MyTEnS logo
Tentang Kami
Insight
Pusat Bantuan
Pencarian

Commercial & Tourism

Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) makin digemari di industri komersial dan pariwisata. Kemampuan AR dan VR dalam mengubah persepsi konsumen akan sebuah produk/jasa menjadikan dua solusi terus berkembang mengikuti tren. Selain membantu pemasaran menjadi lebih interaktif dan memaksimalkan potensi penjualan, teknologi ini pun sudah diaplikasikan menjadi salah satu media pelatihan karyawan yang efektif dan efisien.
FTTX-Construction-&-Managed-Service.png
ASTInet---Layanan-Berkualitas.png

Memaksimalkan pemahaman konsumen akan barang/jasa

Memberikan pengalaman berbeda bagi konsumen dalam memahami sebuah produk
Big-Data-Platform---Identifikasi-Trend.png

Fleksibel untuk berbagai kebutuhan

Teknologi VR dan AR bisa diaplikasikan bagi program internal perusahaan dan pemasaran produk
ASTInet---Layanan-Berkualitas.png

Menghemat biaya & waktu

AR dan VR bisa mengubah aktivitas promosional/pelatihan tatap muka menjadi online.
ASTInet---Tarif-(1).png

Memberikan inovasi pada sebuah perusahaan

Digitalisasi pada sistem promosi bisa menjadi nilai tambah pada suatu barang/jasa

Mereka Sudah Terbantu dengan Commercial & Tourism

https://s3.ap-southeast-3.amazonaws.com/ewz-mytens-pub-prod/mytens-customer/assets/medias/Bosnet-Logo.jpeg
Dima Group Telah Menggandakan Penjualan dengan BOSNET
Sederhanakan distribusi produk Dima Group Sejak tahun 2010, Dima Group telah mempercayai BOSNET untuk menghadirkan sistem distribusi dan teknologi informasi (TI) untuk mendukung proses distribusi produk mereka. Sebelum mempercayakan proses distribusi dan sistem IT-nya kepada BOSNET, Dima Group merasa kesulitan dengan sistem yang dimiliki sebelumnya. Mereka mengaku kesulitan menjual produknya ke pasar modern. Selain itu, rute penjualan juga dilakukan secara manual. Belum lagi, kesalahan sering terjadi ketika menentukan harga jual produk dan membuat proses penjualan tidak efektif. Kehadiran BOSNET dengan berbagai fiturnya seperti back office dan aplikasi mobile yang telah terintegrasi dengan sistem backend Enterprise Resource Planning (ERP), dapat membantu Dima Group untuk memproses informasi dari tingkat transaksi hingga strategis. Akibatnya, penjualan ritel produk Dima Group menjadi dua kali lipat!"Penggunaan BOSNET untuk sistem distribusi sangat fleksibel, karena banyak perusahaan asing yang tidak mencakup distribusi Dima, misalnya sistem tawar-menawar atau kemampuan mengubah harga yang tidak dapat diubah," ujar Setio Benny Irawan, manager Dima Group IT Company."Dengan BOSNET, proses pendistribusian barang dan perencanaan rute bagi salesman sangat mudah. Penggunaan BOSNET juga memberikan dampak yang signifikan dan menggandakan bisnis ritel Dima. Ini bisa terjadi karena terekam dan tersistem dengan rapi," sambung Benny. BOSNET by Telkom Indonesia akan terus mengembangkan teknologi baru yang inovatif dan terintegrasi sehingga dapat membantu kelancaran proses distribusi di seluruh Indonesia. 
25 May 2024
https://s3.ap-southeast-3.amazonaws.com/ewz-mytens-pub-prod/mytens-customer/assets/medias/digitalisasi-perbankan.jpg
Digitalisasi Perkuat Transformasi Perbankan
Perkembangan teknologi digital menjadi salah satu faktor pendorong perkembangan digitalisasi di setiap sektor industri di Indonesia, salah satunya adalah industri keuangan. Hal ini juga yang turut membuka peluang bagi sektor perbankan Tanah Air untuk mempercepat strategi transformasi digital melalui pengembangan solusi transaksi perbankan digital guna menghadirkan pelayanan terbaik bagi nasabahnya.Digitalisasi perbankan dan keunggulan Maybank IndonesiaSebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Maybank Indonesia yang memiliki jaringan di tingkat regional hingga internasional senantiasa menghadirkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital, guna memberikan  pelayanan yang terbaik bagi nasabah.Sepanjang tahun 2021, Maybank Indonesia terus mengembangkan layanan digital banking yang meliputi integrasi data serta konektivitas jaringan antara kantor pusat dan kantor cabang guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Menginjak usia 62 tahun, Maybank Indonesia memperkuat posisinya sebagai BANK FOR ALL, sekarang dan di masa mendatang melalui empat keunggulan kompetitifnya, diantaranya meliputi:Layanan Berkualitas TinggiMaybank Indonesia terus berupaya menjadi relevan melalui perbaikan yang berkelanjutan dalam layanan nasabah.Inovasi ProdukInovasi ini berupa pengembangan digital perbankan secara terus-menerus agar selalu menjadi solusi produk yang relevan terhadap kebutuhan perbankan nasabah.Proses SederhanaMenjadi Bank yang senantiasa menjalankan efisiensi serta penyederhanaan proses operasional melalui kemudahan transaksi dan proses digitalisasi.Konektivitas Secara RegionalMaybank Indonesia memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah provinsi Indonesia, dan jaringan regional Maybank Group di kawasan ASEAN, dengan home market di Malaysia, Singapura, serta Indonesia.Maybank Indonesia Fokus Benahi Infrastruktur PerbankanHingga tahun 2025, Maybank Indonesia fokus dalam memperbarui sistem perbankannya yang sudah obsolete, baik dalam hal software maupun hardware secara bertahap. Strategi ini ditempuh untuk modernisasi infrastruktur, sehingga proses bisnis kedepannya bisa menjadi lebih lean, agile, dan dapat membawa kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Hal tersebut dibuktikan salah satunya dengan adopsi solusi digital untuk layanan perbankan melalui platform digital banking M2U, sebagai wujud misi perusahaan yakni Humanising Financial Services untuk menyediakan kecepatan, kenyamanan, dan kemudahan bagi nasabah dengan tetap mengutamakan customer experience dalam mengakses layanan perbankan secara online.Dengan adanya berbagai respons positif dari nasabah, Maybank Indonesia semakin giat dalam meningkatkan layanan digital perbankan dengan berbagai penyempurnaan, pengembangan fitur dan program promosi untuk memperluas ekosistem digital. Sepanjang tahun 2021, Maybank Indonesia telah melakukan berbagai pengembangan inovasi layanan perbankan digital berupa peluncuran sejumlah fitur baru pada platform M2U, diantaranya:Fitur e-KYC dan biometric pada M2U ID App untuk proses pembukaan rekening secara online, tanpa diperlukan video call, ataupun kunjungan ke kantor cabang untuk proses verifikasiFitur tarik tunai tanpa kartu menggunakan QR Code di seluruh ATM Maybank di Indonesia yang menyediakan fitur tersebutFitur top-up kartu e-money dengan teknologi Near Field Communication (NFC)Fitur Digital Customer Service untuk memudahkan nasabah melakukan pengkinian data secara onlinePenambahan fitur Secure2u juga dilakukan untuk mendukung transaksi yang lebih cepat, nyaman dan aman, mengurangi ketergantungan terhadap One-time Password (OTP) yang dikirim melalui SMS, beserta kampanye dan enhancement terhadap layanan digital untuk nasabah korporasi (Maybank2Enterprise/M2E).Maybank Indonesia Utamakan Keamanan NasabahDengan komitmen mengutamakan keamanan nasabah dan kenyamanan dalam bertransaksi, Maybank Indonesia mengembangkan fitur-fitur terbaru melalui platform M2U ID yang telah terintegrasi dengan lebih dari 14 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia.Selain itu, Maybank Indonesia juga berupaya menghadirkan kemudahan dalam satu genggaman untuk bertransaksi secara online melalui marketplace dan e-wallet. Guna meningkatkan kualitas konektivitas jaringan yang lincah, fleksibel, terukur, konsisten dan aman dalam operasionalnya, Maybank Indonesia melakukan pemanfaatan teknologi terkini dan mumpuni untuk mendukung modernisasi platform. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan teknologi SD-WAN (Software-Defined Wide Area Network).Mengatasi Masalah Obsolences Perangkat di Kantor CabangDengan lebih dari 300 cabang yang tersebar di Indonesia, Maybank Indonesia ingin melakukan modernisasi jaringan dan konektivitas di seluruh cabangnya.Mengelola Multiple InfrastructureDengan variasi bandwidth dan tingginya kebutuhan bandwidth business services di cabang Maybank Indonesia, peningkatan kecepatan jaringan yang adaptif dengan perkembangan service aplikasi di Kantor Cabang Maybank Indonesia pun sangat diperlukan.Efisiensi BiayaDengan jumlah hampir 340 Kantor Cabang yang dimiliki, proses pengaturan perangkat menjadi tantangan yang perlu dihadapi guna meningkatkan cost efficiency pada bandwidth dan maintainability operations.Keamanan JaringanDalam hal security, kehadiran SD-WAN penting dalam mempermudah pengaturan akses konektivitas jaringan perusahaan.Keunggulan Teknologi SD-WANMeski tergolong sebagai teknologi baru, SD-WAN kini telah banyak digunakan oleh perusahaan di berbagai sektor industri, terutama di market Enterprise. Teknologi ini memiliki berbagai keunggulan yang dapat mendorong performansi perusahaan menjadi lebih baik, diantaranya:Penyelesaian masalah yang lebih cepatPengawasan IT secara menyeluruhPenyederhanaan proses di jaringan kantor cabangOptimasi performa aplikasiEfisiensi biayaserta, Branch agilityHead Technology Production Maybank Indonesia, Tony Muis mengatakan bahwa Maybank Indonesia termasuk bank pertama di Indonesia yang menerapkan SD-WAN untuk semua kantor cabang di seluruh Indonesia. “Penerapan tersebut telah mampu menekan biaya operasional, terutama untuk proses transaksi perbankan di kantor cabang yang menjadi kian teratur, efektif, dan efisien. Proses digital transformation di seluruh kantor cabang kami pun bisa berjalan sesuai ekspektasi. Lalu lintas transaksi perbankan menjadi lebih aman, meningkatkan kinerja perusahaan, dan lebih fleksibel dalam pengontrolan, oleh karena adanya scalability untuk jumlah traffic yang meningkat, serta yang terpenting adalah cost efficiency. Hal ini juga sejalan dengan rencana strategis Maybank Indonesia menuju Open Banking.”Melalui adopsi teknologi SD-WAN, Maybank Indonesia bisa memiliki single pain of glass (branch network infrastructure) dan centralized management terhadap connectivity kantor cabang Maybank di seluruh Indonesia. Selain itu, akan terwujud sistem keamanan yang lebih baik dalam melakukan managed network transparency encrypted dan melakukan segmentasi untuk improvement security pada data transaksional di dunia perbankan. Lebih lanjut, juga terdapat improvement secara performance dari segi Service Level Agreement (SLA), sehingga mampu meningkatkan layanan kepada seluruh nasabah di seluruh cabang Maybank Indonesia serta efektivitas dari segi biaya.Pemanfaatan SD-WAN Telkom di Maybank IndonesiaHanya dalam waktu empat bulan yang cukup singkat, Maybank Indonesia berhasil mengimplementasikan SD-WAN di 342 kantor cabang di seluruh Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, Maybank Indonesia mampu menyederhanakan jaringan cabang dengan zero-touch deployment, simple configuration, sekaligus melakukan centralized orchestration dan monitoring connectivity di seluruh cabang.Selain itu, Maybank Indonesia juga mampu meningkatkan service level dengan menggunakan route-based applications dan traffic management. Ketika ada traffic yang cukup kritikal, terutama pada transaksional perbankan, Maybank Indonesia dapat dengan mudah melakukan prioritisasi secara agile. Guna mewujudkan akselerasi transformasi digital seluruh kantor cabang, Maybank Indonesia menggandeng Telkom Indonesia (Telkom) untuk penyediaan infrastruktur jaringannya.Selain itu, sejumlah solusi digital Telkom lainnya juga turut mendukung proses bisnis di Maybank Indonesia termasuk Data Center, Closed User Group (CUG), Business Process Outsourcing (BPO), serta lain sebagainya. “Telkom memiliki coverage network yang sangat luas di seluruh Indonesia bahkan sampai ke pelosok. Kami juga mengerti bahwa solusi ICT yang diberikan Telkom sangat lah lengkap melalui anak perusahaannya. Dengan akses Telkom yang tersebar di seluruh Indonesia, implementasi ICT dapat berjalan dengan baik dan cepat," ujar Tony.Selama puluhan tahun Maybank Indonesia telah bekerja sama dengan Telkom. Dengan kompetensi yang dimiliki, inilah yang menjadi alasan Maybank Indonesia mempercayai Telkom sebagai mitra strategisnya.
25 May 2024
2-2-2-min.png

Tantangan yang Dihadapi:

1
Memberikan Pengalaman End-to-End
Tuntutan dari pengguna semakin tinggi. Perusahaan harus berinovasi untuk terus memberikan pengalaman yang konsisten dalam seluruh tahapan pengguna.
2
Personalisasi dan Sosialisasi
Walau semua orang berlomba berbagai di media sosial, mendapatkan layanan yang dipersonalisasi tetap menjadi daya tarik. Perusahaan harus mengintegrasikan banyak data untuk memberikan ini kepada para pengguna.
3
Interface yang Aman
Merupakan tantangan bagi setiap industri, termasuk sektor komersial dan pariwisata, yang memasuki dunia digital untuk memberikan interface yang tidak hanya mudah digunakan tetapi juga menawarkan keamanan.
Managed-SD-Wan-6.png

Bagaimana Solusi Telkom Indonesia Mendukung Industri Komersial & Pariwisata

Kompetisi pemasaran produk komersial dan jasa pariwisata terus berevolusi mengikuti tren pada konsumen. Telkom Indonesia menghadirkan solusi teknologi untuk memberikan pengalaman berbeda untuk menarik konsumen baru. 

Teknologi VR (Virtual Reality) membantu calon konsumen melihat produk/jasa tanpa datang ke lokasi pembelian & menghemat waktu. VR juga mengubah pelatihan karyawan menjadi digital dengan sistem yang interaktif. VR membantu industri pariwisata untuk melakukan promosi dengan perjalanan virtual yang terasa nyata dibanding hanya melalui foto. 

Teknologi AR (Augmented Reality) mengubah iklan menjadi lebih interaktif kepada konsumen. AR membantu proses belanja online menjadi lebih menyenangkan 

Kembangkan Bisnis dengan Commercial & Tourism

MyTEnS siap membantu mengembangkan bisnis Anda dengan solusi terintegrasi, dan didukung ahli yang terpercaya di bidang Commercial & Tourism

MyTEnS Telkom Indonesia
Powered by Telkom Indonesia

MyTEnS merupakan Digital Touch Point bagi pelanggan untuk mengelola tagihan, dan memonitor proyek yang ditangani oleh PT Telekomunikasi Indonesia, memastikan optimalisasi proses operasional dan penjualan untuk segmen Enterprise, Medium Enterprise & Government.

PT Telkom Indonesia (Persero)

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 52 Jakarta 12710 - INDONESIA

Ikuti kami

Facebook Telkom Indonesia
Youtube Telkom Indonesia
Twitter Telkom Indonesia
Instagram Telkom Indonesia
Beta Ver. ©2024 PT Telkom Indonesia Tbk. All right reserved.