Perkembangan teknologi digital menjadi salah satu faktor pendorong perkembangan digitalisasi di setiap sektor industri di Indonesia, salah satunya adalah industri keuangan. Hal ini juga yang turut membuka peluang bagi sektor perbankan Tanah Air untuk mempercepat strategi transformasi digital melalui pengembangan solusi transaksi perbankan digital guna menghadirkan pelayanan terbaik bagi nasabahnya.
Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Maybank Indonesia yang memiliki jaringan di tingkat regional hingga internasional senantiasa menghadirkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital, guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah.
Sepanjang tahun 2021, Maybank Indonesia terus mengembangkan layanan digital banking yang meliputi integrasi data serta konektivitas jaringan antara kantor pusat dan kantor cabang guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Menginjak usia 62 tahun, Maybank Indonesia memperkuat posisinya sebagai BANK FOR ALL, sekarang dan di masa mendatang melalui empat keunggulan kompetitifnya, diantaranya meliputi:
Hingga tahun 2025, Maybank Indonesia fokus dalam memperbarui sistem perbankannya yang sudah obsolete, baik dalam hal software maupun hardware secara bertahap. Strategi ini ditempuh untuk modernisasi infrastruktur, sehingga proses bisnis kedepannya bisa menjadi lebih lean, agile, dan dapat membawa kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Hal tersebut dibuktikan salah satunya dengan adopsi solusi digital untuk layanan perbankan melalui platform digital banking M2U, sebagai wujud misi perusahaan yakni Humanising Financial Services untuk menyediakan kecepatan, kenyamanan, dan kemudahan bagi nasabah dengan tetap mengutamakan customer experience dalam mengakses layanan perbankan secara online.
Dengan adanya berbagai respons positif dari nasabah, Maybank Indonesia semakin giat dalam meningkatkan layanan digital perbankan dengan berbagai penyempurnaan, pengembangan fitur dan program promosi untuk memperluas ekosistem digital. Sepanjang tahun 2021, Maybank Indonesia telah melakukan berbagai pengembangan inovasi layanan perbankan digital berupa peluncuran sejumlah fitur baru pada platform M2U, diantaranya:
Fitur e-KYC dan biometric pada M2U ID App untuk proses pembukaan rekening secara online, tanpa diperlukan video call, ataupun kunjungan ke kantor cabang untuk proses verifikasi
Fitur tarik tunai tanpa kartu menggunakan QR Code di seluruh ATM Maybank di Indonesia yang menyediakan fitur tersebut
Fitur top-up kartu e-money dengan teknologi Near Field Communication (NFC)
Fitur Digital Customer Service untuk memudahkan nasabah melakukan pengkinian data secara online
Penambahan fitur Secure2u juga dilakukan untuk mendukung transaksi yang lebih cepat, nyaman dan aman, mengurangi ketergantungan terhadap One-time Password (OTP) yang dikirim melalui SMS, beserta kampanye dan enhancement terhadap layanan digital untuk nasabah korporasi (Maybank2Enterprise/M2E).
Dengan komitmen mengutamakan keamanan nasabah dan kenyamanan dalam bertransaksi, Maybank Indonesia mengembangkan fitur-fitur terbaru melalui platform M2U ID yang telah terintegrasi dengan lebih dari 14 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia.
Selain itu, Maybank Indonesia juga berupaya menghadirkan kemudahan dalam satu genggaman untuk bertransaksi secara online melalui marketplace dan e-wallet. Guna meningkatkan kualitas konektivitas jaringan yang lincah, fleksibel, terukur, konsisten dan aman dalam operasionalnya, Maybank Indonesia melakukan pemanfaatan teknologi terkini dan mumpuni untuk mendukung modernisasi platform. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan teknologi SD-WAN (Software-Defined Wide Area Network).
Meski tergolong sebagai teknologi baru, SD-WAN kini telah banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai sektor industri, terutama di market Enterprise. Teknologi ini memiliki berbagai keunggulan yang dapat mendorong performansi perusahaan menjadi lebih baik, diantaranya:
Head Technology Production Maybank Indonesia, Tony Muis mengatakan bahwa Maybank Indonesia termasuk bank pertama di Indonesia yang menerapkan SD-WAN untuk semua kantor cabang di seluruh Indonesia. “Penerapan tersebut telah mampu menekan biaya operasional, terutama untuk proses transaksi perbankan di kantor cabang yang menjadi kian teratur, efektif, dan efisien. Proses digital transformation di seluruh kantor cabang kami pun bisa berjalan sesuai ekspektasi. Lalu lintas transaksi perbankan menjadi lebih aman, meningkatkan kinerja perusahaan, dan lebih fleksibel dalam pengontrolan, oleh karena adanya scalability untuk jumlah traffic yang meningkat, serta yang terpenting adalah cost efficiency. Hal ini juga sejalan dengan rencana strategis Maybank Indonesia menuju Open Banking.”
Melalui adopsi teknologi SD-WAN, Maybank Indonesia bisa memiliki single pain of glass (branch network infrastructure) dan centralized management terhadap connectivity kantor cabang Maybank di seluruh Indonesia. Selain itu, akan terwujud sistem keamanan yang lebih baik dalam melakukan managed network transparency encrypted dan melakukan segmentasi untuk improvement security pada data transaksional di dunia perbankan. Lebih lanjut, juga terdapat improvement secara performance dari segi Service Level Agreement (SLA), sehingga mampu meningkatkan layanan kepada seluruh nasabah di seluruh cabang Maybank Indonesia serta efektivitas dari segi biaya.
Hanya dalam waktu empat bulan yang cukup singkat, Maybank Indonesia berhasil mengimplementasikan SD-WAN di 342 kantor cabang di seluruh Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, Maybank Indonesia mampu menyederhanakan jaringan cabang dengan zero-touch deployment, simple configuration, sekaligus melakukan centralized orchestration dan monitoring connectivity di seluruh cabang.
Selain itu, Maybank Indonesia juga mampu meningkatkan service level dengan menggunakan route-based applications dan traffic management. Ketika ada traffic yang cukup kritikal, terutama pada transaksional perbankan, Maybank Indonesia dapat dengan mudah melakukan prioritisasi secara agile. Guna mewujudkan akselerasi transformasi digital seluruh kantor cabang, Maybank Indonesia menggandeng Telkom Indonesia (Telkom) untuk penyediaan infrastruktur jaringannya.
Selain itu, sejumlah solusi digital Telkom lainnya juga turut mendukung proses bisnis di Maybank Indonesia termasuk Data Center, Closed User Group (CUG), Business Process Outsourcing (BPO), serta lain sebagainya.
“Telkom memiliki coverage network yang sangat luas di seluruh Indonesia bahkan sampai ke pelosok. Kami juga mengerti bahwa solusi ICT yang diberikan Telkom sangat lah lengkap melalui anak perusahaannya. Dengan akses Telkom yang tersebar di seluruh Indonesia, implementasi ICT dapat berjalan dengan baik dan cepat," ujar Tony.
Selama puluhan tahun Maybank Indonesia telah bekerja sama dengan Telkom. Dengan kompetensi yang dimiliki, inilah yang menjadi alasan Maybank Indonesia mempercayai Telkom sebagai mitra strategisnya.
Jelajahi solusi dari MyTEnS
MyTEnS dapat membantu meningkatkan performa bisnis Anda dengan solusi terintegrasi dan didukung oleh dari pakar terpercaya kami.MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA