Seiring waktu dan perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat juga ikut berubah. Salah satu contohnya, dulu telekomunikasi hanya terbatas pada jaringan telepon tetapi sekarang kebutuhan telekomunikasi termasuk internet yang cepat dan mudah diakses.
Dalam bidang teknologi saat ini, Internet of Things atau IoT sedang menjadi fokus utama. Internet of Things atau yang lebih dikenal dengan nama IoT mengacu pada teknologi yang memungkinkan perangkat saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan internet. Sederhananya, Internet of Things memungkinkan benda apa saja, bahkan benda sehari-hari dapat terintegrasi ke internet sehingga dapat dikendalikan dari mana dan kapan saja. Teknologi ini memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi.
Perkembangan teknologi juga menyebabkan biaya mengintegrasikan benda ke internet menjadi semakin terjangkau. Ini menyebabkan semakin banyak industri yang tertarik untuk menggunakan dan memanfaatkan IoT untuk melakukan transformasi digital atau menghadirkan solusi untuk pelanggan. Telkom Indonesia tentu saja segera mengambil bagian dengan menawarkan banyak layanan yang memanfaatkan teknologi Internet of Things. Salah satunya adalah layanan Smart Water Meter.
Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan pengelolaan air adalah pengukuran penggunaan air oleh konsumen. Saat ini proses untuk pengukuran air masih dilakukan secara konvensional dimana pembacaan dilakukan sekali dalam setiap bulannya.
Hal ini menjadi masalah karena masih pengukuran konvensional ini masih sangat bergantung pada sumber daya manusia dalam hal ini petugas yang melakukan pengukuran. Selain itu, pengukuran konvensional juga memiliki kendala non-teknis lain yaitu seringnya tidak dapat dilakukan karena meter air terhalang, pagar rumah dikunci, dan alasan lainnya. Tentu ini mempersulit perusahaan untuk mendapatkan data yang valid.
Alasan lain mengapa ini menjadi permasalahan utama adalah disebabkan perhitungan konvensional yang hanya dilakukan pengecekan sekali dalam setiap bulannya sering membuat konsumen terkejut dengan nilai tagihan yang terlalu tinggi. Ini akan membuat konsumen melakukan komplain kepada perusahaan. Jika konsumen yang melakukan komplain dalam jumlah banyak tentu akan mempengaruhi citra perusahaan dan menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan konsumen kepada masyarakat.
Layanan Smart Water Meter dari Telkom Indonesia merupakan solusi terbaik untuk menghadapi permasalahan ini. Smart Water Meter merupakan layanan yang menggabungkan teknologi Internet of Things dan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia yang memungkinkan untuk melakukan pengawasan meter air secara real time dengan nilai akurasi yang lebih tinggi daripada teknologi konvensional.
Tidak hanya melakukan pemasangan, Smart Water Meter dari Telkom Indonesia juga menyediakan dashboard untuk mempermudah dilakukannya proses monitoring. Selain itu, Telkom Indonesia juga memastikan terjadinya sharing knowledge untuk kemajuan bersama.
Layanan ini juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi aplikasi ponsel sehingga tidak hanya perusahaan yang dapat memantau penggunaan atau tagihan air melainkan konsumen juga dapat melakukannya dengan cara yang terbilang cukup mudah yaitu cukup dengan melalui aplikasi ponsel.
Smart Water Meter adalah meter air yang sudah menerapkan teknologi IoT. Layanan ini berjalan dengan mengumpulkan data konsumsi air yang digunakan oleh pelanggan secara real time. Data tersebut akan dikirim dengan menggunakan jaringan LoRaWAN yang nantikan akan sampai ke Antares IoT Platform yang sudah terintegrasi dengan dashboard yang ada digunakan oleh perusahaan. Melalui dashboard ini perusahaan dapat melakukan pengawasan. Proses ini dapat berjalan dengan lancar karena melibatkan beberapa teknologi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. Teknologi tersebut adalah:
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Internet of Things merupakan teknologi yang memungkinkan perangkat untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan koneksi internet. Hal ini memungkinkan terjadi dengan menambahkan sensor, ship atau modul yang dapat terhubung dengan internet untuk menjadi jalur mengirimkan informasi yang dibutuhkan.
Telkom Indonesia menggunakan modul komunikasi Cyble yang dirancang untuk memenuhi persyaratan semua utilitas pengelolaan air. Modul komunikasi ini yang akan mengumpulkan data konsumsi penggunaan air dan mengirimkannya ke jaringan LoRaWAN yang pada akhirnya akan dapat diakses melalui dashboard monitoring di perusahaan.
LoRaWAN merupakan singkatan dari Long Range Wide Area Network yang merupakan sistem komunikasi nirkabel jarak jauh untuk perangkat yang terhubung dengan Internet of Things (IoT). Teknologi ini biasa digunakan untuk berbagai aplikasi IoT seperti Smart City. Hal ini karena LoRa mendukung sensor dari setiap perangkat untuk berinteraksi secara langsung.
Telkom Indonesia memilih teknologi ini karena memiliki beberapa keunggulan seperti hemat daya, komunikasi dua arah, keamanan end-to-end serta layanan penentuan lokasi. Saat ini LoRaWan milik Telkom Indonesia sudah tersebar ke seluruh tanah air dengan gateway yang terpasang lebih dari 592 titik dari Sabang hingga Merauke.
Teknologi ini masih berkaitan dengan LoRaWAN. Antares IoT Platform merupakan platform yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia dengan sertifikasi internasional dari OneM2M yang berarti platform ini dapat mengakomodasi protokol internasional dan standar teknis guna memastikan interoperabilitas serta konektivitas tanpa batas untuk setiap perangkat yang akan diintegrasikan dengan perangkat IoT.
Antares IoT platform memiliki beberapa fitur mulai dari device management hingga data storage. Dengan berbagai fitur ini, Antares dapat dikatakan sebagai zero infrastructure management di mana pengguna tidak perlu mengurus server karena API sudah disediakan oleh Antares. Kelebihan lain dari teknologi adalah pusat data yang berada di dalam negeri tetapi dengan standar internasional dan mandiri terhadap network dan konektivitas.
Untuk memudahkan pengolahan data dan proses pengawasan maka layanan ini dilengkapi dengan dashboard monitoring. Di sini seluruh data akan disajikan secara real time. Tidak hanya itu ketika terjadi anomali, misalnya penggunaan debit air di luar kewajaran, dashboard akan memberikan peringatan sehingga perusahaan dapat bergerak cepat untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak jadi kebocoran atau penyebab lainnya.
Menurut data sebelum COVID, 10% konsumen tidak membayar tagihan mereka dan jumlah ini meningkat secara signifikan karena pandemi. Ketidakmampuan perusahaan pengelola air untuk mengumpulkan pembayaran tepat waktu menyebabkan situasi dimana 10% dari pendapatan tahunan ini diakumulasikan sebagai “hutang yang tidak tertagih” di neraca keuangan.
Studi lain menunjukkan bahwa hanya 1 dari 5 kunjungan yang berhasil mendapatkan data konsumsi air. Dikarenakan hal ini dan ketidak efisienan yang lainnya, maka pengeluaran untuk penjualan dan operasional naik rata-rata 15% setiap tahun.
Dengan menggunakan Smart Water Meter, perusahaan pengelola air dapat mengumpulkan data mengenai penggunaan air oleh konsumen secara real-time dan tidak membutuhkan pencatat secara manual oleh petugas meteran. Selain itu tentu sama Smart Water Meter menawarkan beberapa keuntungan lain. Di antaranya:
Teknologi ini memungkinkan perusahaan pengelolaan air untuk mendapatkan semua data terkait penggunaan air oleh konsumen secara online. Ini tentu akan meningkatkan efisiensi perusahaan karena dapat mengurangi biaya operasional terkait pengawasan dan pencatatan secara konvensional.
Menggunakan Smart Water Meter tidak hanya perusahaan mendapatkan data terkait penggunaan air oleh konsumen tetapi lebih daripada itu. Perusahaan dapat mengetahui kebiasaan dan kebutuhan konsumen secara lebih baik. Ini dapat menjadi salah satu cara untuk membangun citra perusahaan dengan menawarkan layanan yang dipersonalisasi atau dengan paket pembayaran yang fleksibel sesuai dengan kebiasaan pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Walau terkesan sepele tetapi ini dapat membangun citra perusahaan dan membuat konsumen semakin loyal.
Sistem pencatatan konvensional menyebabkan tidak terdeteksinya kehilangan air yang disebabkan oleh kebocoran, gangguan dan pencurian. Dengan menggunakan Smart Water Meter, hal ini dapat dihindari. Perusahaan akan mendapatkan data secara real time termasuk data mengenai tekanan dan aliran air sehingga jika terjadi kebocoran atau gangguan lainnya perusahaan dapat secepat mungkin melakukan penanganan.
Telkom Indonesia tidak hanya memiliki teknologi terbaik tetapi juga memiliki jaringan infrastruktur yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini memungkinkan penggunaan Smart Water Meter di mana saja bahkan hingga ke pelosok negeri. Selain itu, perusahaan pengelola air juga tidak perlu menyediakan infrastruktur tower untuk LoRaWAN karena Telkom Indonesia sudah memiliki 592 titik gateway yang menjangkau seluruh Indonesia.
Tidak hanya memastikan seluruh perangkat terpasang dan dapat bekerja dengan baik, Telkom Indonesia juga melakukan pendampingan implementasi untuk layanan Smart Water Meter ini sehingga perusahaan pengelola air dapat memaksimalkan seluruh potensi dan manfaat yang dimiliki oleh teknologi ini. Untuk melengkapinya, Telkom Indonesia juga menyediakan layanan corrective maintenance call 24/7 yang berarti perusahaan dapat langsung menghubungi jika terjadi kendala atau gangguan pada sistem Smart Water Meter.
Salah satu perusahaan yang sudah merasakan manfaat dari penggunaan Smart Water Meter adalah PDAM Tirtawening Kota Bandung. Setelah penggunaan Smart Water Meter dengan sensor pressure, PDAM Tirtawening dapat mengatur tekanan pada pipa pendistribusian air dengan lebih baik sehingga komplain terkait kekuatan dan debit air dari konsumen menurun secara drastis. Selain itu, manfaat lain yang dirasakan oleh perusahaan yang telah melakukan implementasi Smart Water Meter, seperti PDAM Tirta Asasta Kota Depok, PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, serta PDAM Kota Padang, proses pengukuran penggunaan air yang dilakukan secara otomatis dan real-time juga mendapat reaksi positif dari para konsumen.
Smart Water Meter merupakan salah satu bukti dari komitmen Telkom Indonesia untuk terus memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Telkom Indonesia tidak akan berhenti untuk berinovasi agar setiap layanan dan produk yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan juga tuntutan masyarakat Indonesia. Telkom Indonesia juga berjanji untuk menjadi mitra transformasi digital terbaik untuk seluruh perusahaan yang ada di negeri ini.
Jelajahi solusi dari MyTEnS
MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.Riset Bisnis
Memahami Apa itu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dan Manfaatnya
Cerita Sukses
ACI Membantu Pemetaan Potensi & Kompetensi Calon Pemangku Jabatan
MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA