Big Data adalah data dalam jumlah besar yang tidak dapat diproses dan dianalisis jika menggunakan cara konvensional. Berbeda dengan metode analisis menggunakan sampel data, Big Data akan mengelola seluruh data yang dikumpulkan secara komprehensif dan profesional untuk mendapatkan informasi berkualitas.
Saat ini, Big Data sudah digunakan secara luas dan secara bertahap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis. Analisis yang dihasilkan oleh Big Data juga sudah space menjadi salah satu alat pemasaran yang efisien karena lebih akurat mengenali kebiasaan pelanggan atau customer behaviour. Akurasi yang lebih tinggi ini tentu didapat dari banyaknya data yang dikumpulkan, diproses, dan dianalisis oleh Big Data. Selain lebih akurat, Big Data ternyata juga dapat mengubah kebiasaan pelanggan. Beberapa kebiasaan yang berubah dan memberikan efek yang cukup signifikan adalah:
Pelanggan Menjadi Lebih Rasional
Sebelumnya, pelanggan hanya mendapatkan informasi sebatas iklan atau promosi yang diberikan oleh produsen. Sangat berbeda dengan kondisi saat ini, pelanggan dapat mencari tahu tentang sebuah produk secara detail dan mendalam melalui internet dan Big Data. Tidak hanya sebatas mencari tahu, tetapi banyak pelanggan yang berbagi ulasan terkait penggunaan produk yang mereka beli ke media sosial atau blog sehingga calon pembeli mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jujur. Kemudahan ini membuat pelanggan menjadi lebih rasional dalam menentukan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Perubahan kebiasaan ini mengharuskan bisnis dan perusahaan untuk memberikan informasi terkait produk yang dapat meningkatkan awareness serta membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Naiknya Permintaan Pelanggan
Awalnya kebiasaan pelanggan berubah dari berbelanja di toko menjadi berbelanja secara daring. Kebiasaan ini ternyata membentuk fenomena baru, yaitu pelanggan merasa lebih nyaman dalam berbelanja daring karena untuk membeli produk yang dibutuhkan mereka tidak harus ke toko atau keluar rumah tetapi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Belum lagi, Big Data membuat semua iklan yang mereka dapatkan sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan riwayat pencarian mereka. Ini tentu menyebabkan meningkatnya permintaan karena berbelanja menjadi lebih mudah,
Kepercayaan Pelanggan Terhadap Iklan di Media Sosial Meningkat
Dulu, pelanggan lebih mempercayai ulasan mengenai produk yang ingin dibeli, terlebih jika ulasan itu berasal dari selebritas media sosial. Big Data mengubah kebiasaan itu. Seiring transformasi digital, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan iklan di media sosial dengan semakin banyak perusahaan yang memiliki akun media sosial. Tidak hanya untuk beriklan, akun media sosial perusahaan ini digunakan untuk terhubung dengan pelanggan. Ini membuat pelanggan merasakan hubungan mendalam dengan perusahaan, dimana pelanggan dapat langsung berkomunikasi jika memiliki keluhan atau hal yang ingin ditanyakan terkait produk. Selain itu, seperti yang disebutkan sebelumnya, Big Data membuat iklan yang ditemukan setiap pelanggan berbeda karena sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka.
Ketiga kebiasaan baru pelanggan di atas merupakan bukti bagaimana Big Data mengubah tidak hanya bisnis tetapi juga pelanggan. Ini menegaskan kalau bisnis dan perusahaan harus segera menggunakan teknologi Big Data untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta mendapatkan keuntungan bisnis yang terus meningkat.
Salah satu penyedia layanan Big Data terbaik bagi bisnis dan perusahaan adalah Telkom Indonesia. Selain memahami customer behavior, layanan Big Data Telkom Indonesia menghadirkan kemudahan bagi perusahaan atau organisasi Anda untuk membangun dan mengembangkan data warehouse, mengintegrasikan berbagai data dari sumber dan format berbeda, serta melakukan analisis data dengan visualisasi informasi yang dapat membantu proses pengambilan keputusan.
Layanan Big Data dari Telkom Indonesia merupakan layanan yang menyediakan platform dan solusi end-to-end. Layanan ini memberikan benefit untuk mendukung transformasi digital perusahaan dengan mengolah data kompleks menjadi insight baik berupa informasi atau laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan serta pemerintah atau organisasi lainnya. Ini merupakan layanan terpadu atas berbagai teknologi terbaik yang menawarkan solusi Big Data terlengkap bagi perusahaan dan organisasi. Fitur yang ditawarkan mulai dari mengumpulkan sampai menganalisis data bahkan menawarkan insight terbaik. Dengan Big Data Telkom, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan lebih baik dan tepat sasaran.
Sekarang saatnya meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan platform Big Data Telkom. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.
Jelajahi solusi dari MyTEnS
MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.Cerita Sukses
Meningkatkan Layanan Pengelolaan Air dengan Smart Water Meter
Cerita Sukses
Apa itu Big Data & Pengaruhnya terhadap Pengembangan Bisnis
MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA