan menawarkan banyak layanan yang memanfaatkan teknologi Internet of Things. Salah satunya adalah layanan Smart Water Meter. 


Berkenalan dengan Smart Water Meter

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan pengelolaan air adalah pengukuran penggunaan air oleh konsumen. Saat ini proses untuk pengukuran air masih dilakukan secara konvensional dimana pembacaan dilakukan sekali dalam setiap bulannya. 


Hal ini menjadi masalah karena masih pengukuran konvensional ini masih sangat bergantung pada sumber daya manusia dalam hal ini petugas yang melakukan pengukuran. Selain itu, pengukuran konvensional juga memiliki kendala non-teknis lain yaitu seringnya tidak dapat dilakukan karena meter air terhalang, pagar rumah dikunci, dan alasan lainnya. Tentu ini mempersulit perusahaan untuk mendapatkan data yang valid. 


Alasan lain mengapa ini menjadi permasalahan utama adalah disebabkan perhitungan konvensional yang hanya dilakukan pengecekan sekali dalam setiap bulannya sering membuat konsumen terkejut dengan nilai tagihan yang terlalu tinggi. Ini akan membuat konsumen melakukan komplain kepada perusahaan. Jika konsumen yang melakukan komplain dalam jumlah banyak tentu akan mempengaruhi citra perusahaan dan menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan konsumen kepada masyarakat. 


Layanan Smart Water Meter dari Telkom Indonesia merupakan solusi terbaik untuk menghadapi permasalahan ini. Smart Water Meter merupakan layanan yang menggabungkan teknologi Internet of Things dan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia yang memungkinkan untuk melakukan pengawasan meter air secara real time dengan nilai akurasi yang lebih tinggi daripada teknologi konvensional. 


Tidak hanya melakukan pemasangan, Smart Water Meter dari Telkom Indonesia juga menyediakan dashboard untuk mempermudah dilakukannya proses monitoring. Selain itu, Telkom Indonesia juga memastikan terjadinya sharing knowledge untuk kemajuan bersama. 


Layanan ini juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi aplikasi ponsel sehingga tidak hanya perusahaan yang dapat memantau penggunaan atau tagihan air melainkan konsumen juga dapat melakukannya dengan cara yang terbilang cukup mudah yaitu cukup dengan melalui aplikasi ponsel. 


Teknologi yang Digunakan dalam Smart Water Meter

Smart Water Meter adalah meter air yang sudah menerapkan teknologi IoT. Layanan ini berjalan dengan mengumpulkan data konsumsi air yang digunakan oleh pelanggan secara real time. Data tersebut akan dikirim dengan menggunakan jaringan LoRaWAN yang nantikan akan sampai ke Antares IoT Platform yang sudah terintegrasi dengan dashboard yang ada digunakan oleh perusahaan. Melalui dashboard ini perusahaan dapat melakukan pengawasan. Proses ini dapat berjalan dengan lancar karena melibatkan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. Teknologi tersebut adalah: 


Internet of Things (IoT)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Internet of Things merupakan teknologi yang memungkinkan perangkat untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan koneksi internet. Hal ini memungkinkan terjadi dengan menambahkan sensor, ship atau modul yang dapat terhubung dengan internet untuk menjadi jalur mengirimkan informasi yang dibutuhkan. 


Telkom Indonesia menggunakan modul komunikasi Cyble yang dirancang untuk memenuhi persyaratan semua utilitas pengelolaan air. Modul komunikasi ini yang akan mengumpulkan data konsumsi penggunaan air dan mengirimkannya ke jaringan LoRaWAN yang pada akhirnya akan dapat diakses melalui dashboard monitoring di perusahaan. 


LoRaWAN

LoRaWAN merupakan singkatan dari Long Range Wide Area Network yang merupakan sistem komunikasi nirkabel jarak jauh untuk perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). Teknologi ini biasa digunakan untuk berbagai aplikasi IoT seperti Smart City. Hal ini karena LoRa mendukung sensor dari setiap perangkat untuk berinteraksi secara langsung. 


Telkom Indonesia memilih teknologi ini karena memiliki beberapa keunggulan seperti hemat daya, komunikasi dua arah, keamanan end-to-end serta layanan penentuan lokasi. Saat ini LoRaWan milik Telkom Indonesia sudah tersebar ke seluruh tanah air dengan gateway yang terpasang lebih dari 592 titik dari Sabang hingga Merauke.


Antares IoT Platform

Teknologi ini masih berkaitan dengan LoRaWAN. Antares IoT Platform merupakan platform yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia dengan sertifikasi internasional dari OneM2M yang berarti platform ini dapat mengakomodasi protokol internasional dan standar teknis guna memastikan interoperabilitas serta konektivitas tanpa batas untuk setiap perangkat yang akan diintegrasikan dengan perangkat IoT. 


Antares IoT platform memiliki beberapa fitur mulai dari device management hingga data storage. Dengan berbagai fitur ini, Antares dapat dikatakan sebagai zero infrastructure management di mana pengguna tidak perlu mengurus server karena API sudah disediakan oleh Antares. Kelebihan lain dari teknologi adalah pusat data yang berada di dalam negeri tetapi dengan standar internasional dan mandiri terhadap network dan konektivitas. 


Dashboard Monitoring

Untuk memudahkan pengolahan data dan proses pengawasan maka layanan ini dilengkapi dengan dashboard monitoring. Di sini seluruh data akan disajikan secara real time. Tidak hanya itu ketika terjadi anomali, misalnya penggunaan debit air di luar kewajaran, dashboard akan memberikan peringatan sehingga perusahaan dapat bergerak cepat untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak jadi kebocoran atau penyebab lainnya.


Keuntungan Smart Water Meter untuk Perusahaan Pengelola Air dan Konsumennya

Menurut data sebelum COVID, 10% konsumen tidak membayar tagihan mereka dan jumlah ini meningkat secara signifikan karena pandemi. Ketidakmampuan perusahaan pengelola air untuk mengumpulkan pembayaran tepat waktu menyebabkan situasi dimana 10% dari pendapatan tahunan ini diakumulasikan sebagai “hutang yang tidak tertagih” di neraca keuangan.


Studi lain menunjukkan bahwa hanya 1 dari 5 kunjungan yang berhasil mendapatkan data konsumsi air. Dikarenakan hal ini dan ketidak efisienan yang lainnya, maka pengeluaran untuk penjualan dan operasional naik rata-rata 15% setiap tahun.


Dengan menggunakan Smart Water Meter, perusahaan pengelola air dapat mengumpulkan data mengenai penggunaan air oleh konsumen secara real-time dan tidak membutuhkan pencatat secara manual oleh petugas meteran. Selain itu tentu sama Smart Water Meter menawarkan beberapa keuntungan lain. Di antaranya:


Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Teknologi ini memungkinkan perusahaan pengelolaan air untuk mendapatkan semua data terkait penggunaan air oleh konsumen secara online. Ini tentu akan meningkatkan efisiensi perusahaan karena dapat mengurangi biaya operasional terkait pengawasan dan pencatatan secara konvensional.


Membangun Citra yang Lebih Baik

Menggunakan Smart Water Meter tidak hanya perusahaan mendapatkan data terkait penggunaan air oleh konsumen tetapi lebih daripada itu. Perusahaan dapat mengetahui kebiasaan dan kebutuhan konsumen secara lebih baik. Ini dapat menjadi salah satu cara untuk membangun citra perusahaan dengan menawarkan layanan yang dipersonalisasi atau dengan paket pembayaran yang fleksibel sesuai dengan kebiasaan pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Walau terkesan sepele tetapi ini dapat membangun citra perusahaan dan membuat konsumen semakin loyal. 


Mengurangi Non-Revenue Water (NRW) 

Sistem pencatatan konvensional menyebabkan tidak terdeteksinya kehilangan air yang disebabkan oleh kebocoran, gangguan dan pencurian. Dengan menggunakan Smart Water Meter, hal ini dapat dihindari. Perusahaan akan mendapatkan data secara real time termasuk data mengenai tekanan dan aliran air sehingga jika terjadi kebocoran atau gangguan lainnya perusahaan dapat secepat mungkin melakukan penanganan.


Infrastruktur Jaringan Telkom Indonesia Menjangkau Seluruh Negeri

Telkom Indonesia tidak hanya memiliki teknologi terbaik tetapi juga memiliki jaringan infrastruktur yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini memungkinkan penggunaan Smart Water Meter di mana saja bahkan hingga ke pelosok negeri. Selain itu, perusahaan pengelola air juga tidak perlu menyediakan infrastruktur tower untuk LoRaWAN karena Telkom Indonesia sudah memiliki 592 titik gateway yang menjangkau seluruh Indonesia. 


Pendampingan dan Layanan Maintenance on Call 24/7

Tidak hanya memastikan seluruh perangkat terpasang dan dapat bekerja dengan baik, Telkom Indonesia juga melakukan pendampingan implementasi untuk layanan Smart Water Meter ini sehingga perusahaan pengelola air dapat memaksimalkan seluruh potensi dan manfaat yang dimiliki oleh teknologi ini. Untuk melengkapinya, Telkom Indonesia juga menyediakan layanan corrective maintenance call 24/7 yang berarti perusahaan dapat langsung menghubungi jika terjadi kendala atau gangguan pada sistem Smart Water Meter.


Salah satu perusahaan yang sudah merasakan manfaat dari penggunaan Smart Water Meter adalah PDAM Tirtawening Kota Bandung. Setelah penggunaan Smart Water Meter dengan sensor pressure, PDAM Tirtawening dapat mengatur tekanan pada pipa pendistribusian air dengan lebih baik sehingga komplain terkait kekuatan dan debit air dari konsumen menurun secara drastis. Selain itu, manfaat lain yang dirasakan oleh perusahaan yang telah melakukan implementasi Smart Water Meter, seperti PDAM Tirta Asasta Kota Depok, PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, serta PDAM Kota Padang, proses pengukuran penggunaan air yang dilakukan secara otomatis dan real-time juga mendapat reaksi positif dari para konsumen. 


Smart Water Meter merupakan salah satu bukti dari komitmen Telkom Indonesia untuk terus memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Telkom Indonesia tidak akan berhenti untuk berinovasi agar setiap layanan dan produk yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan juga tuntutan masyarakat Indonesia. Telkom Indonesia juga berjanji untuk menjadi mitra transformasi digital terbaik untuk seluruh perusahaan yang ada di negeri ini. 

Jelajahi solusi dari MyTEnS

MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.

Insight Terkait

Riset Bisnis

Memahami Apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dan Manfaatnya

Dalam menjalankan sebuah perusahaan, ada banyak proses bisnis yang perlu diperhatikan, mulai dari keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, jasa, hingga pengadaan. Untuk membantu perusahaan agar mampu mengelola semua proses bisnis tersebut dengan sistem yang terintegrasi, diperlukan peran dari Enterprise Resource Planning (ERP). Jika Anda tertarik untuk mengenalnya lebih jauh, lihat apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dan manfaatnya bagi perusahaan. Apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)?Enterprise Resource Planning atau ERP adalah jenis software (software) yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari, mulai dari akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen risiko dan kepatuhan, hingga supply chain. Secara umum ERP juga menyediakan manajemen kinerja perusahaan, yaitu software yang mampu merencanakan, menganggarkan, memprediksi, dan melaporkan hasil keuangan suatu organisasi. Sistem ERP mengikat banyak proses bisnis dan merampingkan aliran data yang terjadi di dalamnya. Dengan mengumpulkan data transaksional dengan organisasi dari berbagai sumber, sistem ERP dapat menghilangkan risiko duplikasi data dan memberikan integritas data hanya dengan satu sumber. Sekarang, fungsi ERP sangat penting untuk mengelola ribuan bisnis dari semua ukuran dan berbagai industri. Bagi perusahaan, ERP dapat disamakan dengan listrik yang dapat menjaga lampu tetap menyala.   Manfaat ERP untuk perusahaanKeberadaan ERP dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa manfaat ERP yang dapat dirasakan oleh perusahaan:Meningkatkan produktivitas perusahaanERP mampu menyederhanakan dan mengotomatisasi proses bisnis inti perusahaan Anda sehingga semua orang di dalamnya dapat melakukan banyak hal meskipun hanya memiliki sedikit sumber daya. Dapatkan wawasan pentingKehadiran ERP dapat membuat komunikasi dalam sebuah perusahaan menjadi lebih efektif. Sehingga, Anda bisa mendapatkan jawaban dengan cepat dari pertanyaan bisnis yang muncul. Proses pelaporan yang cepatERP juga mampu membantu perusahaan Anda untuk mempercepat proses pelaporan bisnis dan keuangan. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil tindakan atau membuat keputusan sesuai dengan wawasan yang Anda dapatkan dan meningkatkan kinerja secara real time. Menurunkan risikoERP dapat memaksimalkan visibilitas dan kontrol bisnis, memastikan kepatuhan terhadap persyaratan peraturan yang ada. Hal ini dapat membantu perusahaan Anda untuk memprediksi dan mencegah risiko yang dapat membahayakan kelangsungan bisnis. Menyederhanakan teknologi informasiDengan menggunakan aplikasi ERP terintegrasi yang berbagi database, perusahaan Anda dapat menyederhanakan teknologi informasi (IT) dan membuat orang-orang di dalam perusahaan Anda dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah. Menciptakan peluang bisnis baruSistem erp memberikan kinerja operasi yang efisien beserta data yang dapat diakses secara real time. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan bereaksi terhadap peluang bisnis baru. Meningkatkan kontrol kualitasJika perusahaan Anda baru saja menyelesaikan proses pembuatan suatu produk, sistem ERP dapat memblokir produk dari penjualan hingga dokumen disetujui. Ini memungkinkan perusahaan Anda untuk meninjau produk secara rinci sehingga kontrol kualitas ditingkatkan. Itulah berbagai manfaat ERP bagi perusahaan yang tentunya dapat memberikan banyak keuntungan. Apakah Anda tertarik untuk memiliki sistem ERP di dalam perusahaan? klik disini untuk informasi lebih lanjut.
Sep 02, 2022

Cerita Sukses

ACI Membantu Pemetaan Potensi & Kompetensi Calon Pemangku Jabatan

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia merupakan kementerian dalam pemerintahan Indonesia yang membidangi urusan transportasi. Sebagai kementerian tentu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan seperti perumusan dan penetapan kebijakan, pengelolaan barang, pengawasan pelaksanaan tugas hingga kegiatan teknis yang berskala nasional. Ini tentu tidak mudah dan membutuhkan pemimpin dengan kompetensi tertentu untuk memastikan semua fungsi dan tugas dari kementerian berjalan seperti seharusnya. Selain menteri yang merupakan pemimpin dari kementerian, dikenal pula Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPT Madya) yang meliputi jabatan sekretaris jenderal, direktur jenderal, inspektur jenderal, kepada badan, staf ahli menteri, serta jabatan lain yang setara dengan eselon satu. Fungsi utama dari JPT Madya adalah memimpin dan memotivasi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik mungkin agar tercapai tujuan dari Kementerian. Pengisian atau seleksi JPT Madya dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan ASN tentu dengan mempertimbangkan kelayakan terkait syarat kompetensi, kepangkatanan, pendidikan, latihan, rekam jejak profesi, serta integritas dan persyaratan lain yang sudah ditentukan sebelumnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Proses seleksi ini biasanya melibatkan pihak lain untuk melakukan pengujian atau evaluasi. Seperti yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 2021. Kementerian perhubungan menggandeng ACI "Assessment Center Indonesia" untuk melakukan pemetaan potensi dan kompetensi dari calon pemangku JPT Madya. ACI atau Assessment Center Indonesia merupakan unit mandiri milik Telkom Indonesia yang sejak tahun 1990 sudah mengimplementasikan Assessment Center yang merupakan salah satu metode untuk mengevaluasi personel dengan atribut atau kemampuan yang relevan terhadap efektivitas organisasi. Assessment Center hingga sekarang masih dianggap sebagai metode yang paling presisi dan obyektif. Kompetensi yang Harus Dimiliki Calon Pemangku JPT MadyaDalam proses evaluasi seorang pegawai untuk menduduki jabatan tertentu, kompetensi dapat dikatakan sebagai tolak ukur utama. Kompetensi itu sendiri, dapat diartikan sebagai kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. Ketika akan melakukan evaluasi dengan metode Assessment Center, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk posisi tersebut atau menjadi kriteria keberhasilan. Hal ini penting karena kompetensi yang dibutuhkan untuk setiap jabatan berbeda karena disesuaikan dengan tugas dan fungsinya. Tugas dari ACI adalah melakukan evaluasi untuk memastikan setiap kandidat memiliki kompetensi tersebut atau tidak melalui serangkaian simulasi dan tes yang merupakan bagian dari Assessment Center. Cara ACI Membantu Proses Pemetaan dan Kompetensi JPT Madya Kementerian PerhubunganSetelah menganalisis kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang JPT Madya, ACI menyiapkan metode evaluasi yang paling sesuai untuk digunakan dalam pelaksanaan proses Assessment Center. Ada empat simulasi yang disiapkan oleh ACI yang harus dilalui oleh setiap calon JPT Madya, yaitu: LGD AssignedSimulasi ini merupakan simulasi berkelompok di mana setiap kelompok akan mendapatkan persoalan yang sama tetapi setiap anggota kelompok diberikan peran yang berbeda. Diharapkan dalam proses diskusi yang dilakukan setiap anggota kelompok akan melakukan sesuai dengan perannya serta mendapatkan solusi dari masalah yang diberikan. Tentu saja ada batasan waktu untuk simulasi ini. Subordinate InteractionDalam simulasi ini setiap orang akan mendapatkan masalah atau persoalan yang berbeda terkait bawahan dan diminta untuk memberikan solusi dalam batasan waktu yang sudah ditentukan. Simulasi ini bersifat pribadi atau satu peserta untuk setiap sesinya tanpa melibatkan peserta lainnya. Problem AnalysisSeperti namanya, dalam simulasi ini peserta akan diberikan persoalan dan diminta untuk mengkajinya kemudian memberikan rekomendasi terkait persoalan tersebut. Sama seperti simulasi sebelumnya, simulasi ini juga juga dilakukan dalam batas waktu dan tanpa melibatkan peserta lain. Behavior-Based InterviewKali ini para peserta akan diwawancara oleh assessor dalam batasan waktu. Wawancara ini dilakukan untuk mencari tahu lebih mendalam tentang para kandidat. Tujuannya tentu saja untuk melakukan profiling dari setiap peserta untuk menilai kecocokan kandidat dengan posisi yang dituju.Setelah melakukan Assessment Center, tugas ACI tidak selesai begitu saja. Sebagai penyedia layanan, ACI akan melakukan pemetaan dari hasil assessment dan personality traits yang sudah dilakukan. Untuk memberikan hasil yang lebih presisi dan obyektif setiap proses tidak hanya dilakukan oleh satu orang assessor melainkan beberapa assessor secara bersamaan. ACI juga akan memberikan umpan balik kepada setiap kandidat JPT Madya Kementerian Perhubungan. Umpan balik ini merupakan program pengembangan kompetensi yang dilakukan dengan cara menyampaikan dan mendiskusikan hasil dari assessment yang sudah dilakukan. Ini bertujuan agar kandidat dapat meningkatkan kompetensi mereka dan mendorong pertumbuhan pribadi secara optimal.Di akhir program, Kementerian Perhubungan mendapatkan laporan yang komprehensif berupa data lengkap hasil Assessment Center dari setiap kandidat dengan rekomendasi berdasarkan kompetensi yang sudah ditentukan. Laporan yang diberikan oleh ACI digunakan oleh Kementerian Perhubungan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih JPT Madya pada tahun 2021.
Dec 30, 2022
MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.