MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

Retail & Distribution

Kompetisi di industri retail terus meningkat dengan kemunculannya banyak produk baru dan strategi pemasarannya. Minat konsumen yang mudah merubah membuat tingkat loyalitas mereka akan suatu produk menurun. Telkom Indonesia menghadirkan solusi program loyalitas yang membantu perusahaan pada industri retail untuk mempertahankan konsumen mereka untuk tetap menggunakan barang/jasa dalam jangka panjang.
Broadcast-Services.png
ASTInet---Fleksibel.png

Meningkatkan Retensi Pelanggan

Mempertahankan minat pelanggan akan suatu produk dengan pemberian reward tertentu
ASTInet---Fleksibel.png

Mensegmentasi Konsumen dengan Tepat

Membantu perusahaan untuk membedakan segmen-segmen konsumen untuk strategi jangka panjang
ASTInet---Fleksibel.png

Meningkatkan Penjualan ke Target yang Tepat

Membantu tercapainya target bisnis karena strategi promosi yang tepat
ASTInet---Fleksibel.png

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Membuat pelanggan untuk lebih sering mengeksplorasi produk melalui pemberian reward

Mereka Sudah Terbantu dengan Retail & Distribution

https://s3.ap-southeast-3.amazonaws.com/ewz-mytens-pub-prod/mytens-customer/assets/medias/Bosnet-Logo.jpeg
Dima Group Telah Menggandakan Penjualan dengan BOSNET
Sederhanakan distribusi produk Dima Group Sejak tahun 2010, Dima Group telah mempercayai BOSNET untuk menghadirkan sistem distribusi dan teknologi informasi (TI) untuk mendukung proses distribusi produk mereka. Sebelum mempercayakan proses distribusi dan sistem IT-nya kepada BOSNET, Dima Group merasa kesulitan dengan sistem yang dimiliki sebelumnya. Mereka mengaku kesulitan menjual produknya ke pasar modern. Selain itu, rute penjualan juga dilakukan secara manual. Belum lagi, kesalahan sering terjadi ketika menentukan harga jual produk dan membuat proses penjualan tidak efektif. Kehadiran BOSNET dengan berbagai fiturnya seperti back office dan aplikasi mobile yang telah terintegrasi dengan sistem backend Enterprise Resource Planning (ERP), dapat membantu Dima Group untuk memproses informasi dari tingkat transaksi hingga strategis. Akibatnya, penjualan ritel produk Dima Group menjadi dua kali lipat!"Penggunaan BOSNET untuk sistem distribusi sangat fleksibel, karena banyak perusahaan asing yang tidak mencakup distribusi Dima, misalnya sistem tawar-menawar atau kemampuan mengubah harga yang tidak dapat diubah," ujar Setio Benny Irawan, manager Dima Group IT Company."Dengan BOSNET, proses pendistribusian barang dan perencanaan rute bagi salesman sangat mudah. Penggunaan BOSNET juga memberikan dampak yang signifikan dan menggandakan bisnis ritel Dima. Ini bisa terjadi karena terekam dan tersistem dengan rapi," sambung Benny. BOSNET by Telkom Indonesia akan terus mengembangkan teknologi baru yang inovatif dan terintegrasi sehingga dapat membantu kelancaran proses distribusi di seluruh Indonesia. 
02 Oct 2023
https://s3.ap-southeast-3.amazonaws.com/ewz-mytens-pub-prod/mytens-customer/assets/medias/untitled-design-(21).png
Telkom Hadirkan Smart Village Nusantara untuk Wujudkan Smart Village
Tidak hanya di kota-kota besar, pembangunan nasional kini harus dilakukan dalam penyebaran di seluruh Indonesia, termasuk di desa-desa terpencil yang mungkin masih tertinggal dari sisi informasi dan teknologi. Untuk mencegah ketertinggalan di perdesaan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 menjadikan Desa Pintar atau Desa Pintar sebagai salah satu Program Prioritas Nasional yang perlu diwujudkan. Oleh karena itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkontribusi dalam mewujudkan Smart Village di berbagai desa terpencil di Tanah Air. Langkah Nyata Telkom Wujudkan Smart VillageDalam rangka menciptakan desa yang mandiri dan produktif, Telkom menciptakan Smart Village Nusantara (SVN) dengan menghubungkan setiap entitas di desa dengan ekosistem digital untuk meningkatkan pelayanan pemerintah desa, perekonomian, dan kesejahteraan warganya. SVN memiliki empat pilar yang akan dijadikan acuan untuk melahirkan Smart Village, antara lain smart infrastructure, smart governance, smart economy, dan smart society. Keempat pilar ini nantinya akan diskalakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa. Berdasarkan empat pilar di atas, berikut langkah-langkah SVN untuk mewujudkan Desa Cerdas dan Mandiri:1. Konektivitas Internet dan Infrastruktur Penunjang TIKSVN menyediakan akses internet dan infrastruktur penunjang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai syarat dasar pengembangan desa digital. Kehadiran akses internet merupakan salah satu aspek penting untuk mengubah sebuah desa menjadi desa digital dan menuju Smart Village. 2. Pemanfaatan TIK dalam Tata Kelola Pemerintahan DesaKehadiran TIK dalam lingkup Tata Kelola Desa dapat meningkatkan dan mengoptimalkan administrasi publik, pelayanan publik, dan pembangunan desa. Pemanfaatan TIK dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa perlu melalui beberapa tahap, antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi pembangunan. 3. Mengembangkan Literasi Digital DesaPemanfaatan TIK dalam lingkup desa dapat mendorong minat masyarakat terhadap literasi digital. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya penggunaan aplikasi messenger untuk berkomunikasi, serta digitalisasi dalam aspek tata kelola sosial dan komersial desa. 4. Pemanfaatan TIK dalam Berbagai Aspek Kehidupan DesaPemanfaatan TIK akan dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat desa. Dengan demikian, daya saing desa, proses pembangunan desa, dan pengembangan potensi unggul desa dapat ditingkatkan. Pada tahap ini, data desa dapat diintegrasikan untuk big data analytics sehingga akan muncul insight atau informasi yang berguna untuk mengembangkan desa. Direktur Enterprise &Business Telkom Edi Witjara menyatakan, SVN merupakan bentuk dukungan Telkom kepada pemerintah Indonesia dalam rangka menggali potensi yang ada di desa-desa. "Melalui Smart Village Nusantara, Telkom hadir untuk mendukung pengembangan ekosistem desa digital untuk ekonomi desa yang berkelanjutan. Diharapkan ke depannya masyarakat di desa akan memiliki adopsi digital yang lebih baik dan terbiasa menggunakan teknologi digital untuk mendukung berbagai aktivitasnya," ujar Edi. Hal senada juga diungkapkan oleh Budi Arie Setiadi selaku Deputi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Menurutnya, desa tersebut merupakan masa depan bangsa Indonesia yang potensinya perlu dieksplorasi. "Desa adalah masa depan Indonesia. Tiga sektor utama Indonesia tidak terkalahkan dari negara lain, yaitu pertanian, perikanan, dan pariwisata. Tentunya desa-desa yang memiliki tiga keunggulan tersebut harus dimaksimalkan, dibangun dan dibesarkan bersama," ujarnya.Produk Layanan Smart Village Nusantara untuk Masyarakat DesaProduk-produk yang dihadirkan oleh SVN juga dapat dinikmati langsung oleh warga desa. Produk-produk tersebut meliputi:1. Tata Kelola Pemerintahan yang CerdasSmart Government adalah akses ke semua layanan untuk proses administrasi dan layanan publik yang lebih efisien. Dalam Smart Government, ada beberapa fitur yang dapat membuat hidup lebih mudah di desa, seperti:eMoneyLayanan yang memfasilitasi monitoring dan evaluasi untuk melaporkan perkembangan kegiatan suatu instansi di Smart Village Nusantara.SimpleDesaAplikasi pusat data warga yang dirancang untuk database terpadu penduduk desa.Portal DesaPortal tersebut berisi informasi dari desa-desa yang menerapkan layanan solusi Smart Village Nusantara. Dasbor DesaLayanan yang menampilkan grafik dan data dari profil desa yang menerapkan Smart Village Nusantara. UCMLayanan yang dapat menghubungkan dan mengintegrasikan berbagai layanan Smart Village Nusantara yang digunakan. 2. Ekonomi CerdasSmart Economy merupakan layanan dari SVN untuk memudahkan desa memasarkan produk unggulannya. Smart Economy menawarkan sejumlah fitur, termasuk:CantikLayanan digitalisasi untuk proses kartis dan ticketing di setiap kawasan wisata di desa pintar Nusantara.Grosir DesaLayanan yang memberikan solusi dalam membantu masyarakat pedesaan memasarkan produk, mengurangi rantai distribusi untuk menjaga ketersediaan barang, dan memberikan harga yang kompetitif pada produk unggulan desa. Pasar DesaLayanan yang membantu mengelola bisnis, mengembangkan investasi dalam memberikan layanan, dan jenis usaha lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. iKasSebuah layanan yang dapat membantu pengusaha mikro dalam mengelola bisnisnya dengan mudah dan cepat dari sebuah smartphone. 3. Masyarakat CerdasSmart Society dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan sosial dalam rangka meningkatkan kualitas warga desa. Produk layanan SVN ini meliputi:Bioskop DesaBantu mendistribusikan film, video, dan media hiburan lainnya kepada publik untuk dinikmati. Lingkungan CerdasMenyediakan sistem interaktif bagi pemerintah daerah untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi masyarakat pedesaan.CCTV & SpeakerLayanan yang membantu masyarakat pedesaan memantau kondisi keamanan di lokasi penting, seperti pasar, masjid, stasiun, taman, dan tempat wisata. Ketinggian Air CerdasMembantu meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam dengan memitigasi bencana. Tombol panikLayanan berbasis aplikasi smartphone yang dirancang sebagai alarm dan berfungsi untuk memberikan pesan darurat ketika terjadi situasi berbahaya. ELAMOSELAMOS (Earthquake Alert and Monitoring System) dapat memberikan pengumuman tentang gempa bumi yang dapat didengar oleh masyarakat, meskipun berada di dalam ruangan.  eLibraryLayanan yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses koleksi buku dan bacaan lainnya. ePosyanduPelayanan yang dapat membantu posyandu dalam melakukan digitalisasi data yang terintegrasi dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan di tingkat Kota/Kabupaten. 4. InfrastrukturSVN juga dapat membantu mengelola fasilitas penunjang desa agar tetap terjaga dan sesuai. Produk layanan SVN ini meliputi:Tiang PintarFasilitas tiang pintar yang berfungsi untuk menerangi jalan, menyediakan WiFi, CCTV, mendeteksi genangan banjir, sensor kualitas udara, dan tombol darurat. Pusat KomandoAkses layanan manajemen jaringan dengan kontrol yang terintegrasi secara digital.Menara Segitiga Kutub GuyedMenara komunikasi bersertifikat menghasilkan kualitas. VSAT IPVSAT IP merupakan layanan internet berbasis satelit yang dapat memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat pedesaan. Layanan internet ini memiliki kecepatan mulai dari 2,4 Kbps hingga 2 Mbps.Zona TSATTSAT Zone mampu menyediakan layanan WiFi di area yang luas dengan koneksi internet yang cepat. Berbagai produk layanan di atas merupakan bukti keseriusan Telkom dalam mewujudkan Smart Village yang telah dinyatakan sebagai prioritas dalam RPJMN 2020-2024."Melalui Smart Village Nusantara Telkom, seluruh sistem berbasis digital dikembangkan dan diimplementasikan untuk digitalisasi desa, guna mendukung prioritas pembangunan nasional di era revolusi industri 4.0 sekaligus untuk mendorong keberlangsungan pembangunan nasional, membangun Indonesia agar lebih maju menuju Smart Nation," pungkas Edi.
02 Oct 2023
https://s3.ap-southeast-3.amazonaws.com/ewz-mytens-pub-prod/mytens-customer/assets/medias/digitalisasi-perbankan.jpg
Digitalisasi Perkuat Transformasi Perbankan
Perkembangan teknologi digital menjadi salah satu faktor pendorong perkembangan digitalisasi di setiap sektor industri di Indonesia, salah satunya adalah industri keuangan. Hal ini juga yang turut membuka peluang bagi sektor perbankan Tanah Air untuk mempercepat strategi transformasi digital melalui pengembangan solusi transaksi perbankan digital guna menghadirkan pelayanan terbaik bagi nasabahnya.Digitalisasi perbankan dan keunggulan Maybank IndonesiaSebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Maybank Indonesia yang memiliki jaringan di tingkat regional hingga internasional senantiasa menghadirkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital, guna memberikan  pelayanan yang terbaik bagi nasabah.Sepanjang tahun 2021, Maybank Indonesia terus mengembangkan layanan digital banking yang meliputi integrasi data serta konektivitas jaringan antara kantor pusat dan kantor cabang guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Menginjak usia 62 tahun, Maybank Indonesia memperkuat posisinya sebagai BANK FOR ALL, sekarang dan di masa mendatang melalui empat keunggulan kompetitifnya, diantaranya meliputi:Layanan Berkualitas TinggiMaybank Indonesia terus berupaya menjadi relevan melalui perbaikan yang berkelanjutan dalam layanan nasabah.Inovasi ProdukInovasi ini berupa pengembangan digital perbankan secara terus-menerus agar selalu menjadi solusi produk yang relevan terhadap kebutuhan perbankan nasabah.Proses SederhanaMenjadi Bank yang senantiasa menjalankan efisiensi serta penyederhanaan proses operasional melalui kemudahan transaksi dan proses digitalisasi.Konektivitas Secara RegionalMaybank Indonesia memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah provinsi Indonesia, dan jaringan regional Maybank Group di kawasan ASEAN, dengan home market di Malaysia, Singapura, serta Indonesia.Maybank Indonesia Fokus Benahi Infrastruktur PerbankanHingga tahun 2025, Maybank Indonesia fokus dalam memperbarui sistem perbankannya yang sudah obsolete, baik dalam hal software maupun hardware secara bertahap. Strategi ini ditempuh untuk modernisasi infrastruktur, sehingga proses bisnis kedepannya bisa menjadi lebih lean, agile, dan dapat membawa kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Hal tersebut dibuktikan salah satunya dengan adopsi solusi digital untuk layanan perbankan melalui platform digital banking M2U, sebagai wujud misi perusahaan yakni Humanising Financial Services untuk menyediakan kecepatan, kenyamanan, dan kemudahan bagi nasabah dengan tetap mengutamakan customer experience dalam mengakses layanan perbankan secara online.Dengan adanya berbagai respons positif dari nasabah, Maybank Indonesia semakin giat dalam meningkatkan layanan digital perbankan dengan berbagai penyempurnaan, pengembangan fitur dan program promosi untuk memperluas ekosistem digital. Sepanjang tahun 2021, Maybank Indonesia telah melakukan berbagai pengembangan inovasi layanan perbankan digital berupa peluncuran sejumlah fitur baru pada platform M2U, diantaranya:Fitur e-KYC dan biometric pada M2U ID App untuk proses pembukaan rekening secara online, tanpa diperlukan video call, ataupun kunjungan ke kantor cabang untuk proses verifikasiFitur tarik tunai tanpa kartu menggunakan QR Code di seluruh ATM Maybank di Indonesia yang menyediakan fitur tersebutFitur top-up kartu e-money dengan teknologi Near Field Communication (NFC)Fitur Digital Customer Service untuk memudahkan nasabah melakukan pengkinian data secara onlinePenambahan fitur Secure2u juga dilakukan untuk mendukung transaksi yang lebih cepat, nyaman dan aman, mengurangi ketergantungan terhadap One-time Password (OTP) yang dikirim melalui SMS, beserta kampanye dan enhancement terhadap layanan digital untuk nasabah korporasi (Maybank2Enterprise/M2E).Maybank Indonesia Utamakan Keamanan NasabahDengan komitmen mengutamakan keamanan nasabah dan kenyamanan dalam bertransaksi, Maybank Indonesia mengembangkan fitur-fitur terbaru melalui platform M2U ID yang telah terintegrasi dengan lebih dari 14 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia.Selain itu, Maybank Indonesia juga berupaya menghadirkan kemudahan dalam satu genggaman untuk bertransaksi secara online melalui marketplace dan e-wallet. Guna meningkatkan kualitas konektivitas jaringan yang lincah, fleksibel, terukur, konsisten dan aman dalam operasionalnya, Maybank Indonesia melakukan pemanfaatan teknologi terkini dan mumpuni untuk mendukung modernisasi platform. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan teknologi SD-WAN (Software-Defined Wide Area Network).Mengatasi Masalah Obsolences Perangkat di Kantor CabangDengan lebih dari 300 cabang yang tersebar di Indonesia, Maybank Indonesia ingin melakukan modernisasi jaringan dan konektivitas di seluruh cabangnya.Mengelola Multiple InfrastructureDengan variasi bandwidth dan tingginya kebutuhan bandwidth business services di cabang Maybank Indonesia, peningkatan kecepatan jaringan yang adaptif dengan perkembangan service aplikasi di Kantor Cabang Maybank Indonesia pun sangat diperlukan.Efisiensi BiayaDengan jumlah hampir 340 Kantor Cabang yang dimiliki, proses pengaturan perangkat menjadi tantangan yang perlu dihadapi guna meningkatkan cost efficiency pada bandwidth dan maintainability operations.Keamanan JaringanDalam hal security, kehadiran SD-WAN penting dalam mempermudah pengaturan akses konektivitas jaringan perusahaan.Keunggulan Teknologi SD-WANMeski tergolong sebagai teknologi baru, SD-WAN kini telah banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai sektor industri, terutama di market Enterprise. Teknologi ini memiliki berbagai keunggulan yang dapat mendorong performansi perusahaan menjadi lebih baik, diantaranya:Penyelesaian masalah yang lebih cepatPengawasan IT secara menyeluruhPenyederhanaan proses di jaringan kantor cabangOptimasi performa aplikasiEfisiensi biayaserta, Branch agilityHead Technology Production Maybank Indonesia, Tony Muis mengatakan bahwa Maybank Indonesia termasuk bank pertama di Indonesia yang menerapkan SD-WAN untuk semua kantor cabang di seluruh Indonesia. “Penerapan tersebut telah mampu menekan biaya operasional, terutama untuk proses transaksi perbankan di kantor cabang yang menjadi kian teratur, efektif, dan efisien. Proses digital transformation di seluruh kantor cabang kami pun bisa berjalan sesuai ekspektasi. Lalu lintas transaksi perbankan menjadi lebih aman, meningkatkan kinerja perusahaan, dan lebih fleksibel dalam pengontrolan, oleh karena adanya scalability untuk jumlah traffic yang meningkat, serta yang terpenting adalah cost efficiency. Hal ini juga sejalan dengan rencana strategis Maybank Indonesia menuju Open Banking.”Melalui adopsi teknologi SD-WAN, Maybank Indonesia bisa memiliki single pain of glass (branch network infrastructure) dan centralized management terhadap connectivity kantor cabang Maybank di seluruh Indonesia. Selain itu, akan terwujud sistem keamanan yang lebih baik dalam melakukan managed network transparency encrypted dan melakukan segmentasi untuk improvement security pada data transaksional di dunia perbankan. Lebih lanjut, juga terdapat improvement secara performance dari segi Service Level Agreement (SLA), sehingga mampu meningkatkan layanan kepada seluruh nasabah di seluruh cabang Maybank Indonesia serta efektivitas dari segi biaya.Pemanfaatan SD-WAN Telkom di Maybank IndonesiaHanya dalam waktu empat bulan yang cukup singkat, Maybank Indonesia berhasil mengimplementasikan SD-WAN di 342 kantor cabang di seluruh Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, Maybank Indonesia mampu menyederhanakan jaringan cabang dengan zero-touch deployment, simple configuration, sekaligus melakukan centralized orchestration dan monitoring connectivity di seluruh cabang.Selain itu, Maybank Indonesia juga mampu meningkatkan service level dengan menggunakan route-based applications dan traffic management. Ketika ada traffic yang cukup kritikal, terutama pada transaksional perbankan, Maybank Indonesia dapat dengan mudah melakukan prioritisasi secara agile. Guna mewujudkan akselerasi transformasi digital seluruh kantor cabang, Maybank Indonesia menggandeng Telkom Indonesia (Telkom) untuk penyediaan infrastruktur jaringannya.Selain itu, sejumlah solusi digital Telkom lainnya juga turut mendukung proses bisnis di Maybank Indonesia termasuk Data Center, Closed User Group (CUG), Business Process Outsourcing (BPO), serta lain sebagainya. “Telkom memiliki coverage network yang sangat luas di seluruh Indonesia bahkan sampai ke pelosok. Kami juga mengerti bahwa solusi ICT yang diberikan Telkom sangat lah lengkap melalui anak perusahaannya. Dengan akses Telkom yang tersebar di seluruh Indonesia, implementasi ICT dapat berjalan dengan baik dan cepat," ujar Tony.Selama puluhan tahun Maybank Indonesia telah bekerja sama dengan Telkom. Dengan kompetensi yang dimiliki, inilah yang menjadi alasan Maybank Indonesia mempercayai Telkom sebagai mitra strategisnya.
02 Oct 2023
square.png

Tantangan yang Dihadapi:

1
Ancaman produk-produk baru
Kemunculan produk dan promosi yang sangat cepat di pasaran membuat konsumen mudah berpindah produk.
2
Kurangnya analisa data konsumen yang tepat
Minimnya pemahaman akan konsumen mempersulit pembuatan strategi promosi yang tepat sasaran
3
Terbatasnya akses monitoring akan program loyalitas
Dibutuhkan satu platform digital yang mampu memperlihatkan efektivitas program yang sedang dijalankan
Broadband-Satellite-Benefit.png

Solusi Telkom Indonesia untuk Mendukung Industri Retail & Distribusi?

Keberhasillan suatu bisnis tidak hanya dilihat dalam kemampuan mengakuisisi pelanggan baru, namun juga cara mempertahankannya. Pelanggan loyal merupakan kunci agar bisnis tetap berjalan, khususnya di industri retail.  

Telkom Indonesia menghadirkan solusi program loyalitas dimana para perusahaan dapat memantau efektivitas promosi. Solusi program loyalitas terdiri dari berbagai gamification yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Mulai dari sistem poin, tier, leaderboard, manajemen voucher dan fitur lainnya akan memudahkan perusahaan merancang program-program loyalitas mereka. Diharapkan, program loyalitas yang tepat mampu mensegmentasi konsumen dan mempertahankan pelanggan lama. 

Kembangkan Bisnis dengan Retail & Distribution

MyTEnS siap membantu mengembangkan bisnis Anda dengan solusi terintegrasi, dan didukung ahli yang terpercaya di bidang Retail & Distribution

MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2023 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.